Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Seberapa Penting Kemasan untuk Produkmu?

by Lakuuu Team 2 August 2021

seberapa-penting-kemasan-produk
Dalam menjalankan suatu usaha dengan menghasilkan produk sebagai hasilnya maka kemasan adalah hal yang penting dan harus diperhatikan. Ya, banyak pengusaha kehilangan pelanggan di masa sekarang ini karena menganggap kemasan hanya berujung di tempat sampah. Padahal, kemasan produk malah harus diutamakan di samping kualitas produk itu sendiri.

Seberapa Penting Desain Kemasan Produk untuk Kesuksesan Usahamu?

Apa alasannya? Temukan jawabannya hanya di bawah ini:

1. Memberikan Kesan Menghargai dan Menghormati Pelanggan

Pertama, memiliki kemasan dengan desain khusus itu akan memberikan kesan yang menghargai atau menghormati pelanggan. Kita harus ingat bahwa pelanggan adalah raja yang harus dihormati dan dilayani dengan baik. 

Nah, kemasan dengan desain yang bagus akan mencerminkan bahwa kamu sebagai penjual sangat menghargai mereka yang mempercayakan produk yang dijual itu.

2. Sebagai Salah Satu Daya Tarik

Alasan yang kedua adalah sebagai salah satu bentuk daya tarik. Tak bisa dipungkiri, kebanyakan manusia akan melihat sesuatu dari luarnya terlebih dahulu. Dengan kemasan yang bagus dan memiliki desain yang baik maka akan membuat orang suka dari pandangan pertama.

Dengan kemasan yang cantik, barulah mereka mencari tahu tentang produk apa yang dijual dan segala tentangnya.

3. Sebagai Sarana Promosi

Selanjutnya adalah sebagai salah satu sarana untuk promosi produk kepada pelanggan yang pastinya lebih murah dibanding iklan. Dengan desain yang bagus akan menarik perhatian banyak orang dan mereka pun tak perlu berpikir panjang lagi untuk membelinya. 

Sobat Lakuuu juga bisa menambahkan berbagai informasi agar pelanggan makin mudah membeli seperti alamat website, alamat Instagram, alamat toko offline, dan lain sebagainya.

4. Memberikan Ciri Khas

Kemasan dengan desain khusus juga akan memberikan ciri khas atau pembeda dengan produk yang lain. Misalnya saja sepatu, di dunia ini yang jual sepatu ada jutaan bahkan milyaran orang.

Tapi, dengan kemasan yang beda akan membuat sepatu Sobat Lakuuu juga berbeda dengan produk sepatu perusahaan lain.

5. Dapat Menaikkan Nilai Jual Produk

Jangan salah, kemasan dengan desain yang diperhatikan dengan baik juga menaikkan nilai jual loh. Misalnya saja Sobat Lakuuu menjual produk berupa gorengan tahu. Harga tahu goreng dengan kemasan plastik dengan kemasan karton dengan desain cantik pastinya akan lebih mahal. Dan, pelanggan pun juga tak mempermasalahkannya.

6. Semakin Tinggi Penggunaan Sosial Media pada Masyarakat

Desain kemasan suatu produk juga harus diperhatikan dengan baik karena kini penggunaan media sosial sangat tinggi. Apa hubungannya? Jika Sobat Lakuuu sadar, media sosial menjadi sarana promosi paling murah.

Kini banyak masyarakat yang menceritakan kehidupannya salah satunya makanan yang sedang mereka makan. Nah, jika kemasannya bagus dan diunggah di media sosial maka para pengikutnya juga akan tertarik. Inilah kesempatan emas yang tak banyak disadari.

7. Meningkatkan Ulasan Positif Pelanggan

Masih berkaitan dengan kesan menghormati dan menghargai pelanggan. Dengan kemasan yang bagus maka pelanggan akan puas sehingga mendorong mereka untuk memberikan ulasan yang positif. Jangan anggap remeh ulasan positif apalagi jika kamu berjualan secara online.

Nah, itu dia pentingnya kemasan produk atau packaging untuk kesuksesan dari usaha yang sedang Sobat Lakuuu tempuh. Jadi, mulai sekarang jangan pernah lagi mengesampingkan kemasan walaupun nanti akhirnya mungkin saja dibuang di tempat sampah. Untuk membuat desain yang baik, Sobat Lakuuu bisa meminta bantuan kepada desainer profesional agar hasilnya memuaskan.