Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Seberapa Penting Menabung? Simak Berbagai Manfaatnya Sejak Dini!

by Lakuuu Team 25 July 2021

seberapa-penting-menabung
Seberapa penting menabung? Pasti sudah sangat mengerti jika istilah menabung mempunyai makna yang besar untuk masa depan. Menabung merupakan salah satu dari banyak aktivitas untuk mengelola keuangan. Hal tersebut dilakukan demi menyiapkan uang cadangan untuk kemudian hari. 

Dengan hal ini, menabung sangat penting perannya dalam menjaga kestabilan kondisi keuangan. Bahkan akan siap menghadapi risiko atau hal-hal yang tak diinginkan. Inilah mengapa, sangat penting mengetahui alasan apa yang sangat mendasari aktivitas menabung ini.

Seberapa Penting Menabung? Simak Poin-Poinnya!

Sobat Lakuuu pasti tahu arti penting menabung dalam alur sebuah kondisi keuangan. Terutama bagi yang baru bekerja atau sejak pertama kali mendapatkan penghasilan. Nyatanya, proses menabung ini tak selalu jadi kebiasaan mudah bagi masing-masing orang, bahkan meski mengetahui manfaat masa depannya. Apalagi, bagi yang belum mengerti bagaimana cara dan Seberapa penting menabung dengan benar.

Menabung bukan perkara jumlah atau nominal uang saja, melainkan kebiasaan yang dilakukan sejak dini. dengan begitu akan mempermudah aktivitas tersebut hingga menjadi manfaat di masa depan.

Nah, bagi Sobat Lakuuu yang belum paham pentingnya menabung sejak dini, berikut adalah beberapa poin sekaligus penjelasannya.

1. Mengerti Konsep Mengatur Keuangan

Aktivitas menabung dapat memberikan pemahaman mengenai konsep dalam pengaturan alur keuangan. Misalnya, Sobat Lakuuu dapat membiarkan buah hati membeli barang kesukaan dari uang saku yang sudah ia sisihkan. 

Maka, mereka akan belajar menyesuaikan dan memilih waktu yang tepat untuk membeli barang favorit dengan uang tabungannya. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, maka akan terbentuk suatu kebiasaan untuk mengatur sendiri keuangan sampai usianya dewasa.

2. Terlatih Sifat Disiplin

Inilah mengapa sangat penting untuk Sobat Lakuuu menerapkan kebiasaan menabung sejak dini. Karena, disiplin tak akan terbentuk dengan mudah seperti membalikkan telapak tangan. Mulailah untuk menabung pada tempat yang tidak dengan mudah dilihat, misalnya celengan. Kemudian, akan terus berlanjut menabung di bank, yang mana uang tak terlihat dan bukan hal mudah untuk diambil seperti di toples atau amplop.

3. Terbiasa Menerapkan Hidup Hemat

Seberapa penting menabung? Dengan kebiasaan menabung sejak dini, maka Sobat Lakuuu dapat menerapkan hidup hemat tanpa adanya paksaan dari orang lain. Karena, sudah terbiasa untuk mengeluarkan uang sedikit demi sedikit serta memilih kapan mengeluarkannya untuk hal penting. Selain itu, Sobat Lakuuu akan terbiasa sejak dini untuk hidup dengan cara yang lebih sederhana.

4. Terhindar dari Hutang

Secara tidak langsung, dengan menabung maka Sobat Lakuuu akan terhindar dari kebiasaan berhutang. Karena, jika memiliki uang cadangan, maka bisa dengan tenang menghadapi saat-saat yang terdesak atau kesulitan keuangan.

5. Berlatih Kesabaran

Siapa bilang jika menabung hanya demi kebutuhan tabungan saja? Pernahkah saat Sobat Lakuuu tak mampu menahan emosi atau cepat marah ketika berhadapan dengan hal buruk bahkan tidak mendapatkan apa yang diinginkan? Inilah alasan dari seberapa penting menabung. Dengan demikian, Sobat Lakuuu akan terbiasa dengan kesabaran saat berusaha mencapai suatu tujuan, seperti membeli rumah atau mobil.

6. Kemandirian Finansial

Kekayaan untuk sebagian orang mungkin juga dimaksudkan jika seseorang tersebut mempunyai kemandirian secara finansial serta tabungan yang bisa diandalkan. Dalam hal ini, Sobat Lakuuu akan mempunyai kebebasan dalam menentukan pilihan hidup yang terpisah dengan pendapatan pokok. Uang tersebut bisa untuk berlibur, resign dari pekerjaan, mengenyam pendidikan, berbisnis hingga berinvestasi.

Dengan beberapa poin diatas, maka Sobat Lakuuu dapat memahami tentang seberapa penting menabung untuk masa depan. Lakukan aktivitas bermanfaat ini sejak dini agar menjadi kebiasaan yang baik untuk masa depan.