Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Ini 5 Alasan Kenapa Sistem POS Penting untuk Bisnis

by Lakuuu Team 22 October 2021

sistem-pos
Banyak tantangan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis, khususnya bagi mereka yang berjualan secara offline. Seperti inventori yang tidak sesuai dengan perhitungan, penjualan yang tidak tercatat, human error, hingga waktu yang terbuang untuk melakukan pendataan.

Semua masalah di atas tentu akan berdampak pada penurunan performa bisnis dan omset penjualan

Tenang saja! Semua masalah di atas dapat diatasi dengan satu sistem pendataan inventori yang cepat dan mudah digunakan, yang disebut dengan POS. Apa itu POS dan bagaimana sistem POS mampu memudahkan pelaku usaha? Simak informasinya berikut. 

Apa yang dimaksud dengan sistem POS?

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
Apakah Sobat Lakuuu sering melihat pegawai kasir yang melakukan scanning barang atau memasukkan kode-kode tertentu ke komputer atau tablet?

Di dalam komputer atau tablet tersebut, sudah ter-install sistem yang secara otomatis akan melakukan pendataan, seperti berapa jumlah barang yang telah terjual, total transaksi, hingga total penjualan.

Sistem pendataan itu disebut dengan POS atau Point of Sale. Sistem POS akan mencatat semua produk yang keluar secara real-time, dan menyimpan keseluruhan data tersebut dalam bentuk jaringan.

Jika suatu perusahaan ingin melihat produk apa saja yang paling diminati oleh pembeli, maka sistem POS dengan cepat dapat menginformasikan produk-produk apa saja yang paling sering dibeli.

Tidak hanya produk, sistem POS juga mampu melacak kinerja karyawan, seperti mencatat jumlah hari dan waktu kerja, hingga mengetahui berapa jumlah transaksi yang sudah dilakukan oleh masing-masing karyawan.

Sistem POS memang dirancang khusus agar user-friendly, sehingga tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pendataan bisnis, tapi juga memudahkan penggunanya dari segi operasional.

5 Manfaat Sistem Point of Sale (POS)


Seperti yang telah dijabarkan di atas, sistem POS memiliki banyak keunggulan, khususnya dalam melakukan pendataan inventori secara otomatis.

Selain keunggulan di atas, berikut 5 keunggulan lain dari sistem Point of Sale.

1. Melakukan Pengecekan Persediaan Barang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, data inventori yang menyangkut tentang persediaan barang sangat dibutuhkan oleh para pebisnis, agar bisa mengontrol stok barang.

Dengan menggunakan sistem POS, pendataan barang dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Berbeda dengan pengecekan barang secara manual yang datanya bisa diubah oleh siapa saja, sistem POS memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan telah terintegrasi dengan sempurna, sehingga sulit untuk melakukan upaya kecurangan.

2. Membuat Laporan Penjualan secara Otomatis

Kerap kali divisi marketing atau bagian keuangan akan meminta data penjualan untuk mengetahui jumlah barang yang berhasil terjual.

Dengan adanya sistem POS, pegawai tidak perlu mencatat setiap barang dan jumlah penjualan setiap kali transaksi, karena semua pencatatan tersebut telah masuk ke dalam ruang penyimpanan online POS.

Sistem POS dapat menghemat waktu para pegawai untuk menyelesaikan laporan keuangan dengan rapi dan tidak ada lagi yang namanya lembur.

3. Proses Transaksi Lebih Singkat

Sistem POS membuat pengalaman proses transaksi jauh lebih efisien. Coba bayangkan, jika kegiatan transaksi masih menggunakan sistem manual, berapa banyak waktu yang terbuang hanya untuk melayani satu pembeli saja?

Sistem POS menjadikan semua urusan transaksi dan inventori berjalan dengan cepat, efisien serta akurat.

4. Pengontrolan Biaya dan Memaksimalkan Keuntungan

Jika inventori terkelola dengan baik, maka dapat meminimalkan biaya serta memaksimalkan keuntungan.

Salah satu keuntungan menggunakan sistem POS adalah lengkapnya fitur yang terdapat di dalam sistem tersebut, sehingga memudahkan pelaku bisnis untuk mengontrol pemasukan dan pengeluaran barang.

5. Manajemen Karyawan

Kelebihan sistem POS selanjutnya adalah yang paling disukai oleh para pegawai, khususnya jika pelaku bisnis menggunakan sistem komisi kepada para karyawannya.

Jumlah komisi pegawai dapat dengan mudah dihitung menggunakan sistem POS. Tak hanya itu, sistem POS juga dapat memeriksa absensi, untuk mengetahui gaji total yang layak diterima oleh para pegawai.

Sistem POS juga biasanya memiliki aplikasi khusus untuk para karyawan, agar bisa memantau komisi yang didapat, slip gaji, daftar kehadiran, dan fitur pendukung lainnya.

Apabila Sobat Lakuuu ingin menggunakan sistem POS ke bisnis offline, pastikan untuk membaca fitur apa saja yang ditawarkan oleh pihak vendor.

Selain itu, baca review dari pelaku bisnis yang sudah menggunakan sistem POS tersebut sebelumnya.

Tak ada salahnya juga untuk memiliki beberapa pilihan sistem POS sebagai bahan perbandingan.