Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

5 Software Desain Tablet Terbaik untuk Android dan iOS

by Lakuuu Team 8 October 2021

software-desain-tablet-terbaik
Tidak hanya menggunakan komputer atau laptop, kini kegiatan mendesain dapat Sobat Lakuuu kerjakan melalui perangkat tablet, yang dapat dibawa ke mana saja dengan mudah.

Di samping tablet sebagai media yang digunakan, pekerjaan yang termasuk jenis evergreen ini juga memerlukan software sebagai alat untuk mendesain dan menghasilkan karya yang menjual.

Dari sekian banyaknya software yang ada, berikut 5 rekomendasi software desain grafis yang cocok dioperasikan di tablet Sobat Lakuuu, mulai dari yang gratis hingga berbayar!

1. Procreate

Gambar: Procreate.art
Procreate merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan ilustrator dan desainer, khususnya bagi mereka yang menggunakan iDevice, seperti iPad.

Software yang dikhususkan untuk para desainer grafis dan ilustrator ini, memang menyediakan beragam fitur yang menarik, untuk meningkatkan produktivitas dan menghasilkan karya yang ekspresif. 

Di dalam aplikasi tersebut, terdapat berbagai macam bentuk garis, pendeteksi warna, layer, berbagai macam pilihan kuas, pensil, dan kebutuhan desain lainnya.

Tidak hanya tools-nya yang bervariasi, Procreate diklaim sebagai software yang memiliki responsivitas yang tinggi, sehingga kecil kemungkinan Sobat Lakuuu mengalami lag saat proses mendesain.
Namun, sayangnya, Procreate ini baru bisa dinikmati oleh para pengguna iDevice, seperti iPhone dan iPad.

2. Adobe Photoshop Sketch

 
Gambar: Adobe

Adobe,Inc memang terkenal sering meluncurkan beragam varian software khusus para desainer dan ilustrator, seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, hingga Adobe Photoshop Sketch

Tak kalah lengkap dengan Procreate, Adobe Photoshop Sketch juga menyediakan berbagai macam tools dan fitur pendukung, seperti brush, graphite pencil, ink pen, dan lain sebagainya.

Maka tak heran, Adobe Photoshop Sketch digadang-gadang sebagai salah satu aplikasi desain alternatif terbaik Procreate.

Berbeda dengan Procreate, Adobe Photoshop Sketch bisa Sobat Lakuuu miliki di perangkat Android, serta juga mendukung sistem operasi iOS.

3. Autodesk SketchBook

Gambar: Sketchbook.com
Autodesk SketchBook merupakan aplikasi yang bisa Sobat Lakuuu download tidak hanya di perangkat Android ataupun iOS, tetapi juga di Windows.

Walau fitur brush-nya terbilang terbatas, yaitu hanya sekitar 190 brush, namun aplikasi ini menawarkan ukuran kanvas yang lebih besar, serta adanya fitur Copic Color Library yang tentu saja disukai oleh para ilustrator dan desainer.

Autodesk SketchBook memberikan akses gratis selama tujuh hari kepada para pengguna barunya, yang kemudian harus membayar setelah free trial selesai.


4. Concepts

Gambar: Concepts.app
Sobat Lakuuu yang ingin mencari software desain alternatif Procreate dengan basis vektor, maka Concepts adalah jawabannya.

Concepts memiliki beberapa fitur unggulan, seperti brush yang dapat diatur tingkat ketebalannya, opacity, warna dan lain sebagainya dengan menu radial yang cukup mudah untuk para pemula.

Software yang dulunya terkenal di sistem operasi iOS ini, bahkan juga digunakan di perusahaan ternama dunia, seperti Disney, Apple, Playstation, dan perusahaan kreatif lainnya.

Tidak hanya mendukung perangkat dengan sistem operasi iOS, kini Concepts telah mendukung sistem lain, seperti Android dan Windows.

Selain memiliki versi gratis, Concepts juga memiliki versi Essentials Pack seharga Rp 143 ribu rupiah, yang berisi berbagai macam fitur menarik dan unggulan yang mereka miliki. Cukup terjangkau, kan?

5. Tayasui Sketches

Gambar: Tayasui.com
Walau software ini tidak sepopuler dengan perangkat lunak lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi yang memiliki segudang fitur unggulan ini.

Tayasui menawarkan berbagai macam tools desain profesional dengan pengalaman menggambar seakan di atas kertas layaknya metode konvensional.

Tayasui sendiri juga memiliki fitur unggulan yang terdapat di Procreate, seperti smudge, ink, airburush, oil pastel, rotring, felt pen dan tambahan beberapa fitur pendukung lainnya.

Cukup membayar Rp 85 ribu rupiah, Sobat Lakuuu sudah bisa menikmati software ini di iOS, macOS, atau bahkan di Android.