Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu SOP? Tujuan dan Penerapannya dalam Dunia Kerja

by Lakuuu 1 March 2022

sop

Banyak yang belum tahu apa itu SOP padahal sering dijumpai di dalam dunia kerja sampai detik ini. Pengertian umum dari SOP merupakan prosedur yang perlu diterapkan dengan tujuan mencapai keinginan.

Standard Operating Procedure (SOP) perlu diterapkan demi memudahkan karyawan melakukan kegiatan usaha sesuai misi. Dalam menerapkan SOP, perusahaan akan berjalan secara lancar tanpa takut mengalami kendala sama sekali.  

Dalam melakukan serangkaian pekerjaan di perusahaan, SOP harus diterapkan supaya pekerjaan diselesaikan secara lancar. Penjelasan mulai dari cara, urutan, ketentuan, bisa diketahui melalui SOP yang diterapkan setiap badan perusahaan.

Apabila Sobat Lakuuu ingin mengetahui lebih lanjut dari SOP, jangan khawatir karena kami akan menjelaskan. Pada intinya, SOP memiliki pengertian untuk mengatur segala sesuatu berjalan dengan baik, efektif, dan benar.

Tanpa adanya SOP, para pekerja di perusahaan tidak akan mampu menyelesaikan suatu masalah karena terkendala. Dalam dunia pekerjaan, menjalankan SOP adalah kewajiban agar memenuhi ketentuan yang berlaku di masyarakat luas.

Agar Sobat Lakuuu tidak kebingungan lagi ketika penasaran dengan SOP, mulai sekarang harus mengetahui tujuan dan penerapannya. Langsung saja ikuti penjelasan kami secara lengkap di bawah ini untuk memahami SOP.

Apa Itu SOP, Fungsi Lengkap


Ketika Sobat Lakuuu sedang menjalani bekerja di perusahaan tertentu atau memiliki bisnis sendiri, jangan sampai lupakan SOP. Mengingat keberadaan SOP sangat penting, yaitu bisa membantu pekerjaan jadi lebih mudah dilewati.

Tujuan dan fungsi dari keberadaan standard operating procedure harus diketahui supaya tidak mengalami kendala ketika sedang bekerja. Dalam bidang apapun, SOP memiliki fungsi vital bagi kelancaran perusahaan seperti berikut ini.

1.      Menjadi Panduan Kerja

Setelah mengetahui apa itu SOP, fungsi pertama digunakan sebagai panduan kerja untuk memudahkan operasional sehari-hari. Panduan berisi tahapan dalam melakukan sebuah pekerjaan, pasti akan membantu seluruh karyawan menyelesaikan tugasnya.

Kinerja perusahaan semakin meningkat, kemudian pegawai otomatis sudah tahu apa yang harus dikerjakan. Sehingga dalam waktu lama memberikan dampak positif bagi perusahaan lebih mudah mencapai tujuan sesuai dengan visi misi.

2.      Pedoman Disiplin Bekerja 

Selanjutnya, fungsi diterapkannya SOP demi mengetahui dan menjaga pekerja lebih disiplin dalam mengikuti seluruh aturan. Dikarenakan setiap aturan pada SOP wajib ditaati semua pihak supaya disiplin kerja mampu dicapai.

3.      Memperjelas Informasi Pekerjaan 

Berikutnya penerapan SOP di perusahaan tertentu juga berfungsi untuk memperjelas informasi pekerjaan. Semua pekerjaan pasti memiliki perbedaan masing-masing, dengan SOP memberikan informasi lebih jelas berupa pedoman hingga kemungkinan yang terjadi.

Tujuan Diterapkannya Standar Operating Procedure


Dalam pekerjaan sehari-hari, SOP tidak hanya memiliki fungsi tetapi juga mempunyai tujuan secara jelas. Apabila Sobat Lakuuu belum mengetahui tujuan dari SOP, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya yang wajib diketahui.

Tujuan pertama diterapkannya apa itu SOP adalah demi meminimalisir kesalahan yang terjadi di dalam perusahaan. SOP membuat pekerja mengikuti aturan tanpa menyalahi aturan dan dijamin terhindar dari beberapa kesalahan fatal.

Selain itu, tujuan lain ketika SOP diterapkan adalah memudahkan karyawan memahami tentang pekerjaan yang harus dilakukan. Seluruh pekerjaan bisa lebih paham tentang apa saja yang wajib dikerjakan untuk meningkatkan kinerja,

Lalu, pekerja semakin mudah beradaptasi setelah bergabung di perusahaan baru cukup memahami dari SOP yang berlaku. Panduan serta ada hak dan tanggung jawab yang diberikan membuat karyawan baru tidak bingung.

Setiap perusahaan pasti memiliki target, dengan SOP yang diterapkan secara benar otomatis membantu mencapai keinginan lebih cepat. Pekerja bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai tugas secara efisien dan lebih efektif.

Jika Sobat Lakuuu sedang memulai bisnis atau usaha dari kecil, kami sarankan mulai sekarang menerapkan SOP secara baik. Berikut ini adalah beberapa prinsip dalam menyusun SOP yang harus dipahami pengusaha.

Prinsip Dasar Penyusunan SOP Kerja


Sudah paham apa itu SOP, selanjutnya Sobat Lakuuu yang menjadi pengusaha pasti ingin mengetahui prinsip menyusunnya. Mengingat pembuatan dari SOP tidak bisa sembarangan dilakukan, melainkan pakai prinsip berikut ini.

Pada proses pembuatan SOP, tentunya harus jelas agar mudah dipahami secara langsung oleh para pekerja. Alasannya cukup sederhana, karena SOP akan digunakan dan menjadi pedoman banyak orang karyawan di perusahaan.

Prinsip menyusun standard operational procedure selanjutnya harus bersifat efisien dan juga efektif. Pembuatan wajib menerapkan sistem kerja jadi lebih efektif, efisien, baik dalam penggunaan tenaga, waktu, hingga biaya.

Tidak lupa, keselarasan juga diperhatikan sebagai cara membuat SOP secara benar, yaitu berkaitan dengan perusahaan. Sobat Lakuuu dapat membuat SOP dengan menyesuaikan visi, misi, sumber daya, dan berbagai aspek lain.

Kepastian hukum juga diperhatikan sebagai prinsip menyusun SOP secara benar, karena akan digunakan sebagai jaminan bila ada karyawan melanggar aturan. Bagi pegawai yang melakukan kesalahan otomatis langsung disanksi sesuai SOP.

Dengan memahami penerapannya hampir semua perusahaan sudah menerapkan SOP untuk mencapai tujuan lebih mudah. Sobat Lakuuu paham apa itu SOP, kini saatnya mempelajari keseluruhan agar tidak melakukan kesalahan ketika bekerja.