Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa Itu Strategi Customer Retention?

by Lakuuu Team 17 September 2021

strategi-customer-retention
Kebanyakan marketer merasa jika menjalankan strategi customer retention ini mempunyai tantangan tertentu. Padahal jika brand mempunyai loyal customer maka nantinya bisa memunculkan beragam manfaat penting. Kali ini pembahasan kita bakalan meluas mengenai bab tersebut. Dimana customer retention ini merupakan sebuah proses dimana pelanggan membeli sebuah produk pada suatu brand secara berkelanjutan.

Zaman era modern seperti saat ini kebanyakan para marketer mulai  percaya jika tugas mereka bukan hanya mengakuisisi konsumen tetapi juga berfokus meningkatkan pendapatan dari pelanggan tetapnya. Berbisnis kelihatannya mudah namun tidak semudah bayangan. Kita sebagai pebisnis harus pandai mengatur strategi bagaimana caranya supaya produk dikenal banyak orang. Melakukan promosi bisa ditempuh melalui berbagai hal. Termasuk dengan membuat review l

Strategi Penting Customer Retention

Mempunyai suatu bisnis tentunya suatu kebanggaan tersendiri. Namun untuk memajukan bisnis tersebut memang tidak mudah. Tentunya Sobat Lakuuu harus menerapkan berbagai macam strategi customer retention. Dimana strategi ini diharapkan mampu memperbanyak loyal customer hingga peningkatan pendapatan bisa terjadi.

Mungkin banyak yang merasa penasaran akan strategi customer retention ini. Jika memang merasa penasaran sebaiknya simak ulasannya berikut ini:

  • Ajak pelanggan memfollow akun media social

Zaman era digital seperti sekarang ini beragam jenis bisnis lebih mengandalkan kekuatan media sosial sebagai media promosinya. Kali ini Sobat Lakuuu bisa mengajak customer untuk mengikuti akun social media Sobat Lakuuu. Dengan begitu customer pun merasa semakin mudah melakukan pembelian secara berulang. 

  • Bangun komunikasi personal

Ketika Sobat Lakuuu membangun komunikasi melalui media social dengan customer. Usahakan tidak menyapanya dengan sebutan pelanggan. Alangkah baiknya Sobat Lakuuu sebutkan nama mereka secara langsung. Dengan begitu komunikasi yang terjalin terasa lebih dekat. Bahkan Sobat Lakuuu pun merasa lebih akrab dengan customer. Menjalin komunikasi personal memang penting sekali. Hal ini dilakukan demi kemajuan bisnis Sobat Lakuuu. Jadi jangan sampai meremehkan hal yang kelihatannya sepele. Dapatkan loyal customer supaya peningkatan penjualan bisa terjadi.

  • Memperbanyak variasi produknya

Kali ini strategi customer retention juga bisa dilakukan dengan memperbanyak varian produknya. Dengan banyaknya pilihan produk tersedia maka customer semakin mudah dalam memilih. Pelanggan pun bakalan merasa puas sudah berbelanja pada toko Sobat Lakuuu.

  • Adakan program onboarding

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang sudah menerapkan program onboarding. Program tersebut dilakukan untuk memperkenalkan produk barunya. Caranya begitu mudah dilakukan, hanya dengan membuat sebuah konten terkait produknya kemudian menguploadnya pada media social tertentu. Program tersebut dihadirkan supaya customer nantinya tidak beralih brand lain. Dengan begitu mereka pun tetap berbelanja produk kebutuhan pada toko Sobat Lakuuu.

  • Pastikan layanan pelanggan mampu berjalan baik

Salah satu strategi customer retention yang terbilang lebih ampuh tentunya memastikan layanan kepada pelanggan mampu berjalan baik. Tentunya layanan tersebut bisa dilihat dari berbagai sisi. Baik itu bagaimana bisnisnya menawarkan suatu produk bahkan terkait respon sekaligus tindakan yang diberikan ketika ada komplain dari pelanggan. 

Jadi alangkah baiknya Sobat Lakuuu mampu memberikan pelayanan sebaik mungkin supaya mereka merasa puas telah berbelanja. Jika Sobat Lakuuu berikan layanan lama sekaligus tidak cepat menanggapi komplain dari customer. Maka mereka beranggapan jika Sobat Lakuuu kurang professional menjalankan suatu bisnis. Mereka pun bakalan merasa enggan berbelanja kembali.

Dengan memperhatikan berbagai strategi customer retention yang sudah dihadirkan. Semoga saja Sobat Lakuuu mampu memperoleh loyal customer. Dimana nantinya bisa berpengaruh terhadap kemajuan bisnis. 

Lakukan pelayanan dengan ramah agar pelanggan merasa nyaman. Pastikan juga setiap keluhan yang sudah disampaikan customer cepat memperoleh respon. Dengan begitu bisnis yang Sobat Lakuuu jalankan bisa berkembang dengan pesat. Pastinya dari segi pendapatan pun juga bakalan meningkat drastis. Semoga saja Sobat Lakuuu mampu menerapkan berbagai strategi penting di atas.