Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

by Lakuuu Team 31 July 2021

strategi-digital-marketing
Banyak dari Sobat Lakuuu yang berpikir untuk berjualan dengan produk-produk andalan yang tidak sedikit dicari masyarakat. Hanya saja, dalam penggunaan strategi digital marketing tergolong kurang efektif karena salah dalam penerapannya. 

Pemasaran berbasis digital sendiri kini sangat dekat dengan kehidupan sebagian besar masyarakat secara umum, khususnya di kota-kota besar.

Tingkat efektifitas dari penerapan metode pemasaran satu ini juga sangat baik bila memang dilakukan dengan eksekusi yang baik pula. Untuk itu, bukan sekadar memanfaatkan media-media berbasis online, kamu juga perlu memahami bagaimana penerapan yang tepat.

Menerapkan Metode Digital Marketing dalam Berbisnis

Pemasaran secara digital tidak lagi asing. Lihatlah bagaimana masyarakat mencari berbagai informasi melalui pencarian online yang kemudian membawa mereka untuk berbelanja dengan sistem daring. Selain memantapkan rupa dari ide dan proses eksekusi ide tersebut sebagai bagian dari strategi, berikut beberapa cara pada strategi pemasaran digital yang bisa membantu tingkatkan penjualan. 

Menyadari Efektifitas  Pemasaran Secara Online

Langkah pertama dalam penerapan strategi adalah lebih dulu menyadari betapa hebatnya efek pemasaran secara online. Biasanya mereka yang tidak tertarik melakukan pemasaran online ini berlatar belakang tidak paham apa saja kelebihan dan kegunaan dari pemasaran berbentuk digital. Bukan hanya tidak tertarik, mereka bisa tergolong pada kelompok penjual tradisional.

Dengan menyadari dan memahami betapa hebatnya efek pemasaran melalui online, Sobat Lakuuu bisa lebih memanfaatkan berbagai media online untuk pemasaran. Termasuk memilih media mana saja yang dirasa paling cocok.

Pelajari Bentuk Digital Marketing

Pada digital marketing sendiri terdapat berbagai bentuk. Meski sama-sama berbasis jaringan internet, rupa dalam pemasaran digital tidak semuanya sama. Pilih bentuk yang menurutmu paling cocok, pas dengan jenis produk yang dijual, serta memberi efek besar bagi penjualan. Misalnya memilih platform populer dan media sosial yang sedang ramai digunakan.

Gunakan Berbagai Platform Digital

Jangan terpatok hanya dengan satu atau dua platform saja. Begitu juga dengan media sosial. Gunakan sebanyak-banyaknya wadah berjualan dan wadah untuk memperkenalkan produk-produk yang kamu jual ke dunia. Nah, digital marketing berbasis online ini juga memungkinkanmu untuk memasarkan produk hingga ke seluruh dunia. Proses dan sistemnya pun lebih praktis.

Perkenalkan Brand dan Produk Melalui Media Sosial

Berjualan tidak hanya melibatkan transaksi antara penjual dan pembeli, tetapi juga dengan masyarakat luas sebagai calon pembeli. Coba perkenalkan brand dan produk secara kreatif di berbagai macam media sosial. Masyarakat yang kini cenderung menggunakan media sosial dalam keseharian nantinya bisa lebih mudah mengenal brand dan produk milikmu.

Tetap Mengedepankan Kualitas dan Layanan

Bagaimana pun, sebagian besar masyarakat tetap mendahulukan kualitas dari produk-produk yang Sobat Lakuuu tawarkan disertai layanan yang optimal. Kualitas ini pasti berhubungan juga dengan harga jual. Dari segi harga saja, masyarakat sudah bisa memahami tingkat kualitas dari sebuah produk. Menjadi tugasmu untuk tetap mengedepankan kualitas yang juga memberi layanan terbaik.

Minta Bantuan Digital Agency

Bingung bagaimana cara merancang dan menerapkan strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis atau usahamu? Pakai jasa dari digital agency menjadi salah satu cara yang efektif. Bersama orang-orang yang lebih memahami pergerakan dalam dunia digital akan membuat penjualanmu jadi lebih baik, sehingga bisa mencapai target.

Untuk kedepannya, penggunaan strategi berbasis online yang jatuhnya bergantung pada jaringan dan sistem internet ini memang akan semakin berkembang. Oleh karenanya, Sobat Lakuuu bisa mencobanya agar tidak tertinggal perkembangan tersebut.