Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Strategi Marketing: 7 Tips Mudah Membuat Konten yang Menarik

by Lakuuu 6 November 2021

strategi-marketing
Konten adalah nyawa dari suatu bisnis. Konten juga berperan sebagai mata uang baru yang menjadi pintu utama untuk menghasilkan, dan mendapatkan keuntungan. 

Atas dasar hal di atas, maka konten tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Berikut, 7 tips membuat konten yang menarik, sehingga tidak hanya informatif, tetapi juga mendatangkan leads yang berpotensi menciptakan transaksi.

Perhatikan dan Ketahui Target Market


Sebelum membuat konten menarik dan informatif tentu nya, ketahui dan analisis terlebih dahulu siapa niche Sobat Lakuuu.

Niche adalah target market yang spesifik, dan memiliki permasalahan yang harus segera diselesaikan. Mereka membutuhkan bantuan dari Sobat Lakuuu, agar masalah atau rasa “sakit” yang mereka hadapi dapat terselesaikan.

Setelah mengetahui target market atau niche, kini barulah saatnya untuk membuat konten yang pas dan cocok untuk mereka.

1. Identifikasi masalah niche dan berikan solusinya

Di atas sudah disinggung, bahwa niche adalah mereka yang membutuhkan bantuan Sobat Lakuu, baik dalam bentuk jasa, layanan, atau produk.

Buatlah konten yang mengidentifikasi apa masalah yang sekiranya sedang mereka hadapi, dan bagaimana Sobat Lakuuu bisa memberikan solusi atau bahkan menjadi solusi untuk mereka.

Sebagai contoh, jika niche Sobat Lakuuu adalah anak remaja yang memiliki jerawat bruntusan, buatlah satu topik konten tentang jerawat bruntusan, dan bagaimana produk atau layanan dari Sobat Lakuuu bisa menyelesaikan masalah mereka.

2. Perhatikan relevansi antara konten produk atau jasa yang ditawarkan

Banyak pebisnis yang asal membuat konten, tanpa memikirkan relevansi antara produk atau jasa yang dijual dengan konten yang dibuat. Ini merupakan kesalahan yang besar!

Niche berharap, saat Sobat Lakuuu membuat konten tertentu, Sobat Lakuuu juga bertindak sebagai pemberi solusi atau menjadi solusi atas permasalahan mereka.

Jika membuat konten yang tidak berhubungan dengan jasa atau produk yang ada, maka ini akan menyebabkan menurunnya kredibilitas bisnis di mata para niche.

3. Buat konten yang evergreen

Konten evergreen adalah konten yang isinya masih akan tetap relate atau tidak mengalami perubahan untuk jangka waktu yang panjang. Konten dengan jenis evergreen mampu menarik banyak orang, tidak hanya di dalam lingkaran niche, tetapi juga market secara keseluruhan.

Cobalah untuk membuat satu konten yang memiliki tema yang evergreen, sehingga konten tersebut berpotensi besar untuk mendatangkan leads di luar jangkauan target market yang ditentukan.

Jangan lupa, untuk tetap mempertahankan relevansi antara topik konten yang dibahas dengan bisnis Sobat Lakuuu.

4. Gunakan media yang tepat

Setiap media yang digunakan untuk menyebarluaskan konten, memiliki perlakuan yang berbeda.

Sebagai contoh, media sosial Facebook lebih mengutamakan kalimat-kalimat daripada visual dari konten. Itu sebabnya, hal pertama yang akan dilihat di Facebook adalah teks berbentuk kalimat panjang, dan bukan gambar atau video.

Berbeda dengan Facebook, Instagram lebih mengutamakan tampilan visual konten. Konten dengan visual yang menarik dan eye-catchy, cenderung mendatangkan lebih banyak leads.

Tips nya adalah, jika Sobat Lakuuu menggunakan Facebook, maka buatlah kalimat yang persuasif, sedangkan jika menggunakan Instagram maka membuat konten dengan visual menarik dan interaktif menjadi perlu dilakukan.

5. Ikuti tren yang ada

Agar konten dilihat oleh banyak pengguna internet, mengemas satu topik yang sedang hangat diperbincangkan di dalam industri Sobat Lakuuu bisa menjadi bahan pertimbangan.

Untuk mengetahui tren apa yang sedang viral, cobalah gunakan Google Trends yang mampu menampilkan kata kunci yang sedang hangat dibicarakan.

Dengan menggunakan metode ini, konten yang diangkat akan jauh lebih relevan, dan juga membantu Sobat Lakuuu menjangkau lebih banyak target market.  

6. Gunakan metode ulasan

Audiens sangat suka dengan hasil nyata. Mereka tergerak untuk melakukan sesuatu berdasarkan hasil atau ulasan dari orang lain.

Ulasan ini bisa dalam berbagai macam bentuk, mulai dari foto, video, hingga teks sekalipun. Inti dalam membuat konten ulasan adalah fokus terhadap hasil yang didapat dari orang lain, dan membagikan hasilnya ke publik.

Tidak hanya menjadi konten menarik, cara di atas juga menjadi strategi marketing yang baik untuk menanamkan rasa percaya kepada calon pembeli, sehingga mereka bergerak untuk melakukan transaksi.

7. Konsistensi

Membuat konten memang bikin kepala pusing. Harus mengetahui buyer persona, menganalisis tren yang ada, membuat campaign yang menarik, serta membuat konten hard dan soft selling bisa menjadi tantangan tersendiri.

Selain itu, menemukan jenis konten yang tepat untuk suatu niche tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dengan demikian, konsistensi adalah hal yang sangat diperlukan.

Terus membuat konten yang bermanfaat, memiliki relevansi antar produk dan target market, serta mampu menyelesaikan permasalahan niche merupakan tiga tips jitu yang bisa membuat brand Sobat Lakuuu dikenal oleh banyak orang.