Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

5+ Strategi Marketing Gratis Tanpa Modal, Cocok untuk Pemula

by Lakuuu 14 December 2021

strategi-marketing-gratis
Tanpa menggunakan dan menerapkan strategi marketing yang baik, bisnis Sobat Lakuuu tidak mampu mencapai target yang telah ditentukan, mengingat marketing yang kuat adalah tonggak dari suatu perusahaan, sehingga bisnis dapat tetap berjalan dan mendapatkan keuntungan.

Setiap perusahaan, memiliki strategi marketing yang berbeda-beda, mengingat niche atau target market-nya juga berbeda. Inilah yang menjadi tugas bagi para marketer untuk mengetahui metode marketing apa yang tepat yang harus diterapkan.

Lalu, kira-kira metode atau strategi marketing apa yang tepat untuk suatu bisnis? Khususnya bagi para pelaku bisnis yang baru saja membuka usahanya? Berikut informasinya untuk Sobat Lakuuu.

5+ Strategi Marketing Gratis Khusus Pemula Tanpa Modal

Berikut 5+ strategi marketing gratis yang bisa Sobat Lakuuu coba dan terbukti ampuh untuk tidak hanya mendatangkan leads, tetapi juga mendatangkan meningkatkan brand awareness.

1. Blog

Menulis artikel merupakan salah satu metode marketing yang dapat meningkatkan visitors website, sekaligus memberikan brand awareness ke audiens yang jauh lebih luas.

Menulis artikel yang bermanfaat, informatif dan bersifat evergreen adalah hal yang bisa dilakukan. Selain itu, Sobat Lakuuu juga bisa menerapkan metode soft-selling dengan menyelipkan produk atau layanan yang dijual, sehingga dapat mendongkrak penjualan.

2. Buatlah database khusus untuk alamat email pelanggan

Trik marketing gratis dan efektif digunakan adalah dengan membuat database email pelanggan. Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan alamat email pelanggan untuk mengirimkan email mengenai produk atau layanan terbaru, promo menarik. Hingga campaign yang akan diadakan.

Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat database email pelanggan ini adalah dengan menyediakan kolom khusus newsletter pada website.

3. Re-share atau duet ulasan video

Sobat Lakuuu, salah satu teknik marketing sekaligus menjadi social-proof yang paling menjanjikan adalah ulasan video dari para pelanggan yang dengan senang hati me-review produk atau layanan bisnis Sobat Lakuuu.

Tentu saja, karena pelanggan puas, otomatis mereka akan memberikan ulasan yang positif dan secara cuma-cuma ke media sosial mereka.

Maka dari itu, baik kualitas produk dan layanan pelanggan Sobat Lakuuu haruslah baik dan prima, sehingga banyak pelanggan yang puas dan dengan senang hati memberikan ulasan dalam berbagai format, seperti artikel atau video.

4. Memaksimalkan penggunaan hashtags

Khusus marketing di Instagram, Sobat Lakuuu bisa memaksimalkan penggunaan hashtags, baik di post-ingan maupun pada reels.

Kini, Instagram telah memperbarui algoritmanya. Di mana jumlah hashtags yang efektif digunakan adalah tidak lebih dari 5 hashtags, dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan 3 hashtags saja.

Tentu saja, lagi dan lagi, selain menggunakan hashtags yang tepat, konten yang dibuat haruslah menarik perhatian audiens, serta mampu menambah wawasan bagi para pengguna yang melihat konten.

5. Words of mouth marketing

Strategi marketing selanjutnya adalah dengan menerapkan words of mouth marketing. Untuk mencapai tahap ini, ada berbagai rintangan yang harus Sobat Lakuuu lalui, seperti peningkatan kualitas produk atau jasa, serta memperbaiki kualitas layanan pelanggan.

Jika Sobat Lakuuu telah meningkatkan dua area di atas—meningkatkan kualitas produk dan layanan pelanggan—maka akan banyak orang yang merekomendasikan bisnis Sobat Lakuuu ke jaringan pertemanan mereka.

6. Melibatkan para pelanggan

Cara ini memang tidak langsung menghasilkan keuntungan, tetapi metode ini sangat efektif untuk meningkatkan relasi antara brand dan pelanggannya. Adapun cara yang dimaksud adalah dengan  melibatkan para pelanggan, khususnya dalam pembuatan keputusan.

Dengan cara ini, pelanggan merasa dihargai kehadirannya, dan tentu saja akan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal.

Adapun meminta mereka untuk mengisi survei singkat, atau bertanya tentang hal tertentu dapat meningkatkan engagement dan relasi pelanggan.