Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Beberapa Strategi Tradisional Marketing yang Masih Banyak Digunakan

by Lakuuu Team 7 October 2021

strategi-tradisional-marketin
Dalam upaya mengembangkan bisnis, salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah perencanaan. Rencana bisnis ini bisa kamu analogikan sebagai sebuah peta yang digunakan untuk menunjukkan arah kesuksesan. Hal lain yang tak kalah penting juga adalah menetapkan strategi pemasaran. 

Strategi pemasaran ini memang sangat berperan penting dalam mencapai suatu keberhasilan berbisnis. Meskipun memang sebuah produk memiliki kualitas yang baik, namun jika tidak diiringi dengan strategi marketing yang baik maka tidak akan bisa menghasilkan keuntungan. 

Tanpa adanya strategi marketing yang baik, maka cukup sulit dalam mengembangkan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, mempelajari ilmu pemasaran sangatlah penting dalam menjalankan sebuah bisnis. 

Untuk itu, silahkan Kamu simak penjelasan berikut ini terkait dengan beberapa strategi Tradisional Marketing yang masih banyak digunakan. 

Strategi Marketing untuk Bisnis yang Sehat

Dalam penyusunan strategi marketing yang efektif, maka kamu bisa menerapkan beberapa strategi berikut ini. 

  • Ketahui Target Pasar Sebelum Menerapkan Strategi Marketing

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam menerapkan strategi marketing adalah dengan mengetahui terlebih dahulu target pasarnya. Caranya adalah dengan riset siapa yang menjadi target pasar kamu nantinya. 
Semakin spesifik target pasar yang kamu tentukan, maka akan semakin besar pula peluang kamu untuk bisa sukses. 

  • Optimalkan Strategi Marketing Melalui Social Media

Media sosial merupakan alat pemasaran yang paling ampuh untuk melakukan strategi pemasaran. Hal ini dikarenakan hampir semua orang telah aktif menggunakan media sosial untuk kebutuhan sehari-harinya. 

Pada umumnya, bag para pelaku usaha online lebih sering melakukan pemasaran melalui media sosial. Strategi promosi ini bisa langsung dilakukan dengan hanya menggunakan teknik pemasaran di media sosial saja. 

Dengan memanfaatkan media sosial ini, maka perusahaan pun bisa menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan. Bahkan, biaya yang dibutuhkan juga terbilang murah dan keterlibatannya cukup tinggi. 

Media sosial ini juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produknya tersebut. Dengan begitu, maka apa yang sedang ditawarkan akan memiliki peluang yang cukup besar untuk terjual. 

Dalam pemasaran media sosial, kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer. Dan ini merupakan salah satu contoh strategi marketing yang sangat efektif untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen.  

  • Menawarkan Produk Secara Gratis

Strategi marketing selanjutnya yang cukup efektif untuk kamu lakukan adalah menawarkan produk secara gratis. Cara ini dianggap cukup ampuh dalam menjaring konsumen. 

Alasan lain yang melatarbelakangi mengapa strategi ini sangat efektif adalah karena seringkali seorang konsumen tersebut belum pernah mencoba produk kamu. Oleh karena itu, dengan menawarkan produk secara gratis maka para konsumen bisa mencoba produk kamu untuk memastikan kualitasnya. 

  • Memilih Lokasi Strategis

Tempat yang strategis juga masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang patut kamu pertimbangkan. Dengan tempat penjualan yang strategis, maka produk kamu pun memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan berpeluang terjual lebih banyak. 

Kriteria dalam pemilihan tempat yang strategis ini harus kamu sesuaikn dengan target pasar dan kemudahan untuk menjangkaunya. 

  • Manfaatkan Teknik Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Strategi marketing juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut. Cara ini akan memungkinkan kamu untuk bisa berkomunikasi secara langsung dengan para konsumen. 

Setelah konsumen membeli produk kamu dan merasa puas atas kualitas dari produk tersebut, maka konsumen tersebut pun akan memberitahukan kepada konsumen lainnya yang berpotensi untuk membeli produk tersebut juga.