Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Simak Tanda Financial Freedom ini, Sudah Termasuk atau Belum

by Lakuuu - 1 January 2022

tanda-financial-freedom
Apakah Sobat Lakuuu sudah memiliki tanda financial freedom? Apa sajakah tanda-tandanya dan mengapa membuatnya sangat diharapkan untuk dimiliki? Sebelum membahas mengenai hal tersebut, pahami terlebih dahulu apa itu financial freedom atau kebebasan keuangan.

Kebebasan keuangan merupakan keadaan di mana seseorang mempunyai tabungan yang cukup, aset maupun investasi sehingga kebutuhan hidup terpenuhi dengan baik. Tidak semua orang bisa mencapai kebebasan keuangan karena banyak alasan yang mendasari.

Salah satunya adalah memiliki utang yang lebih tinggi dibanding aset. Menabung untuk masa depan sangat penting dilakukan agar mencapai kebebasan keuangan. Supaya tercapai, Sobat Lakuuu bisa memulainya dengan membuat rencana dan menentukan target yang jelas.

Alasan Financial Freedom Sangat Diharapkan dan Penting Dimiliki

Pentingnya financial freedom dimiliki bukanlah tanpa alasan. Tidak heran jika banyak orang mengharapkannya terjadi di masa mendatang. Beberapa alasan mengapa kebebasan keuangan sangat diharapkan dan penting dimiliki, diantaranya:

1.  Jaminan Masa Depan Lebih Baik

Kebebasan keuangan akan menjamin kesehatan Sobat Lakuuu di masa mendatang. Tidak hanya kesehatan saja, tapi juga kecelakaan, pendidikan anak dan jaminan lainnya. Biasanya untuk mempersiapkan tersebut, program asuransi dijadikan pilihan.

Namun, tidak hanya sebatas asuransi saja untuk menjamin dana, ada tabungan lain yang sudah dipersiapkan dengan baik untuk mengatasi hal-hal di luar dugaan. Apalagi tidak ada yang bisa memperkirakan kejadian di masa mendatang.

2.  Biaya Hidup Tidak Membuat Khawatir

Jika tanda financial freedom sudah ada, maka Sobat Lakuuu tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya hidup karena sudah terjamin. Mempersiapkan tabungan di masa muda akan bermanfaat untuk kehidupan di masa tua apalagi saat sudah tidak aktif bekerja.

3.  Tidak Terjerat Utang

Mempunyai utang memang tidak selalu buruk, namun kebebasan keuangan akan sulit tercapai karena masih ada kewajiban membayar yang ditanggung. Seseorang yang sudah memiliki kebebasan keuangan berarti dipastikan tidak terjerat utang.

Inilah Tanda Financial Freedom yang Diharapkan Setiap Orang

Financial freedom sangat diharapkan oleh setiap orang apalagi di masa tua mendatang saat sudah tidak bisa aktif bekerja. Inilah tanda-tanda seseorang sudah memiliki kebebasan keuangan.

1.  Mempunyai Passive Income

Tanda pertama yaitu mempunyai passive income. Pemasukan ini bisa Sobat Lakuuu dapatkan dari berbagai bisnis seperti penjualan lisensi produk atau melakukan investasi. Ada banyak jenis investasi, bisa berupa saham maupun dalam bentuk lainnya.

Investasi yang sekarang ini banyak dipilih adalah reksa dana. Karena selain mudah juga tidak membutuhkan modal dana besar. Return dari jenis investasi ini cukup lumayan dalam jangka waktu panjang.

2.  Perilaku Konsumtif Berkurang

Tanda financial freedom berikutnya adalah berkurangnya perilaku konsumtif. Sobat Lakuuu akan sulit mendapatkan kebebasan keuangan jika masih belum bisa menekan perilaku konsumtif ini.

Akan ada banyak uang yang dikeluarkan untuk hal-hal sepele. Membeli barang-barang padahal tidak terlalu membutuhkan. Untuk jangka panjang perilaku ini tentunya akan jauh dari kata mendapatkan kebebasan keuangan.

3.  Utang Lebih Kecil Dibanding Aset

Sebenarnya utang bukanlah sesuatu hal yang dilarang, apalagi jika Sobat Lakuuu sangat membutuhkannya untuk kepentingan bisnis. Namun, hindari meminjam untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu urgen seperti liburan atau membeli pakaian mahal.

Jangan sampai aset yang dimiliki lebih kecil dibanding utang karena akan sulit untuk mendapatkan financial freedom. Aset yang dimaksud seperti properti, emas, tabungan, investasi, kendaraan, rumah dan lain sebagainya.

4.  Tidak Bingung Mengenai Hari Tua

Seseorang yang sudah mencapai kebebasan keuangan tidak akan khawatir dan bingung mengenai hari tua. Apalagi saat usia sudah mulai menua, aktivitas mulai terhambat, apalagi untuk bekerja.

Jadi, mempersiapkan atau mengelola keuangan dengan baik di masa muda sangat penting dilakukan agar dapat merasakan kesejahteraan pada masa mendatang. Kurangi mengeluarkan dana untuk hal-hal yang tidak terlalu prioritas.

5.  Mempunyai Asuransi dan Dana Darurat

Biasanya seseorang yang sudah meraih tanda financial freedom mempunyai asuransi dan dana darurat, baik untuk dirinya sendiri maupun keluarganya. Asuransi akan memberikan jaminan perlindungan di masa mendatang.

Tidak bisa di prediksi kemungkinan buruk apa saja yang akan terjadi di masa mendatang. Mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik di saat masih bisa mengusahakannya tentu sangat penting dilakukan.

6.  Aset Menghasilkan Uang

Aset jenis investasi akan menghasilkan uang dengan keuntungan lumayan untuk jangka panjang. Jika investasi Sobat Lakuuu perkembangannya sangat baik, maka hasil keuntungannya juga akan semakin baik.

Ada jenis aset lainnya yang juga bisa menghasilkan uang, seperti bangunan dan tanah. Sobat Lakuuu bisa langsung menyewakannya atau digunakan sendiri untuk membangun bisnis kontrakan maupun kos-kosan.

Bisnis seperti ini sangat menguntungkan apalagi jika banyak yang berminat. Hanya perlu merawatnya dengan baik Sobat Lakuuu akan mendapatkan penghasilan pada setiap bulan atau tahunnya, menyesuaikan dengan perjanjian di awal.

Dalam hidup tidak selamanya bisa berjalan sesuai rencana. Ada masanya turun dan naik, ada masanya bisa aktif bekerja dan tidak. Rencanakan, kemudian wujudkan tanda financial freedom mulai dari sekarang agar masa depan Sobat Lakuuu lebih terjamin.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...
pentingnya-review-dan-testimoni-untuk-bisnis
Insight
Pentingnya Review dan Testimoni Untuk Bisnis Agar Semakin Sukses
Pentingnya review dan testimoni untuk bisnis dimasa sekarang dan masa depan tentulah sangat berpengaruh. Mungkin belum begitu banyak yang menyadari manfaat dari ...