Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Tips Mencari Supplier Untuk Barang Jualan Anda

by Lakuuu Team 11 September 2021

tips-mencari-supplier
Sebagai salah satu pegiat bisnis yang ingin lebih mudah memasarkan barang dalam metode online maupun offline, tentunya selalu ada hambatan dalam prosesnya. Apalagi saat proses produksi sudah berjalan, tentunya bagi distributor juga harus jeli dalam mencari supplier. Sehingga kebutuhan barang yang akan digunakan sebagai bahan baku akan mudah didapatkan. 

Itulah mengapa, semua jenis bisnis membutuhkan supplier untuk memuluskan bisnis yang sedang dirintisnya. Meski sepele jika hal ini tidak segera ditindaklanjuti maka kekuatan produksi Sobat Lakuuu akan menurun, sehingga omset bisnis pun tidak akan sesuai harapan dan target semestinya. Jangan sampai salah memilih atau tidak berhati-hati dalam bekerja sama dengan mereka. Inilah tips dalam memilih nya!

Beberapa Tips Dalam Menentukan Supplier

Sangat menjadi rekomendasi bagi kebanyakan pebisnis jika supplier memiliki peran penting dalam semua usaha dan bisnis yang sedang mereka geluti. Namun untuk menentukan dan memilih mereka, Sobat Lakuuu juga harus mempertimbangkan banyak hal. Inilah tips bagus jika Sobat Lakuuu ingin bekerjasama dengan para supplier terbaik.

  • Memastikan Kebutuhan
Jika Sobat Lakuuu ingin bekerjasama dengan supplier, tentukan lebih dulu apakah mereka jenis supplier yang bisa dijadikan reseller atau dropship. Karena dari beberapa toko memang memiliki kebutuhan yang berbeda. Dengan memastikan kebutuhan mereka, maka Sobat Lakuuu juga akan semakin mudah menetapkan barangnya. Jika sudah maka mereka akan lebih menyesuaikan juga dengan keinginan barang Sobat Lakuuu.

  • Melihat Kualitas
Seorang distributor juga harus bisa menentukan sosok supplier dengan melihat kualitasnya. Pembeli saat ini sudah sangat pandai dalam mengenali barang, jadi usahakan produk yang disajikan kepada mereka juga memiliki kualitas terbaik. Jika sudah puas secara tidak langsung maka pembeli akan melakukan pembelian ulang kepada Sobat Lakuuu. Datang dan buktikan langsung bahan baku yang dijual supplier agar bisa memastikan kualitasnya.

  • Tentukan Kuantitas Kebutuhan
Tidak hanya kualitas, Sobat Lakuuu juga harus bisa memastikan kuantitas barang supplier memang layak jual. Pasokan barang memang harus rutin untuk memberikan kepercayaan kepada pembeli. Jangan sampai supplier memiliki alat yang kurang memadai sehingga pasokan terkendala dari keterlambatan mereka.

  • Ketahui Layanannya
Salah satu rekomendasi supplier yang bisa dijadikan partner bisnis selalu memberikan layanan terbaik. Sehingga semua barang yang dicari para pelanggan akan terus mendapatkan testimoni bagus. Masalah sedikit saja semisal keterlambatan akan menurunkan rating Sobat Lakuuu. Pastikan jika layanan supplier jelas dan memiliki respon cepat saat melayani permintaan.

  • Selidiki Reputasinya
Mencari supplier tidak perlu membutuhkan waktu yang cepat. Lebih baik Sobat Lakuuu memperhatikan beberapa sumber informasi mengenai supplier yang akan diajak kerjasama. Forum jual beli, komunitas dan blog bisa digunakan untuk sarana mencari informasi. Kredibilitas mereka dalam bertransaksi juga sangat penting untuk diketahui. Sejumlah komentar positif akan membuat Sobat Lakuuu semakin percaya akan pelayanan mereka.

  • Tetapkan Harga Terbaik
Pastikan jika harga distributor yang diberikan sejumlah supplier juga sesuai dengan kualitasnya. Yang dialokasikan juga dapat digunakan secara maksimal untuk mengadakan barang baku. Silakan menimbang serta memperhatikan dana karena hal ini sangat berkaitan dengan untung rugi dalam memasarkannya. Lakukan negosiasi serta mendapatkan harga terbaik di dalam kesepakatan Sobat Lakuuu dengan mereka. Jangan lupa menyesuaikan dengan harga di pasaran.

  • Pertimbangkan Konsistensi
Supplier yang bisa dijadikan rekomendasi terbaik juga sangat mempertimbangkan banyak hal. Yang paling penting adalah adanya kebijakan pengembalian produk jika tidak sesuai dengan permintaan. Penetapan ini akan semakin membuat bisnis Anda berjalan lancar karena tidak akan pernah membuat rugi dari barang yang tidak sesuai permintaan saat melakukan order.