Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Tips Meningkatkan Engagement Instagram Bisnismu

by Lakuuu Team 19 September 2021

tips-meningkatkan-engagement-instagram
Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa aplikasi Instagram telah banyak menarik perhatian dari para marketer yang ada di seluruh dunia. Tren ini memang relatif baru, namun customer engagement ini memang sangat berdampak pada perkembangan bisnis Sobat Lakuuu. 
Media sosial dari Instagram ini memiliki pengguna yang aktif, bahkan bisa mencapai 600 juta per bulannya dengan tingkat keterlibatan tertinggi jika dibandingkan dengan platform media sosial lain. 
Fakta ini tentu bisa membuat Instagram menjadi sangat menarik, terlebih bagi seorang marketer yang memang sedang berusaha untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan masyarakat umum. 

Cara Meningkatkan Customer Engagement

Namun, tentunya Sobat Lakuuu juga mengerti bahwa perhatian dari masyarakat umum ini tidak bisa didapatkan begitu saja, melainkan harus diupayakan semaksimal mungkin. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa Sobat Lakuuu lakukan dalam mendapatkan perhatian dari masyarakat umum atas bisnis Sobat Lakuuu melalui Instagram.

1. Gunakan Warna yang Kuat dan Solid

Hal pertama yang harus Sobat Lakuuu lakukan adalah melakukan yang tidak dilakukan oleh kebanyakan orang. Semua kompetitor Sobat Lakuuu mungkin hanya akan melakukan berbagai hal yang telah dilakukan oleh kebanyakan orang, dan berharap akan mendapatkan reaksi yang baik. 

Namun, pada kenyataannya Sobat Lakuuu pun harus menjadi sesuatu yang berbeda dari kebanyakan kompetitor Sobat Lakuuu. Tampilkan sesuatu yang unik dan berbeda, sehingga Sobat Lakuuu bisa menarik perhatian calon konsumen dalam sekejap. Untuk itu, Sobat Lakuuu bisa menggunakan warna-warna yang kuat dan solid untuk menonjolkan produk Sobat Lakuuu tersebut.

2. Gunakan Ajakan Menarik

Sama halnya dengan strategi pemasaran online lainnya, maka Sobat Lakuuu juga memerlukan ajakan yang kuat untuk menarik perhatian calon pembeli. Sobat Lakuuu hanya akan mendapatkan konversi jika Sobat Lakuuu memberitahu pihak followers tentang apa yang harus dilakukan. 

Ajaklah para calon konsumen ini untuk mendaftar ke email Sobat Lakuuu, membeli produk Sobat Lakuuu, atau sekedar subscribe produk Sobat Lakuuu. Jika Sobat Lakuuu tidak memberikan ajakan yang jelas, maka kemungkinan kecil tidak akan ada tindakan apapun yang Sobat Lakuuu dapatkan. 

Dalam hal ini, Sobat Lakuuu harus menyertakan tautan Sobat Lakuuu di profil Instagram, karena aplikasi Instagram sendiri tidak akan membiarkan Sobat Lakuuu ngepost tautan secara langsung. Jika ada orang yang menyukai foto Sobat Lakuuu, tawarkan pesan kondisional yang mengajaknya untuk membeli produk Sobat Lakuuu.

3. Dorong Followers Untuk Berdiskusi

Sebuah ajakan untuk melakukan tindakan yang kuat akan mendorong beberapa tingkat keterlibatan dan sebuah diskusi dari para calon konsumen Sobat Lakuuu. Sobat Lakuuu bisa menuliskan sebuah pendapat yang kuat, sehingga bisa mengundang sudut pSobat Lakuuung kontras dari para pengikut di media sosial. 

Tujuan dari pengaplikasian customer engagement adalah untuk bisa membuat para pengikut Sobat Lakuuu berbicara di antara satu dengan lainnya. Setelah Sobat Lakuuu mendapatkan dua atau tiga komentar, dan diskusi sudah mulai berlangsung, maka Sobat Lakuuu pun bisa turut terlibat dalam memberikan pendapat.

4. Gunakan Hashtag yang Tepat

Perlu Sobat Lakuuu ketahui bahwa hashtag merupakan saluran yang cukup kuat untuk mencapai stabilitas yang lebih baik bagi postingan Sobat Lakuuu di Instagram. Orang menggunakan hashtag untuk menemukan gambar yang sesuai dengan sebuah tema. 

Jadi, apapun hashtag yang Sobat Lakuuu gunakan tentu saja bisa meningkatkan peluang gambar Sobat Lakuuu ditampilkan di hasil penelusuran tersebut. Namun, Sobat Lakuuu juga perlu berhati-hati untuk tidak over stuff dimana gambar Sobat Lakuuu akan penuh dengan hashtag. 
Selain beberapa cara diatas, Sobat Lakuuu juga bisa mencoba cara lain dengan menyertakan wajah Sobat Lakuuu, melakukan pengujian atas strategi caption Sobat Lakuuu, melakukan promosi silang, menggunakan fitur InstaStory, dan belajarlah untuk membuat postingan dengan benar.