Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Kenali 8 Tools Penting dalam Google Analytics

by Lakuuu 8 November 2021

tools-penting-google-analytics
Google Analytics merupakan alat yang harus dimiliki oleh para pebisnis. Tidak hanya berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak jumlah pengunjung yang datang ke website, tetapi juga menampilkan produk terlaris, tingkah laku pengunjung, informasi visitors dan data penting lainnya.

Di dalam Google Analytics setidaknya ada 8 tools penting yang memiliki peran dan fungsinya masing- masing yang tentu saja dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Apa saja itu? Berikut informasinya.

1.Main Dashboard

Tools yang satu ini merupakan yang paling dasar di dalam Google Analytics.

Di sini, Sobat Lakuuu akan disuguhkan dengan dua jenis data yang memiliki fungsinya masing-masing.

Data yang paling atas akan menampilkan jumlah pengunjung yang datang ke situs bisnis Sobat Lakuuu, durasi sesi dan bounce rate. Sedangkan, data di bawahnya akan menunjukkan pengguna aktif, halaman teratas, asal negara pengguna, dan hal lain yang berhubungan dengan pengunjung.

Tentu saja, kedua matriks di atas sangat berguna untuk memberikan gambaran besar, bagaimana visitors yang mengunjungi situs Sobat laku.

2. Realtime

Tools yang satu ini akan menginformasikan data secara realtime alias langsung. Tidak hanya itu, tools ini juga mampu menunjukkan lokasi pengunjung, menarik bukan?

Adapun kelebihan lain dari tools Realtime ini adalah alat ini mampu mengukur performa campaign marketing yang tengah atau sudah dijalankan. Jika Sobat Lakuuu ingin mengumpulkan data sumber traffic website, maka Realtime adalah tools yang tepat.

3. Audience

Nah, tools ini mampu memberitahukan kepada Sobat Lakuuu latar belakang dari website visitors, seperti umur, gender, hingga demografi secara lengkap.

Di samping itu, Sobat Lakuuu dapat mengetahui apa saja yang menjadi minat, serta melihat lokasi dari masing-masing pengunjung.

4. New Vs Returning

Sesuai namanya, Sobat Lakuuu bisa mengadakan analisis, jumlah pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi situs, dan berapa banyak pengunjung lama yang balik kembali.

Tools ini akan sangat membantu Sobat Lakuuu, khususnya untuk membuat suatu konten yang menarik perhatian pengunjung baru, dan mempertahankan pengunjung lama untuk datang kembali.

5. Frequency and Recency

Dalam tools frekuensi, Sobat Lakuuu dapat mengetahui seberapa sering pengunjung kembali mengunjungi websote Sobat Lakuuu dalam rentang waktu tertentu.

Berbeda dengan frekuensi, keterkinian menunjukkan jangka waktu sejak pertama kali audiens berkunjung ke situs.

6. Acquisition

Alat Acquisition itu akan memudahkan Sobat Lakuuu untuk mengetahui dari mana saja pengunjung mengakses sumber hingga masuk ke dalam website.

Jika Sobat Lakuuu menjalankan iklan melalui Google Ads, maka seluruh data perihal iklan dan pengunjung yang tertarik dengan iklan, dapat dilihat langsung melalui Acquisition.

7. Behavior

Untuk tools yang satu ini dijamin dapat membantu Sobat Lakuuu, khususnya menunjukkan bagaimana performa konten di dalam website.

Tidak hanya mengetahui performa konten saja, Behavior juga menampilkan lama pengunjung berada di dalam satu halaman, serta menunjukkan banyaknya pengunjung yang meninggalkan halaman, tanpa melakukan engagement.

8. Conversions

Tools terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan Sobat Lakuuu untuk menunjukkan matriks konversi visitors sesuai dengan tujuan dari konversi bisnis.

Di tools ini, Sobat Lakuuu bisa melihat data total pendapatan dan banyaknya transaksi.