Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

7 Contekan Topik Konten Untuk Media Sosial

by Lakuuu Team 16 October 2021

topik-konten-media-sosial
Apakah Sobat Lakuuu pernah mendengar istilah, konten merupakan mata uang baru?Jika iya, penyebutan tersebut bukan tanpa sebab, loh! Pasalnya, konten memang sumber penghasilan bagi setiap orang yang bergerak di bidang digital marketing, khususnya pebisnis.

Dengan konten yang menarik, tidak hanya mendapatkan engagement media sosial yang tinggi, tapi juga bisa meningkatkan penjualan.

Memang, bikin konten tidaklah mudah dan dibutuhkan content planning yang mantap. Berikut, 7 contekan topik konten untuk media sosial bisnis yang bisa Sobat Lakuuu gunakan.

7 Contekan Tema Konten Digital Marketing untuk Media Sosial Bisnis


Perlu diingat, bahwa tidak setiap topik atau tema di bawah ini bisa diangkat dan digunakan sebagai konten di media sosial bisnis Sobat Lakuuu.

Jenis atau topik konten haruslah berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, mudah dipahami, serta mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh niche Sobat Lakuuu. Berikut 7 contekan topik media sosial yang bisa dicoba. 

1. Berita Terkini

Topik terkini yang sedang panas diperbincangkan di dalam niche bisa banget untuk dijadikan konten yang pastinya mengundang banyak perhatian, dan meningkatkan engagement.

Sobat Lakuuu bisa mencari tahu tentang berita terkini atau tema yang sedang hangat di media sosial, seperti TikTok, Instagram dan bahkan Facebook, atau platform tanya jawab seperti Quora.

Tapi, Sobat Lakuuu harus waspada, karena berita yang sedang terbakar-bakar, biasanya akan mudah cepat padam atau basi. Maka dari itu, pastikan Sobat Lakuuu membuat kontennya sesegera mungkin.

2. Tips dan Trik

Tema konten selanjutnya yang bisa dijadikan bahan inspirasi konten yang menarik adalah tips dan trik. Ini akan sangat mengundang banyak perhatian, sehingga Sobat Lakuuu harus bisa menyajikannya dengan menarik dan persuasif.

Karena jenis konten ini sangat bermanfaat dan hampir pasti mampu memecahkan masalah niche atau target market, coba selipkan produk atau jasa yang Sobat Lakuuu jual yang tentu saja masih berhubungan dengan topik pembahasan.

Konten tips dan trik, khususnya di Instagram memiliki peluang besar untuk disimpan bagi para pengguna, dan lebih banyak di-comment. Semakin banyak engagement yang didapat suatu akun, semakin besar peluang konten tersebut dilihat oleh lebih banyak orang.

3. Behind the Scenes

Sobat Lakuuu, salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membangun rasa kepercayaan pada pembeli.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan merekam kegiatan bisnis Sobat Lakuuu di balik layar. Hal ini bisa tentang cara pembuatan produk, proses quality control dan pengemasan, hingga saat photoshoot produk.

BTS atau behind the scene ini juga mampu menarik banyak orang untuk menyaksikannya, khususnya jika disuguhkan dalam bentuk video.

4. Fakta Unik

Selain menarik, konten dengan topik fakta-fakta unik juga sangat informatif dan berpeluang besar untuk mendapatkan eksposur dan engagement yang tinggi, baik berupa like, comment, atau save.

Coba sajikan fakta unik yang berhubungan dengan produk yang Sobat Lakuuu jual. Misalkan, Sobat Lakuuu menjual produk perawatan yang mengandung Niacinamide. Buatlah satu konten khusus yang membahas fakta unik tentang bahan tersebut.

Atau, jika Sobat Lakuuu menawarkan jasa pribadi untuk membuat content writing, informasikan fakta unik kenapa orang-orang harus menggunakan jasa Sobat Lakuuu untuk menulis konten.

5. Tutorial

Konten dengan jenis tutorial sangat banyak digunakan, khususnya di dalam bisnis kecantikan, seperti tutorial makeup, tutorial menggunakan concealer yang benar, atau tutorial menggunakan eyeliner.

Konten tutorial pada pada dasarnya merupakan konten yang menginformasikan langkah-langkah atau step-by-step dalam mengerjakan sesuatu. Dengan demikian, konten tutorial tidak hanya bisa dilakukan di dalam dunia bisnis kecantikan saja.

6. Mitos Vs Fakta

Tentu saja, di setiap bidang bisnis setidaknya memiliki beberapa mitos yang dipercayai oleh sebagian besar orang yang tidak terjun ke dalam bisnis tersebut.

Dalam konten ini, Sobat Lakuuu bisa menginformasikan fakta yang sebenarnya, sekaligus mengedukasi orang-orang perihal bidang bisnis tersebut.

Konten dengan tema mitos atau fakta ini terbukti mendapatkan cukup banyak perhatian, mengingat sifatnya yang informatif.

7. Giveaway

Strategi konten marketing yang terakhir adalah giveaway. Nyatanya, konten yang memberikan hadiah secara cuma-cuma ini masih diminati oleh banyak pengguna internet, khususnya media sosial.

Teknis pelaksanaanya cukup mudah. Akun yang mengadakan giveaway memberikan beberapa peraturan yang perlu ditaati oleh para partisipan, seperti mentioned sejumlah akun di kolom komentar, membagikan posting-an giveaway, atau follow akun.

Dengan “memaksa” para partisipan untuk melakukan interaksi ini, akun yang mengadakan giveaway tersebut akan mendapatkan lebih banyak perhatian yang kemudian meningkatkan jumlah engagement media sosialnya.