Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Tren Teknologi Tahun 2021 yang Sudah Banyak Digunakan

by Lakuuu 28 January 2022

tren-teknolog
Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2022, tahun yang Penuh dengan harapan. Sudah banyak hal yang terjadi selama tahun 2021 ini. Salah satunya adalah perkembangan teknologi yang awalnya berasal dari rasa penasaran manusia, dan akhirnya menjadi suatu produk jadi.

Sebelum mengakhiri tahun 2021 ini, tidak ada salahnya untuk throwback singkat tentang perkembangan dan inovasi teknologi sepanjang tahun 2021 yang diprediksi akan semakin banyak bermunculan dan digunakan dalam waktu yang cukup lama. Apa saja?

1.    Smartphone lipat

Adanya inovasi yang cukup “gila” ini datang dari Samsung, dimana mereka ingin membuat satu smartphone layar lipat layaknya ponsel lipat zaman dulu. Tentu saja, jika kita mendengar ide ini untuk Pertama kalinya, kata yang spontan akan kita ucapkan adalah “mustahil”.

Tapi, akhirnya, Samsung berhasil menciptakan lini produk terbaru mereka, yaitu Samsung Galaxy Z series, di mana semua smartphone di series ini bisa dilipat dengan mudah.

Tentu saja, hal tersebut menjadi tambahan nilai jual tersendiri bagi Samsung, sebagai pelopor smartphone layar lipat Pertama. Kini, sudah banyak brand yang mencoba untuk mengikuti jejak Samsung dan menghadirkan smartphone layar lipat versi mereka sendiri.

2.    Self-driving car

Self-driving car juga dikenal dengan autonomous car menjadi salah satu teknologi yang mampu membawa penumpang, tanpa harus dikemudikan oleh driver. Teknologi ini sangat sering diperdebankan dari dulu, Bahkan di saat tahap rancangannya.

Tapi kini, self-driving car diadaptasi oleh banyak mobil-mobil mewah, seperti Tesla yang memang sudah memasukkan self-driving car system ke dalam lini mobilnya.

3.    Kereta hyperloop

Hyperloop diperkenalkan langsung oleh CEO Tesla, yang juga merupakan sekaligus founder dari The Boring Company, Elon Musk.

Elon memiliki ambisi untuk mendorong kota-kota besar agar memiliki transportasi yang aman, cepat, dan mampu mengangkut banyak penumpang dalam satu waktu. Hyperloop ini diprediksi akan mampu membawa 20-40 penumpang dengan kecepatan 1,700 km/jam.

4.    Mesin pelipat baju otomatis

Sobat Lakuuu yang memiliki jasa binatu pasti sering direpotkan dengan banyaknya pakaian yang harus dilipat, kan? Selain melelahkan, hal tersebut juga tidak efektif dilakukan.

Untungnya, sudah ada inovasi alat pelipat baju otomatis, yang bisa langsung melipat pakaian Sobat Lakuuu, tanpa harus menunggu lama. Pekerjaan jadi cepat selesai, dan Sobat Lakuuu bisa menghemat biaya operasional juga.

5.    Skateboard terbang

self-balancing scooter atau yang akrab disebut dengan hoverboard itu, memang langsung menyita banyak orang untuk membeli dan mencoba langsung produk yang mengandalkan keseimbangan tubuh penggunanya.

Hoverboard yang kita lihat atau bahkan miliki sekarang ini, ternyata hanyalah model awal saja. Konsep awal dari produk ini adalah didesain tanpa roda, dan dapat melayang.

Sudah ada beberapa perusahaan besar yang tengah mencoba untuk mengembangkan hoverboard masa depan tersebut, agar bisa melayang dengan sempurna. Kita nantikan saja kehadirannya, ya!