Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Simak Alasan Pentingnya UMKM Indonesia Harus Go Digital!

by Lakuuu Team - 7 August 2021

umkm-indonesia-go-digital
Pentingnya UMKM harus berupaya sedikit demi sedikit berubah ke arah digital berdampak pada berbagai hal. Pasalnya, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan berbagai sektor segera beradaptasi serta mengikuti kemajuan zaman ini.

Melalui digitalisasi semua hal menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, juga sangat cocok dan ideal untuk masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Pasalnya, Sobat Lakuuu tetap bisa melakukan interaksi dengan pembeli tanpa harus melakukan kontak fisik.

Sebenarnya dari segi kualitas UMKM Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus. Akan tetapi, biasanya para pelaku usaha UMKM ini terkendala pada bagian sistem pemasarannya. Kebanyakan para pelaku UMKM belum mengetahui pemasaran melalui sistem online atau digital.

Pentingnya UMKM Indonesia, Harus Go Digital

Banyak keuntungan dan kelebihan yang akan didapatkan dari segi penjual maupun pembeli. Simak ulasannya berikut ini.

Merambah Pasar yang Lebih Luas

Bagi Sobat Lakuuu yang sering terkendala mengenai distribusi produk bisa beralih menggunakan sistem digital. Melalui proses digitalisasi Sobat Lakuuu bisa merambah pasar yang lebih luas. Sehingga distribusi produk menjadi lebih mudah tanpa terhalang waktu maupun jarak.

Sobat Lakuuu hanya perlu memantaunya melalui media sosial ataupun website. Lalu aktif merespon berbagai pertanyaan dan permintaan dari pembeli.

Apabila Sobat Lakuuu masih menggunakan sistem konvensional tentu saja target pasar hanya itu-itu saja. Sehingga kemungkinan untuk usaha berkembang lebih besar akan sedikit sulit.

Tidak Terikat Waktu dan Tempat

Ketika Sobat Lakuuu tertidur pulas pun transaksi jual beli melalui sistem digital ini akan terus berjalan. Sehingga bisnis yang Sobat Lakuuu jalankan juga tidak mengenal waktu untuk tutup. Pembeli bisa bebas membeli produk yang mereka inginkan kapan dan di manapun.

Selain itu, pentingnya UMKM go digital ini penjual juga tidak terikat dengan waktu maupun tempat. Apabila Sobat Lakuuu memiliki pekerjaan yang lainnya, masih bisa mengerjakannya tanpa mengganggu bisnis online yang sedang berjalan.

Akan tetapi, Sobat Lakuuu harus tetap mempertahankan konsistensi dalam merespon pembeli. Pembeli juga kurang menyukai tipe penjual yang slow respon.

Budget Pengeluaran Lebih Kecil

Pentingnya UMKM untuk melakukan digitalisasi ini karena lebih menghemat budget pengeluaran Sobat Lakuuu. Biasanya pemasaran secara konvensional menuntut Sobat Lakuuu untuk menyewa ruko, memasarkan melalui brosur, dan lain-lain.

Tentu saja biaya yang dibutuhkan lebih banyak daripada melakukan bisnis secara online. Melalui website atau marketplace Sobat Lakuuu tinggal mengunggah foto dan deskripsi produk.

Setelah itu, pembelilah yang akan melihat dan bertanya-tanya terhadap produk tersebut. Apabila Sobat Lakuuu belum memiliki website, jangan khawatir. Lakuuu Indonesia menawarkan platform pembuatan website yang mudah digunakan memasarkan produk Sobat Lakuuu.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau dan banyak promo menarik. Selain itu, Sobat Lakuuu juga bebas berekspresi sekreatif mungkin. Melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Sobat Lakuuu bisa memasarkan produk dengan fitur-fitur yang terlihat menarik.

Pertumbuhan Pengguna Media Sosial Semakin Pesat

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dari hari ke hari ini membuat penggunanya juga bertambah. Apalagi situasi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. Membuat banyak orang menghabiskan waktu di rumah saja sesuai protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, hiburan satu-satunya yang bisa dilakukan kebanyakan orang yaitu bermain media sosial. Pentingnya UMKM untuk segera go digital ini sangat selaras dengan situasi yang dihadapi.

Selain itu, digitalisasi ini juga tidak terbatas pada usia. Siapa saja bisa bebas mengakses media sosial bahkan anak bayi zaman sekarang juga sudah diberi akses smartphone.

Omzet Meningkat Pesat

Melalui pemasaran berbasis digital tentunya pemasukan atau omzet yang diperoleh juga meningkat. Pasalnya pembeli yang Sobat Lakuuu hadapi berasal dari berbagai daerah serta tidak memandang usia.

Apalagi jika produk yang Sobat Lakuuu pasarkan jenisnya bisa digunakan berbagai usia. Tentu saja akan menarik perhatian banyak pembeli untuk datang.

Namun sebelumnya Sobat Lakuuu harus melakukan riset harga terlebih dahulu. Agar harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal ataupun murah. Akan tetapi, sudah sesuai dengan standar produk yang ada pada marketplace tersebut.

Tampilan UMKM Lebih Terlihat Profesional

Pentingnya UMKM berbasis digital ini juga berdampak pada kesan dan image yang dimiliki UMKM. Melalui pemasaran berbasis digital dengan website dan media sosial. Produk beserta UMKM ini lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Sehingga UMKM ini dapat memperoleh nilai lebih dari masyarakat apalagi pembeli. Bahkan jika Sobat Lakuuu menggunakan packaging yang anti mainstream.

Lalu brand yang mudah diingat pasti banyak pembeli yang membeli produk yang dihasilkan UMKM tersebut. Bahkan hingga menjadi pelanggan setia produk UMKM tersebut.

Selain itu, sudah sewajarnya sebagai masyarakat Indonesia saling mendukung usaha mikro dan menengah ini agar senantiasa mendominasi pasar yang ada di Indonesia. Mengingat betapa pentingnya UMKM.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

alasan-kompetitor-tawarkan-harga-murah
Insight
Perang Harga, Ini Alasan Kompetitor Tawarkan Harga Murah
Menjalankan suatu bisnis pasti tidak terhindar dari yang namanya perang harga, yaitu kondisi dimana antar pebisnis saling bersaing dengan menurunkan harga demi ...
bisnis-rumahan-yang-menguntungkan
Insight
Ini 5 Daftar Bisnis Rumahan 2021 yang Menguntungkan
Pada tahun ini, peluang usaha rumahan tengah marak dan digandrungi oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak? Anda dapat dengan mudah menjalankan bisnis ini ...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...