Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pemula Wajib Tau Pengertian Web Hosting, Fungsi dan Jenisnya!

by Lakuuu 27 October 2021

web-hosting
Mungkin sebagian dari Sobat Lakuuu sedang bertanya-tanya, apakah itu web hosting? Web hosting merupakan layanan online yang berguna untuk mengonlinekan sebuah website atau aplikasi web di internet. Nah, berikut di bawah ini adalah pengertian, fungsi, dan jenis web hosting yang Sobat Lakuuu perlu tahu, terutama jika Sobat Lakuuu semuanya masih newbie dalam perkara web hosting ini! 

Pengertian Web Hosting 

Web hosting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan segala macam file dan data website sehingga bisa diakses melalui internet oleh banyak orang. File serta data website tersebut terdiri dari bermacam-macam jenis seperti video, images, email, aplikasi, database, dan juga script. Nah, apabila Sobat Lakuuu tidak mempunyai hosting, maka Sobat Lakuuu semua juga tidak bisa membuat website. Jadi, ketika Sobat Lakuuu ingin membuat website, maka Sobat Lakuuu harus menyewa hosting terlebih dahulu. 

Analoginya seperti ketika Sobat Lakuuu ingin membuat rumah, maka semakin besar rumah yang ingin dibangun, maka semakin besar pula tanah yang harus Sobat Lakuuu miliki. Sama halnya dengan membuat website, semakin Sobat Lakuuu ingin membuat website dengan kapasitas serta performa yang tinggi, maka Sobat Lakuuu juga harus menggunakan hosting dengan sumber daya yang besar. 

Sobat Lakuuu bisa mendapatkan hosting di layanan penyedia hosting yang sekarang ini banyak sekali beredar. Namun, sebelum memilih Jasa hosting Sobat Lakuuu semua harus pintar-pintar menyeleksi sekiranya mana jasa hosting yang berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan Sobat Lakuuu. Jangan, lupa juga untuk memilih jasa hosting yang sesuai dengan budget yang Sobat Lakuuu miliki, ya! 

Fungsi Web Hosting 

Fungsi web hosting yang pertama adalah sebagai tempat penyimpanan data atau file dari website atau aplikasi online. Dengan demikian maka data serta file tersebut bisa diakses dengan mudah oleh banyak orang melalui internet. 

Fungsi selanjutnya dari web hosting adalah untuk alamat akses atau link website. Selain itu, web hosting ini juga berfungsi sebagai redireksi dari sebuah DNS. Jadi, ketika website Sobat Lakuuu sudah terdaftar di DNS, namun tidak dimasukkan ke dalam web hosting, website Sobat Lakuuu tersebut tidak akan bisa diakses oleh orang lain. Nantinya, jika ada orang yang ingin mengakses website Sobat Lakuuu maka akan muncul keterangan error yang mengindikasikan bahwa website tersebut tidak bisa diakses. 

Fungsi lainnya dari web hosting adalah untuk menjaga website tetap online. Dengan demikian maka website anda pun akan bisa diakses kapan saja serta dimana saja. Apabila Sobat Lakuuu tidak mempunyai hosting, maka website Sobat Lakuuu pun tidak akan bisa diakses atau digunakan. 

Jenis-Jenis Web Hosting 

Jenis web hosting pertama yang wajib Sobat Lakuuu tahu adalah Shared Hosting. Jenis ini merupakan salah satu jenis web hosting yang paling popular. Jenis web hosting yang satu ini cocok banget Sobat Lakuuu gunakan untuk blog dan website yang masih simple. Dengan menggunakan Shared Hosting ini maka Sobat Lakuuu akan berbagi server dengan pengguna lain pada provider hosting yang sama. Dengan demikian website yang dionlinekan di server yang sama maka akan berbagi semua resources termasuk computing power, memori, disk space dan masih banyak lagi lainnya. 

Jenis web hosting selanjutnya adalah VPS hosting. Sama halnya dengan shared hosting, apabila Sobat Lakuuu menggunakan hosting yang satu ini maka Sobat Lakuuu masih akan berbagi server dengan pengguna lain. Namun, penyedia jasa hosting akan memberikan ruangan tersendiri bagi Sobat Lakuuu. Sehingga Sobat lagi bisa memiliki dedicated space server serta sejumlah computing power dan memory sendiri. Hosting ini cocok banget buat Sobat Lakuuu yang mempunyai website bisnis dengan traffic yang tinggi. 

Cloud Hosting adalah paket hosting yang juga sangat popular di kalangan pengguna website karena jarang sekali mengalami downtime. Dengan hosting ini maka Sobat Lakuuu bisa menggunakan sekelompok atau beberapa server. File serta resources Sobat Lakuuu akan direplikasi pada setiap server yang Sobat Lakuuu gunakan. Jadi, ketika ada salah satu server Sobat Lakuuu yang down atau sibuk, maka secara otomatis traffic situs Sobat Lakuuu akan me-route nya ke server lain yang masih dalam satu cluster. 

Selanjutnya, Sobat Lakuuu juga bisa menggunakan yang namanya WordPress hosting yang tak lain dan tak bukan adalah Shared hosting khusus untuk pengguna website WordPress. Sever pada hasting ini telah dikonfigurasi sedemikian khusus untuk WordPress dan sudah dilengkapi dengan plugin siap pakai yang bisa Sobat Lakuuu gunakan untuk bermacam hal termasuk caching dan juga keamanan. Karena konfogurasinya sudah maksimal, maka situs Sobat Lakuuu bisa loading lebih cepat dan jauh dari masalah. 

Yang terakhir ada dedicated hosting yang khusus untuk situs Sobat Lakuuu sendiri. Hosting yang satu ini memiliki server fisik tersendiri sehingga penggunaanya begitu fleksibel. Dengan dedicated hosting ini Sobat Lakuuu bisa mengkonfigurasikan sistem operasi serta software yang akan Sobat Lakuuu gunakan. Sobat Lakuuu juga bisa mengatur setup keseluruhan element hosting yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Lakuuu. Nah, kira-kira Sobat Lakuuu akan menggunakan web hosting apa untuk website Sobat Lakuuu semua?