Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Website vs Marketplace: Jualan Dimana Lebih Untung?

by Lakuuu Team 27 August 2021

website-vs-marketplace
Website vs marketplace pada dasarnya memang memiliki kegunaan yang berbeda, sebab dari definisinya sudah berbeda juga. Oleh karena itu perlu pemahaman khusus supaya kedua istilah tersebut tidak salah arti.

Pasalnya kedua istilah tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian keduanya itu.

Secara umum, website adalah sekumpulan page yang isinya adalah sebuah informasi yang bisa Sobat Lakuuu akses dengan koneksi. Selain itu, website akan tergabung dalam subdomain atau domain dan termasuk ke dalam WWW.

Sementara itu, marketplace adalah sebuah website online yang sangat berguna untuk kegiatan jual beli online. Secara umum, marketplace online ini juga mempunyai konsep sedikit berbeda daripada pasar tradisional.

Website Vs Marketplace untuk Jualan Online, Lebih Bagus yang Mana? Ini Penjelasannya!

Sekarang ini kita sedang hidup di zaman yang serba canggih dan modern karena semuanya bisa dilakukan dengan cara online. Seperti masa pandemi sekarang ini yang membuat banyak orang untuk tidak keluar rumah dan melakukan kegiatannya hanya dari rumah.

Untuk berbelanja sendiri, mereka juga melakukannya secara online alias menggunakan platform tertentu. Jadi tak heran jika sekarang ini banyak orang yang berlomba-lomba berbisnis secara online.

Perlu Sobat Lakuuu ketahui, bahwa keberadaan sebuah platform tertentu akan memudahkan seseorang untuk melakukan belanja. Sebab, keberadaannya maka seseorang bisa dengan mudahnya untuk berbelanja hanya dengan menggunakan jari.

Bagaimana tidak, Sobat Lakuuu pun bisa menggunakan platform tersebut untuk dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Misalnya saja seperti website juga marketplace. Namun jangan sampai salah, bahwa keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Jualan Online di Website

Jika Sobat Lakuuu akan menjual produk secara online, maka website vs marketplace bisa menjadi pilihan yang tepat dan simpel. Namun pada pembahasan kali ini kita akan membahas seputar berjualan di website terlebih dahulu.

Berjualan jasa maupun produk dengan menggunakan toko online tentunya akan lebih bebas dan mudah. Berbeda lagi jika dengan berjualan di marketplace, yang mana akan menuntut Sobat Lakuuu agar mematuhi peraturannya.

Pasalnya memiliki website adalah salah satu keharusan jika Sobat Lakuuu ingin menekuni usaha melalui toko online. Sehingga dengan cara seperti ini, maka Sobat Lakuuu tidak hanya bisa melakukan berjualan saja, melainkan bisa membangun brand juga.

Kelebihan dan Kekurangan Website

Kelebihan website vs marketplace pada dasarnya memang sangat berbeda dan bervariasi. Pada website Sobat Lakuuu bisa dengan mudah untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Sebab website sendiri memang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja dengan syarat memiliki koneksi internet yang stabil. Tidak hanya itu saja, melainkan Sobat Lakuuu juga akan lebih mudah untuk memperoleh informasi dengan cara yang cepat dan praktis.

Hal ini karena di website, Sobat Lakuuu dapat menampilkan berbagai informasi seputar kebutuhan yang akan dibutuhkan oleh pengguna. Selain itu, website juga bisa untuk melindungi brand Sobat Lakuuu yang dijual pada toko online tersebut.

Namun website juga memiliki kekurangan seperti target pengunjung yang sedikit sulit untuk Sobat Lakuuu capai. Sebab ketika pertama kali membangun website, maka Sobat Lakuuu sedikit kesulitan untuk memperoleh traffic.

Jualan di Marketplace

Website vs marketplace merupakan dua toko online yang bisa Sobat Lakuuu jadikan untuk tempat berjualan barang dan jasa. Marketplace merupakan pasar elektronik sebagai tempat dalam melakukan jual beli jasa atau barang.

Sementara itu, marketplace juga dibedakan menjadi tiga bagian yang berbeda, yaitu B2B, B2C dan C2C. Marketplace juga memiliki sejarah perkembangan yang awalnya dimulai sejak tahun 1998 dan masih menggunakan perangkat komputer.

Untuk cara kerja di marketplace sendiri menang sangat mudah misalnya seperti Tokopedia dan BukaLapak. Keduanya merupakan pemimpin ekosistem marketplace yang tidak menawarkan produk untuk dijual langsung kepada pelanggan.

Berkat kehadirannya itu, tentu sangat menguntungkan bagi semua orang yang ingin berjualan online termasuk Sobat Lakuuu. Oleh sebab itu, Sobat Lakuuu juga bisa menggunakan platform tersebut untuk bertransaksi secara online dengan mudah.

Kelebihan dan Kekurangan Marketplace

Persaingan antara website vs marketplace memang bisa dengan mudah untuk ditinjau dari banyaknya modal yang akan dikeluarkan. Smentara itu menggunakan marketplace Sobat Lakuuu tidak akan menggunakan biaya yang sangat banyak.

Selain itu di marketplace juga akan memungkinkan Sobat Lakuuu untuk bisa memulai usaha online kapan saja. Sebab, Sobat Lakuuu cukup memilih marketplace mana yang cocok untuk digunakan.

Namun platform tersebut juga memiliki beberapa kekurangan yaitu seperti margin keuntungannya sangat terbatas. Hal ini karena di marketplace sudah ada banyak orang yang berlomba-lomba menjual barang atau jasa mereka.

Website vs marketplace memang sebuah tempat yang bisa Sobat Lakuuu gunakan untuk berjualan online secara mudah dan efisien. Nah setelah mengetahui pengertian, kelebihan dan kekurangan masing-masing Sobat Lakuuu mau pilih yang mana?