Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Dijamin Ampuh Menarik Audiens dengan YouTube Shorts

by Lakuuu 12 November 2021

you-tube-shorts
Belum lama ini, lebih tepatnya pada tanggal 23 Juli 2021, Indonesia diperkenalkan dengan fitur terbaru dari YouTube bernama YouTube Shorts. 

Salah satu fitur yang nantinya akan menjadi andalan platform video streaming merah itu, nantinya akan memungkinkan para penggunanya untuk mengabadikan video berdurasi singkat, layaknya TikTok dan Instagram Reels, lengkap dengan musik, efek-efek lucu, dan teks, caption, dan sebagainya.

Lantas, kenapa Sobat Lakuuu khususnya yang seorang YouTuber atau yang hendak membuka kanal YouTube, harus coba menggunakan YouTube Shorts ini?

Apa itu YouTube Shorts?

Tak kenal, maka tak sayang! Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, YouTube Shorts adalah tempat dimana para content creator berkreasi dengan membuat video berdurasi singkat antara 30-60 detik, yang dilengkapi dengan berbagai musik yang sedang viral, efek, teks, dan caption menarik.

Walau fitur ini terbilang baru, nyatanya YouTube Shorts mengundang banyak perhatian, tidak hanya di kalangan content creators saja, tetapi juga di kalangan selebriti dunia, dalam mempromosikan lagu-lagu baru mereka, salah satunya adalah Ed Sheeran.

Sama seperti Instagram Reels yang mendapatkan lampu sorot, YouTube tampaknya memilih untuk melakukan boosting kepada seluruh pengguna YouTube yang menggunakan YouTube Shorts, agar mendapatkan lebih banyak engagement.

Dengan begitu, ini adalah kesempatan emas bagi seluruh pelaku bisnis, untuk bisa menjangkau lebih banyak pasar melalui YouTube Shorts. Lalu, apa kelebihan lainnya menggunakan fitur YouTube yang sudah tersebar di 100 negara di seluruh dunia ini?

Kelebihan YouTube Shorts untuk Kegiatan Marketing

Tidak hanya di Indonesia, YouTube Shorts memiliki tempatnya tersendiri di hati para YouTuber, khususnya bagi mereka yang ingin menggaet lebih banyak audiens agar meningkatkan engagement.

Sobat Lakuuu yang memiliki usaha atau bisnis, juga bisa memanfaatkan euphoria dari YouTube Shorts. Ada beberapa kelebihan jika Sobat Lakuuu memasukkan YouTube Shorts sebagai media untuk melakukan marketing.

1. Menjangkau lebih banyak penonton

Seperti yang dikatakan sebelumnya, YouTube Shorts akan memaksimalkan video yang di-upload oleh pengguna, sehingga nantinya peluang orang lain untuk melihat YouTube Shorts Sobat Lakuuu menjadi lebih besar, bahkan para pengguna yang belum subscribe channel Sobat Lakuuu sekalipun. 

Cobalah untuk memanfaatkan semua fitur yang dihadirkan di dalam YouTube Shorts, agar video berdurasi singkat Sobat Lakuuu semakin di-boost oleh YouTube.

2. Video search engine

Ini yang dijamin akan disukai oleh banyak marketer. Pasalnya, hanya memasukkan beberapa kata kunci saja di dalam judul YouTube Shorts, maka Shorts Sobat Lakuuu akan muncul dengan mudah, dan secara langsung akan menarik audiens tertarget.

Tentu saja, hal diatas harus didukung dengan kualitas video yang jernih, serta topik yang keren agar semakin banyak orang yang tidak hanya menyaksikan Shorts, tetapi juga membagikannya.

3. Content library

Fitur Shorts memungkinkan para pengguna menambahkan video Shorts secara otomatis ke channel library dan akan ada di dalam library tersebut untuk selamanya.

Hal di atas tentu saja menjadi angin segar bagi para content creators, mengingat ada beberapa platform yang serupa menghilang saat penayangan mulai mengalami penurunan.

Selain itu, adanya fitur content library ini juga mempermudah audiens untuk mengenal brand lebih mudah, sehingga audiens tidak perlu lagi repot-repot mencari video lama Sobat Lakuuu.

4. Tempat untuk eksperimen marketing yang tepat

Kelebihan terakhir yang pastinya disukai oleh banyak content creator adalah YouTube Shorts adalah tempat untuk bereksperimen.

Tidak hanya merekam video berdurasi singkat, tetapi juga di dalamnya terdapat sejumlah efek yang menarik, teks, musik yang sedang kekinian, dan fitur lainnya yang bisa dicoba langsung. 

Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan semua fitur yang ada, agar bisa menjadi sebuah video yang menarik ditonton, dan tentu saja bermanfaat.