Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

10 Cara Memasarkan Produk Secara Online - Update

by Lakuuu Editorial Updated at 27 November 2022

10-cara-memasarkan-produk-secara-online

Hal yang wajar muncul dibenak pengusaha yang ingin merambah ke dunia online adalah ini: 'Bagaimana caranya memasarkan produk secara online?'

 

Gunakan 10 cara memasarkan produk secara online dibawah ini, dijamin Anda akan kebanjiran order. 

 

10 cara ini adalah cara yang sudah terbukti memberikan hasil, oleh sebab itu, jika Anda menerapkannya dengan benar, maka Anda juga akan berhasil.

 

Ikuti Cara-Cara Memasarkan Produk Secara Online Dibawah Ini

 

1. Punya Toko Online

 

Sebelum merambah ke cara kedua dan seterusnya dibawah, yang paling pertama harus ada adalah toko online Anda sendiri. Lewat toko online ini, Anda akan memasarkan produk Anda. Secara logis, kalau Anda mau pasarkan sesuatu secara online, Anda harus punya wadah onlinenya.

 

Toko online adalah wadah yang wajib ada. Jika Anda merasa sulit untuk buat toko online sendiri, Anda bisa gunakan layanan toko online dari Lakuuu ID.

 

2. Lewat Social Media

 

Anda bisa membuat Facebook page misalnya, dan memasang produk Anda disana beserta link ke toko online Anda. Yang juga sedang trend saat ini adalah dengan menggunakan TikTok. Anda bisa membuat halaman bisnis di TikTok dan mulai memposting hal-hal menarik disana. Setelah follower Anda mencapai 1000 orang, Anda baru mulai bisa menambah link ke toko online Anda.

 

3. Lewat Telegram

 

Telegram juga bisa menjadi sarana terbaik atau cara memasarkan produk secara online yang efektif. Di Telegram ada fitur untuk membuat Channel. Di Channel yang Anda buat ini, Anda bisa mempublikasikan informasi tentang produk Anda kepada orang-orang yang bergabung dengan Channel Anda. 

 

Oleh sebab itu, pertama-tama Anda perlu share ke sebanyak mungkin orang informasi tentang Channel Anda dengan tujuan untuk mengajak mereka bergabung dengan Channel Anda tersebut. 


Untuk melakukannya, Anda bisa gabung berbagai komunitas online atau misalnya Facebook Grup dan kemudian berinteraksi disana sambil sesekali meninggalkan link ke Channel telegram Anda. 

 

Setelah Channel Anda terisi, menawarkan produk Anda menjadi hal yang mudah.


 

4. Lewat WhatsApp

 

Cara memasarkan produk secara online lewat WhatsApp kurang lebih mirip dengan menggunakan Telegram. Di WhatsApp, Anda bisa membuat grup dan menarik orang-orang ke grup WhatsApp Anda dengan cara yang kurang lebih sama seperti dengan cara ketiga diatas.

 

Namun saat ini, ada cara lain yang membuat marketing online lewat WhatsApp menjadi lebih efektif. Anda bisa gunakan tools seperti WBSpro untuk broadcasting ke banyak pengguna WhatsApp bahkan tanpa harus punya grup terlebih dahulu. Oleh karena itu, marketing lewat WhatsApp bisa menjadi cara memasarkan produk secara online yang sangat efektif, jika dilakukan dengan benar.

 

5. Lewat Email

 

Di Indonesia, memasarkan produk lewat email tidak terlalu populer karena memang agak sulit. Alasannya karena Anda harus mengumpulkan dulu alamat email orang-orang yang berminat dengan produk Anda, dan ini tidak mudah.

 

Cara mengumpulkan email biasanya dilakukan dengan menawarkan newsletter di toko online Anda. Jadi sewaktu orang datang ke toko Anda entah dari sosial media atau sumber lainnya, mereka bisa ditawari untuk gabung newsletter Anda, dan sebagai imbalan, Anda memberi mereka kupon diskon tertentu.

 

Setelah mereka bergabung, maka Anda bisa mulai mengirim email periodik untuk membuat mereka paham produk Anda. Intinya, lewat email, Anda akan mempersuasi mereka untuk membeli produk Anda.

 

Layanan email marketing seperti diatas bisa Anda lakukan jika Anda punya tools seperti MailChimp, yang harganya juga lumayan. Tapi jika Anda gunakan layanan Lakuuu ID, ini merupakan salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan, dengan harga yang relatif murah.

 

6. Lewat Marketplace

 

Marketplace seperti Tokopedia, Blibli atau Shopee juga bisa Anda gunakan. Tentu Anda sudah tahu hal ini. Tapi yang terbaik adalah, lapak Anda di marketplace-marketplace ini adalah sebagai supplementasi dari keberadaan toko online Anda. 

 

Produk yang bernaung di sebuah toko online mandiri menumbuhkan kepercayaan market, dan keberadaan lapak di marketplace menambahkan kredibilitas kepada Anda sebagai pelaku bisnis dan pemilik produk.

 

Toko online mandiri dan lapak marketplace Anda adalah tandem efektif dalam pemasaran online.

 

7. Dengan Google Ads

 

Google Ads atau iklan berbayar yang bisa didapat dari Google adalah cara bagi Anda untuk mendatangkan pengunjung ke toko online Anda. 

 

Cara kerjanya adalah, ketika orang misalnya mengetikkan kata 'sepatu futsal murah' di Google, maka iklan siapapun yang menargetkan kata kunci tersebut akan muncul.

 

Jika iklan diklik, orang yang klik akan dibawa ke halaman toko online si pengiklan. Jika pengunjung menemukan apa yang dia cari di toko online pengiklan, maka kemungkinan pada akhirnya mereka akan membeli.

 

Google Ads sangat efektif. Tapi mengoperasikannya bukan hal yang mudah meskipun Anda punya budget untuk beriklannya. Jika halnya demikian, Anda bisa gunakan layanan digital marketing dari Lakuuu ID yang selalu siap membantu Anda beriklan di Google.

 

8. Dengan Facebook Ads

 

Facebook Ads juga sangat efektif jika pengiklan paham caranya. Untuk beriklan di Facebook, Anda perlu memilih Interest yang sesuai dengan target pembeli produk Anda. 

 

Misalnya Anda menjual gitar, maka kemungkinan besar, Interest yang bisa ditarget adalah orang-orang yang berada didalam Interest yang berhubungan dengan gitar, seperti misalnya Interest dari nama brand gitar tertentu seperti Fender, Gibson, atau Ibanez.

 

Anda juga harus memilih jenis iklan, apakah untuk engagement, traffic, atau konversi. Anda pun perlu membuat iklan yang relevan dan menyertakan link ke produk yang ada ditoko online Anda.

 

Memang tidak mudah untuk beriklan dengan benar di Facebook Ads. Jika Anda mau melakukannya dengan benar tapi tidak tahu caranya, silakan konsultasikan ini dengan tim digital marketing dari Lakuuu ID.

 

9. Dengan TikTok Ads

 

Tiktok Ads berbeda dengan menggunakan TikTok seperti yang ada di nomor 2 dari cara memasarkan produk secara online diatas. Cara diatas gratis, tapi dengan TikTok Ads, Anda harus keluar biaya.

 

Jika produk Anda menyasar anak-anak muda dan millenial, membuat iklan video di TikTok yang terkoneksi dengan produk di toko online Anda, akan benar-benar menyasar target yang tepat. Target yang tepat akan menghasilkan pembeli.

 

TikTok Ads bahkan lebih powerful dari Facebook Ads jika memang menyasar kalangan muda. Anda mau melakukannya tapi tidak tahu caranya atau tidak mau ribet? Silakan chat di WhatsApp dengan tim digital marketing Lakuuu ID.

 

10. Lewat Blog

 

Blog adalah sarana lain yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk secara online. Jadi, hendaknya toko online Anda juga memilki blog.

 

Setiap blog post Anda pada akhirnya akan bekerja seperti seorang salesman produk Anda. Bayangkan jika Anda punya 100 blog post, itu sama halnya dengan punya 100 salesman yang setiap hari berbicara dengan calon konsumen Anda.

 

Maka, selain punya blog, cobalah posting artikel di blog Anda secara rutin. Seraya waktu berjalan, semua artikel ini akan membawa hasil positif dalam bisnis online Anda.

 

Cara Memasarkan Produk Secara Online Mana Yang Anda Pilih?


cara memasarkan produk secara online

 

Yang sangat mendasar adalah, Anda harus punya toko online, baru kemudian Anda bisa gunakan salah satu cari dari nomor 2-10 diatas untuk mendatangkan pembeli ke toko online Anda.

 

Untuk membuat toko online sendiri, Anda bisa gunakan layanan toko online Lakuuu ID. Sedangkan untuk 9 cara memasarkan produk secara online lainnya diatas, Anda bisa gunakan layanan digital marketing dari Lakuuu ID bernama Kreanifity.

 

Sukses siap digenggam jika Anda bertindak untuk memasarkan produk Anda secara benar.