Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Cara Menentukan Harga Jual Produk Dalam Bisnis Online

by Lakuuu Editorial Updated at 7 November 2022

cara-menentukan-harga-jual-produk

Harga jual produk merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia bisnis. Penentuan harga jual produk harus dilakukan dengan tepat mempertimbangkan berbagai hal yang ada. Cara mempertimbangkan harga jual produk sangat penting untuk dipelajari sehingga bisa menentukan harga jual bisa pas dan dapat diterima oleh calon pembeli. 

Penentuan harga jual produk ini bisa didasarkan oleh berbagai faktor. Dalam penentuan harga jual, Anda harus bersiap untuk potensi adanya kegagalan bisnis. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis yang baik maka Anda harus paham bagaimana cara menentukan harga jual produk yang tepat sehingga tidak akan mengalami kerugian di kemudian hari. 

Apa Itu Harga Jual Produk?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara untuk menentukan harga jual produk Anda harus pahami dulu yang dimaksud dengan harga jual. Pada dasarnya harga jual merupakan saran harga yang akan dibebankan kepada pembeli dan diperoleh dari cara perhitungan biaya produksi yang ditambahkan dengan non produksi serta laba yang diharapkan.

Dalam penentuan harga produk ini ada berbagai variabel yang berpengaruh dalam menentukannya. Variabel tersebut diantaranya laba perusahaan, elastisitas permintaan, persaingan pasar, sasaran produk, produk dan permintaan dari pelanggan. 

Banyaknya variabel tersebut yang mengharuskan Anda untuk betul-betul mempertimbangkan resiko yang nantinya akan dihadapi pada saat sudah menentukan harga jual. Resiko yang akan dihadapi diantaranya sebagai berikut.

  • Apabila Anda menetapkan harga jual produk yang murah maka bisa berimbas pada produk yang akan terjual dalam jumlah yang banyak. Tetapi ini bukan hal yang baik karena kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dengan harga jual yang murah yaitu hanya sedikit. 
  • Kedua jika Anda menetapkan harga jual produk yang mahal maka akan berimbas pada produk yang terjual dalam jumlah sedikit tetapi Anda bisa memperoleh keuntungan sesuai yang diinginkan.

Metode Penentuan Harga Jual Produk

Ada 7 metode atau cara menentukan harga jual produk. Berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya!

  • Menentukan harga berdasarkan dengan biaya yang dikeluarkan

Metode pertama untuk bisa menentukan harga jual yaitu dengan analisis biaya yang sudah dikeluarkan untuk produk serta ditambahkan dengan keuntungan yang diinginkan. Biaya ini termasuk dengan biaya operasional seperti biaya gaji karyawan, transportasi, listrik, promosi iklan, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu Anda harus paham benar dengan biaya produksi yang dihabiskan selama membuat produk tersebut. Setelah bisa menghitung jumlah dari daya produksi maka Anda bisa menambahkannya dengan keuntungan yang diinginkan dari hasil jualan online. 

  • Menentukan harga berdasarkan dengan kompetisi

Metode selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menentukan harga berdasarkan kompetisi harga di pasaran. Cara menentukan harga jual produk Anda juga bisa memperhatikan kompetitor atau pesaing sehingga setidaknya Anda dapat mematok harga sama dengan harga yang ditawarkan oleh pesaing atau kompetitor. 

Apabila produk Anda jauh lebih berkualitas, memiliki kemasan yang jauh lebih menarik dan berguna, website toko yang dapat dengan mudah diakses, serta memberi begitu banyak kemudahan, maka Anda bisa menerapkan harga jual yang jauh lebih tinggi daripada kompetitor.

Kekurangan metode ini yaitu Anda mengabaikan biaya produksi karena hanya berpatokan dengan harga dari kompetitor dan akan lebih banyak untuk menghabiskan waktu melakukan riset pasar.

  • Menentukan harga berdasarkan dengan pelanggan

Cara menentukan harga jual produk selanjutnya yaitu dengan menentukan harga jual berdasarkan dari persepsi pelanggan tentang produk yang Anda jual. Untuk dapat melakukan metode ini maka Anda bisa menentukan harga jual produk berdasarkan dengan persepsi pelanggan. Anda bisa melakukan wawancara ataupun memberikan kuesioner kepada pelanggan. 

Survei tersebut bisa digunakan untuk penentuan harga produk. Kekurangan dari metode ini yaitu Anda mengabaikan biaya produk karena terlalu fokus dengan pelanggan. 

  • Harga Margin

Anda juga dapat menggunakan harga margin untuk penentuan harga jual produk yang dihasilkan. Cara ini berdasarkan jumlah produk serta profit yang diperkirakan bisa diambil dari produk tersebut. 

Sebagai contoh jika Anda membuka sebuah bisnis makanan dengan modal hanya Rp15.000 saja dan Anda ingin menjual seharga Rp18.750 maka Anda bisa menghitung dengan cara berikut. 

Margin = (18.750 - 15.000)/18.750

Margin = 20% atau 0.2.

  • Value Based Pricing

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk penentuan harga jual produk yaitu dengan disesuaikan dengan penilaian yang diberikan oleh pelanggan. Suatu produk disesuaikan dengan nilai yang sudah dibeli pelanggan dan pada umumnya suatu indikator ini harus dipenuhi. 

Nilai-nilai yang bisa didapatkan lewat survei atau perasaan untuk memperoleh harga jual yang diperkirakan pelanggan. Value based pricing ini pada umumnya digunakan untuk karya seni yang unik dan langka. 

  • Harga Keystone

Cara menentukan harga jual produk selanjutnya yaitu dengan cara menjumlahkan 2 kali harga grosir ataupun biaya perolehan produk. Sekilas memang harga keystone ini mirip dengan markup tetapi markup punya nilai jual yang lebih tinggi. Bahkan ada yang jumlahnya mencapai 100%.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai penentuan harga jual produk. Bagi UMKM maupun bisnis online yang ingin memperluas jaringan operasional, Anda bisa gunakan jasa dari Lakuuu. Ada berbagai paket yang ditawarkan oleh jasa ini yang akan membantu untuk memperluas jaringan pelanggan. 

Paket yang ditawarkan diantaranya ada layanan digital marketing atau sosial media dari Lakuuu untuk memperluas jaringan pelanggan, serta ada juga layanan pembuatan website sekaligus landing page dan pembuatan toko online mandiri yang tentunya akan sangat berguna untuk UMKM maupun bisnis Anda.