Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Custom Order Artinya dan Bagaimana Ini Bisa Menjadi Strategi Penjualan

by Lakuuu Editorial 17 December 2022

custom-order-artinya

Menjalankan bisnis dengan sistem custom order artinya Anda mengetahui celah untuk mendapatkan peluang tinggi bagi pemasaran. Bagaimana tidak, sistem ini akan membuat pelanggan menyukai jasa yang Anda berikan. Mereka diberikan kebebasan untuk mengatur dan membuat segala hal sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Saat ini bisnis custom menjadi trend yang begitu popular di kalangan pebisnis Indonesia. Bisnis ini dipercaya mampu meningkatkan peluang dan keuntungan bisnis yang dijalani. Mengingat semakin ke sini banyak orang yang sering melakukan inovasi terkait produk-produk yang diinginkan.

Semakin kesini orang semakin menyadari pentingnya memiliki barang unik dan tak dimiliki oleh orang lain. Dengan begitu pelanggan akan mempunyai kebanggaan tersendiri serta dapat menjadi ciri khas dan karakter kepribadiannya. Lalu, apa sejatinya custom order yang kini mulai diburu orang? 

Mengenal Arti Custom Order

Custom order adalah sistem untuk pembelian sebuah produk yang barang dari produk tersebut belum ada. Jadi customer harus meng-order dulu produk sesuai keinginan mulai dari bentuk, warna, ukuran, jumlah pesanan hingga pernak-pernik lainnya.

Custom order artinya adalah suatu bisnis yang dilakukan dengan mengikuti keinginan konsumen. Secara lebih spesifik, bisnis ini adalah bisnis yang memproduksi barang sesuai dengan pesanan dan selera masing-masing konsumen.

Jenis kustomisasi yang terjadi bisa beragam mulai dari desain, warna, ukuran, jenis, model, dan segala macam lainnya. Spesifikasi tersebut dapat dibuat secara langsung oleh pembeli dengan request dan memberikan desain yang diinginkan kepada pelanggan. Namunada juga pebisnis yang menerima brief dan langsung mengeksekusi sesuai permintaan hingga produknya jadi.

Menggunakan sistem bisa custom artinya Anda dapat mengikuti keinginan dan juga selera konsumen. Terlebih bagi beberapa konsumen memiliki selera yang tak terbatas dan unik. Dengan begitu bisnis custom order ini akan selalu memiliki banyak peminat yang cukup tinggi.


Tips Memenuhi Pesanan Custom Sebagai Strategi Bisnis

Ada beberapa tips yang bisa digunakan bagi Anda yang menjadikan custom order sebagai strategi bisnis. Cara ini akan membantu proses penjualan barang yang Anda inginkan untuk semakin meningkat. Berikut tips mudah untuk memenuhi permintaan pelanggan custom:

  • Mendengarkan Baik-Baik Permintaan Pelanggan

Memiliki bisnis custom order artinya Anda harus mendengarkan setiap permintaan pelanggan dengan baik-baik. Custom sangat erat dengan yang namanya interaksi. Sebagai penjual pastikan Anda selalu mendengarkan dan juga memahami setiap detail dan keinginan pelanggan.

Pastikan Anda memahami setiap permintaan pelanggan dengan detail, informasinya lengkap, dan juga sesuai keperluan. Dengan begitu Anda dapat mewujudkan keinginan pelanggan dengan tepat dan cepat.

  • Menyediakan Format Order Sesuai Dengan Ketentuan Pembelian

Bisnis custom order dapat dikatakan merupakan bisnis yang ribet dilakukan. Pasalnya Anda harus mengikuti permintaan satu-satu pelanggan. tentu antara pelanggan satu dengan yang lain memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda.

Untuk menyiasati hal tersebut maka Anda bisa menyediakan format order yang bisa diisi oleh pelanggan. dengan begitu, Anda terhindar dari pelanggan yang terus menanyakan hal yang sama dan berulang-ulang. Cobalah membuat format order yang jelas dan lengkap pada deskripsi produk Anda agar pelanggan lebih mudah dalam memahaminya.

  • Menyesuaikan Dengan Kemampuan

Memiliki bisnis custom artinya harus dikelola dengan sebaik mungkin. Namun jangan sungkan untuk menolak jika permintaan tidak sesuai dengan kemampuan bisnis Anda. tolaklah secara baik-baik jika yang diminta memang tidak sesuai dengan kapasitas da kemampuan bisnis. 

  • Menunjukkan Ciri Khas Perusahaan

Cara selanjutnya jika menginginkan bisnis custom order dilakukan dengan baik adalah tetap menunjukkan ciri khas perusahaan Anda. selalu tambahkan nilai produk yang Anda berikan beserta dengan ciri khas perusahaan. Hal ini akan mampu membuat perusahaan Anda mampu bersaing dengan produk lainnya dan pelanggan akan lebih mudah dalam mengingat perusahaan Anda.

  • Selalu Update Dengan Perkembangan

Custom order adalah permintaan produk yang terkadang beraneka ragam. Mereka kerap menjadikan perkembangan dan inovasi sebagai patokan untuk meminta suatu barang. Oleh karena itu penting untuk terus melakukan update terkait inovasi atau trend terbaru agar Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan.

  • Pastikan Selalu Mengabari Pelanggan Atas Setiap Proses Yang Dilakukan

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah selalu memberikan update kepada pelanggan atas setiap pekerjaan Anda. kabari mengenai progres pekerjaan telah sampai mana dan jelaskan juga setiap proses membutuhkan waktu berapa lama agar aman dan tak terus-terusan disalahkan.

Jika setiap proses ada perubahan, maka Anda wajib memberitahu pelanggan mengenai hambatan dan halangan tersebut. Hal itu akan membuat pelanggan mengerti dan mengetahui bagaimana keluh kesah serta kesulitan dalam membuat produk mereka.

Menjalankan bisnis custom order artinya Anda sudah siap menjadikan pelanggan sebagai raja. Pasalnya bisnis ini akan membuat pelanggan adalah prioritas nomor satu dalam memilih berbagai macam produk atau jasa yang diinginkan. Anda sebagai pebisnis cukup menyediakan segala hal yang diminta sesuai dengan kualitas terbaik dan pelayanan yang apik.

custom order artinya

Sediakan Layanan Custom Order Secara Online

Jika memang produk Anda sangat diminati, maka adalah hal yang baik jika Anda mempromosikannya dengan jualan online lewat metode pemasaran online.

Langkahnya bisa seperti ini: Anda pajang promosi Anda tersebut di toko online Anda. Kemudian, Anda bisa iklankan promosi Anda tersebut lewat platform iklan online seperti Facebook Ads, TikTok Ads atau pun Google Ads. 

Dengan cara itu, orang yang lihat iklan Anda akan klik dan kemudian masuk ke halaman promosi Anda di toko online Anda. Karena produknya custom order, Anda bisa menyediakan form bagi pengunjung toko Anda yang berminat untuk mengisinya agar Anda bisa segera melayani custom order mereka.

Untuk melakukan ini, Anda harus punya toko online dengan fitur yang memungkinkan Anda melakukan itu semua. Coba simak disini tentang bagaimana layanan pembuatan toko online mandiri kami bisa membantu Anda.