Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Keuntungan Bisnis Online Jika Tekun Dilakukan Dengan Benar

by Lakuuu Editorial Updated at 7 November 2022

keuntungan-bisnis-online

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, semakin canggih teknologi saat ini, semakin banyak pula orang yang mencoba terjun dalam dunia bisnis online. Banyak keuntungan bisnis online yang bisa didapatkan, bahkan bisnis ini memiliki peluang yang sangat besar untuk meraup keuntungan.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti internet, smartphone, perangkat komputer, bisnis online sudah bisa dijalankan dengan baik. Apalagi, kini ada berbagai platform marketplace terbaik yang menjadi tempat transaksi jual beli terpercaya.

Apa Itu Bisnis Online?

Saat era pandemi melanda, masyarakat seolah dipaksa untuk terus beradaptasi mempertahankan kondisi ekonomi untuk bisa melanjutkan hidup. 

Salah satu yang dilakukan yaitu dengan memulai bisnis online, sehingga para pedagang dan pembeli tidak harus bertatap muka untuk melakukan transaksi. Meskipun era pandemi telah berlalu tetapi bisnis online bahkan semakin meluas karena peluang keuntungan bisnis online yang cukup besar.

Bisnis online adalah aktivitas bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan teknologi komputer dalam prosesnya. Saat ini, untuk menjalankan bisnis tidak harus mempunyai laptop atau komputer canggih. Dengan berbekal internet dan smartphone yang dimiliki pun sudah dapat menjalankan bisnis layaknya lewat PC.

Hal ini tentu memungkinkan bagi setiap orang untuk memulai bisnis online masing-masing. Aktivitas bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik smartphone semakin memudahkan proses jual beli tanpa harus melakukan mobilisasi.

Apa saja kegiatan dalam berbisnis online? Secara umum aktivitas bisnis online sama halnya dengan bisnis konvensional, hanya saja semua aktivitas bisnis dilakukan melalui smartphone. 

Misalnya saat ingin melampirkan produk yang dijual, cukup memasang etalase virtual sehingga calon pelanggan bisa melihat produk yang didagangkan. Selain melalui platform online shop, bisnis online juga dapat dilakukan secara sederhana melalui media sosial bisnis.

Apa Saja Kelebihan Dari Bisnis Online?

keuntungan bisnis online

Bagi yang ingin memulai bisnis online, untuk semakin memantapkannya, perlu mengetahui beberapa keuntungan bisnis online ini.

1. Modal Kecil

Berbeda halnya dengan bisnis konvensional yang harus mengeluarkan banyak modal, ternyata bisnis online dapat dilakukan hanya dengan modal yang kecil. Bahkan saat ini ada berbagai jenis bisnis online tanpa modal yang membuka peluang kepada setiap orang untuk mendapatkan keuntungan.

Jika bisnis konvensional membutuhkan sewa tempat untuk ruko, bisnis online tidak membutuhkannya, sehingga tidak mengeluarkan banyak modal untuk biaya sewa. Apakah bisnis benar-benar bisa dibuka tanpa harus sewa ruko? Tentu bisa!

Setiap orang dapat mulai menjalani bisnis online dari rumah tanpa harus memiliki toko offline. Jadi anggaran yang tersedia dapat digunakan untuk meningkatkan mutu produk atau marketing sehingga pelanggan semakin puas. 

Selain itu, keuntungan yang didapatkan dari bisnis online ternyata berbanding terbalik dengan modal, karena modal yang kecil bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Namun hal ini dapat berlaku jika bisnis online tersebut telaten dijalankan.

2. Tempat Dan Waktu Kerja Fleksibel

Salah satu keuntungan bisnis online yang benar-benar terasa nyata yaitu fleksibilitas tempat dan waktu bekerja. Pasalnya, para pebisnis dapat bekerja kapan pun dan di mana pun tanpa terpaku tempat dan jadwal.

Bahkan bisnis dapat dijalankan di kantor, di luar rumah, di sekolahan, dan berbagai tempat lainnya. Tidak heran jika bisnis online cocok sebagai bisnis sampingan para pelajar, karyawan, ibu rumah tangga, atau bahkan menjadi bisnis utama bagi full-time businessman

Namun perlu ditegaskan bahwa meskipun fleksibel dan bebas harus tetap profesional dalam melayani customer. Dengan begitu maka bisnis yang dijalankan bisa mendapatkan kepercayaan.

3. Transaksi Mudah Dan Cepat

Perlu diketahui bahwa bisnis online memiliki sisi keuntungan dari sisi transaksional. Pasalnya, para konsumen dapat melakukan pembayaran hanya melalui transaksi online seperti m-banking, OVO, DANA, dan dapat melakukan pemesanan produk lewat smartphone.

Para pembeli maupun penjual tidak perlu beranjak kemana-mana sehingga proses transaksi jual beli lewat bisnis online sangat mudah, cepat, dan praktis. 

Untuk pengiriman produk yang dipesan juga menggunakan jasa kurir, biasanya kurir yang akan menjemput barang di alamat penjual dan mengantar ke alamat pembeli.

4. Jangkauan Pasar Luas

Keuntungan bisnis online juga bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas dari berbagai daerah. Kenapa bisa demikian? Bagaimana caranya?

Jika menjalankan bisnis konvensional maka target pasar hanya di wilayah domisili sekitar. Sedangkan jangkauan pasar bisnis online jauh lebih luas karena menggunakan sistem digital yang mana produk yang dijual dapat diakses oleh siapa pun dari berbagai tempat asalkan ada internet.

Hal ini tentu membuka peluang yang lebih lebar untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Namun, mengingat kompetisi bisnis online juga sangat ketat, promosi melalui digital marketing adalah hal wajib sehingga bisnis online makin berkembang.

Pelanggan dari bisnis online mempunyai jangkauan yang sangat luas, tidak hanya dari dalam kota saja, tetapi juga bisa dari luar kota, provinsi, pulau bahkan luar negeri. 

5. Biaya Promosi Rendah

Perkembangan internet membuat jumlah platform media sosial dan website mengalami ledakan. Platform tersebut diciptakan untuk menjadi wadah bagi orang-orang untuk melakukan pemasaran atau marketing yang lebih efektif.

Dapat dilihat bahwa banyak para pebisnis online yang melakukan promosi melalui media sosial atau sejumlah situs. Sudah pasti biaya promosi jauh lebih rendah dibandingkan dengan promosi konvensional. Digital marketing sebagai salah satu strategi efektif yang dapat menghemat anggaran sekaligus bisa menarik pelanggan lebih mudah.

Promosi dengan digital marketing banyak digunakan oleh berbagai pebisnis baik untuk usaha kecil maupun perusahaan besar.

Keuntungan Bisnis Online Bisa Dijangkau Siapapun Dengan Cara Yang Tepat

Dengan mengetahui beberapa keuntungan bisnis online yang sudah dijelaskan diatas, diharapkan bagi orang-orang yang ada niatan menjalankan bisnis menjadi lebih yakin. Meskipun demikian, pertimbangan seputar tantangan dan hambatan juga harus diperhatikan. 

Untuk memudahkan dalam hal pemasaran, Kreafinity dari Lakuuu.id saat ini menyediakan layanan mulai dari strategi digital marketing untuk bisnis online dan pembuatan toko online professional. Dengan begitu maka segala kebutuhan bisnis online yang akan Anda buat akan lebih mudah terintegrasi.

Kreafinity dapat membantu para pebisnis online untuk membuat website bisnis berkualitas dengan strategi pemasaran digital terbaik untuk bisnis yang dijalankan. Pembuatan website profesional, manajemen media sosial, dan digital marketing dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Selain itu juga ada layanan pemasaran lewat Google Ads, Facebook Ads dan platform lainnya sehingga dapat mencapai tujuan pemasaran bisnis.