Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

7 Kelemahan Bisnis Online yang Perlu Diketahui Pemula Dan Solusinya

by Lakuuu Editorial Updated at 7 November 2022

7-kelemahan-bisnis-online-yang-perlu-diketahui-pemula-dan-solusinya

Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat membuat para peminat bisnis online kini semakin meningkat. Alasannya sederhana, menjalankan bisnis online jauh lebih menguntungkan karena tidak harus membeli atau menyewa toko. 

Meskipun terlihat sekilas lebih menguntungkan, pasti akan tetap ada kelebihan dan kekurangan bisnis online. Mengetahui kelemahan dan kelebihan pada sistem bisnis online akan membuat Anda lebih mudah melakukan antisipasi dari berbagai risiko bisnis yang nantinya akan dijalani. Berikut beberapa kelemahan bisnis online yang perlu Anda ketahui. 

Kekurangan Dari Bisnis Online

Bagi yang ingin menjalankan bisnis online, alangkah baiknya untuk mempelajari apa saja kekurangan dan kelebihannya sehingga tidak kaget dengan segala risiko yang terjadi di kemudian hari. Simak ulasannya berikut ini.

1. Selalu Mengandalkan Koneksi Internet

Meskipun digitalisasi ekonomi menjadi salah satu dampak positif dari bisnis online, tetapi ternyata hal ini juga memiliki dampak negatif, terutama yang berkaitan dengan koneksi internet. Ketika ada kondisi tertentu, misalnya hujan deras atau mati listrik, maka jaringan internet menjadi terhambat.

Bisnis online selalu bergantung dengan koneksi internet sehingga jika kendala internet terjadi, bisa mengganggu produktivitas bisnis. Apalagi jika orderan sedang menumpuk tentunya menjadi hambatan tersendiri.

Jadi, apabila sudah mantap untuk memulai bisnis online, pastikan untuk selalu memiliki koneksi internet yang lancar karena berjualan di marketplace harus cukup sering aktif untuk melayani para pembeli secara online.

2. Punya Skill Dan Pengetahuan Mumpuni

Saat memulai bisnis online, penting untuk mempunyai skill dan pengetahuan yang cukup sehingga bisnis tidak dijalankan dengan asal-asalan. Membuka bisnis online berarti harus siap untuk menggunakan teknologi baru yang disebut dengan marketplace online.

Untuk itu, penting memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang teknologi tersebut sehingga bisnis dapat dijalankan dengan baik. Pengetahuan baru seperti teknik digital marketing, optimasi website, SEO (search engine optimization), social media management dan pemasaran online lain harus dikuasai dengan baik.

Pengetahuan-pengetahuan tersebut sangat berguna agar toko online dapat bersaing dengan baik di dunia digital. Selain pengetahuan tentang teknologi, skill berjualan juga harus tentu harus dimiliki.

3. Marak Kasus Penipuan

Salah satu kelemahan bisnis online yaitu masih maraknya kasus penipuan yang akhir-akhir ini terjadi. Realitanya, tidak sedikit para pebisnis yang memulai bisnis online dan mendapati penipuan.

Misalnya saat buyer melakukan pemesanan dan mengirimkan bukti transfer, barang pesanan langsung dikirimkan. Namun ternyata bukti transfer tersebut palsu dan buyer tidak bisa dihubungi kembali sehingga menyebabkan kerugian material dalam berbisnis.

Dalam hal ini penting untuk memiliki prosedur terkait sistem pembayaran yang jelas sehingga terhindar dari kasus penipuan. Kebanyakan kasus penipuan terjadi pada bisnis online yang tidak dilakukan melalui marketplace karena pada marketplace populer pastinya memiliki sistem pembayaran yang jelas.

4. Persaingan Bisnis yang Ketat

Perlu diketahui bahwa kelemahan bisnis online juga dapat dilihat dari banyaknya kompetitor dalam bisnis digital. Seiring berjalannya waktu peminat bisnis online semakin meningkat sehingga persaingan di pasar online pun semakin ketat.

Untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan melakukan branding toko online semenarik mungkin sehingga lebih mudah diingat oleh para pelanggan. Hal ini berkaitan dengan meningkatkan skill dan pengetahuan baru yang telah dijelaskan diatas.

5. Ongkir Menjadi Pertimbangan Pelanggan

Berbeda halnya dengan belanja langsung di toko offline, saat belanja online maka ada biaya pengiriman yang berlaku. Ini menjadi salah satu kekurangan bisnis online yang tidak bisa dipungkiri.

Untuk biaya pengiriman ini biasanya ditanggung oleh pembeli dengan tarif yang berbeda-beda, tergantung dengan berat, ukuran, dan jarak pengiriman.

Semakin berat dan besar ukuran barang, maka biaya pengirimannya pun semakin tinggi. Bahkan biaya pengiriman terkadang lebih tinggi dibandingkan harga barang sehingga ongkos kirim menjadi pertimbangan bagi para pembeli. Tidak sedikit pembeli yang akhirnya menjadi ragu saat akan membeli produk tersebut.

6. Butuh Upaya Untuk Membangun Kepercayaan

Bagi para pebisnis online pemula yang baru saja membuka toko online, salah satu hal yang menjadi tantangan yaitu membangun kepercayaan pembeli. Calon pembeli biasanya lebih percaya kepada toko online yang sudah memiliki banyak pelanggan.

Untuk membangun kepercayaan pembeli dari nol memang butuh upaya yang lebih bagi para pemula. Ini bisa diatasi dengan menciptakan branding yang baik , melakukan promosi secara konsisten, menjamin kepuasan pembeli, dan sistem diskon untuk menggaet pelanggan melakukan review baik terhadap toko terlebih dulu. Adanya banyak review positif akan lebih memudahkan toko online untuk berkembang dan mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.

Membangun kepercayaan pembeli dari nol memang merupakan salah satu kelemahan bisnis online yang cukup menjadi tantangan. Namun, dengan kegigihan dan tekad yang kuat tentu semua dapat diatasi.

7. Ekspektasi dan Realita

Salah satu kekhawatiran para pembeli saat memesan produk secara online yaitu barang tidak sesuai dengan gambar. Hal ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis online di mana biasanya ada ketidak sesuaian produk dengan gambar yang ditampilkan. 

Kenyataannya tidak sedikit para pebisnis yang melakukan kecurangan dengan menampilkan gambar produk yang terlihat menarik tetapi ternyata barang yang diterima kualitasnya buruk. Untuk para pebisnis online terutama para pemula, hindari hal ini karena pada akhirnya akan berakibat buruk untuk toko online.

Kecurangan tersebut justru akan merusak reputasi toko. Maka, lebih baik berikan jaminan kualitas produk sehingga toko online bisa lebih dipercaya oleh para pembeli.

Itulah penjelasan mengenai 7 kelemahan bisnis online yang harus diketahui oleh para pemula. Jadi sebelum memutuskan untuk membuka bisnis di marketplace, pelajari berbagai hal seputar bisnis online hingga seluk beluknya. 

Solusi Mengatasi Semua Kelemahan Bisnis Online Ini

kelemahan bisnis online

Untuk para pemula yang berencana membuka bisnis online dapat lebih mudah melakukan promosi lewat Kreafinity, optimasi digital marketing oleh Lakuuu

Kreafinity adalah solusi bagi para pebisnis online yang ingin membuat website toko online maupun melakukan strategi pemasaran digital yang efektif. Layanan ini dapat kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis yang telah kamu bangun. 

Sistem yang digunakan sudah terintegrasi dengan berbagai platform marketing sehingga dapat membuat bisnismu makin berkembang!