Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Ide Bisnis Bidang Jasa Yang Bisa Anda Lakukan

by Lakuuu Editorial Updated at 7 November 2022

ide-bisnis-jasa

Ide usaha tidak melulu harus usaha yang memiliki produk nyata, contohnya ada ide bisnis jasa yang bisa jadi salah satu bisnis dengan potensi keuntungan yang besar. 

Sebagai pelaku bisnis tentu Anda perlu paham bagaimana cara untuk bisa membaca peluang di sekitar dan apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga bisa dijadikan sebuah usaha. Salah satunya yaitu usaha dalam bidang jasa. 

Bisnis jasa ini merupakan usaha untuk melakukan tugas atau memberikan layanan sebagai bisnis utama. Pemenuhan kebutuhan pelanggan merupakan prioritas utama bagi bisnis jasa. Selain itu, pelaku bisnis harus bertanggungjawab untuk memberikan layanan terbaik sesuai kebutuhan agar pelanggan puas. 

5 Ide Bisni Jasa yang Bisa Anda Pertimbangkan

Berikut ini merupakan 5 ide bisnis jasa yang bisa Anda coba lakukan.

  • Jasa fotografi

Ide bisnis pertama yang bisa Anda coba yaitu ada bisnis fotografi. Fotografer merupakan seseorang yang sudah ahli dalam penggunaan kamera untuk memotret dan bertanggung jawab untuk pengembangan digital foto. 

Sebagai seorang fotografer yang membuka jasa fotografi tentu harus bertanggungjawab sampai proses pengeditan foto selesai yang nantinya akan dikirimkan kepada pengguna jasa. 

Seiring dengan perkembangan media sosial, saat ini fotografer semakin dibutuhkan karena semakin banyak orang yang membutuhkan pengambilan gambar ataupun foto yang bagus oleh fotografer profesional. 

Pasar utama dari fotografer adalah brand, perusahaan, komunitas, lembaga, organisasi, atau untuk pasangan yang ingin mengabadikan momen. Meskipun memang teknologi untuk mengambil foto sudah semakin canggih dan bisa dilakukan melalui kamera smartphone, hasilnya tetap tidak akan sebagus yang diambil oleh jasa fotografer profesional. 

Keuntungan dari jasa ini juga cukup besar karena jasa ini biasanya mematok harga di atas 100 ribu untuk sekali project (tergantung projectnya). Bahkan, untuk jasa fotografer yang sudah terkenal, ada yang mematok jutaan tergantung dengan jenis project yang digarap.

  • Jasa videografi

Ide bisnis jasa selanjutnya yaitu ada jasa videografi yang tak kalah banyak digunakan seperti jasa fotografi. Jasa videografi ini merupakan keahlian untuk menangkap video berupa gambar bergerak dengan menggunakan media elektronik yaitu kamera digital, kaset video, ataupun media streaming. 

Jasa videografi ini sangat dibutuhkan untuk pembuatan film dokumenter, untuk film pendek, dokumentasi acara penting seperti acara pernikahan, acara ulang tahun, pertandingan olahraga hingga acara penting lainnya. 

Untuk acara-acara penting, biasanya jasa videografi ini juga digunakan oleh content creator untuk editing konten di sosial media mereka seperti konten YouTube, Instagram, Tiktok dan lain sebagainya. Namun, pasar utama dari jasa ini tentu saja dari pembuatan video untuk iklan. 

Seperti jasa fotografi, kebutuhan akan jasa videografi ini juga meningkat seiring dengan perkembangan sosial media yang semakin banyak digunakan. 

  • Jasa Desain Grafis

Tak kalah dengan jasa videografer dan fotografer, jasa desain grafis ini juga merupakan jasa yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis jasa untuk mendapatkan cuan. Jasa desain grafis ini membutuhkan keahlian dalam menyusun dan mengatur elemen visual untuk suatu proyek. Contoh desain logo, desain produk, desain kaos, desain banner, desain baliho dan lain sebagainya.

Seseorang yang memiliki kemampuan untuk desain grafis atau yang biasa dikenal dengan desainer grafis punya tugas untuk membuat materi, perancangan tata letak, serta komunikasi visual dari proyek yang akan digarap. 

Jasa ini juga mencakup pembuatan halaman web, sampul buku, iklan, poster, majalah, serta konten gambar visual lain yang dibutuhkan oleh pengguna jasa. 

  • Jasa copywriter

Tidak hanya masalah gambar saja ya, sekarang ini juga banyak dibutuhkan seorang copywriter atau penulis profesional materi pemasaran serta promosi. 

Tugas copywriter adalah untuk menulis kata-kata yang jelas, akurat, ringkas, menarik serta informatif yang digunakan untuk tagline, iklan, situs web, jargon, hingga untuk media sosial. Jasa copywriter ini sangat membantu dalam promosi melalui gambar ataupun video. Terutama bagi yang memiliki sebuah bisnis, jasa copywriter merupakan bagian vital untuk perkembangan usaha.

Jasa ini akan sangat bersaing di industri bisnis jasa karena memang sekarang ini banyak bermunculan bisnis yang memiliki pemasaran dengan jaringan yang luas diantaranya melalui media sosial. 

  • Jasa penulis konten

Jasa penulis konten ini merupakan salah satu ide bisnis jasa yang saat ini banyak sekali ditemukan. Tidak hanya copywriter, tetapi penulis konten atau content writer juga merupakan salah satu jasa yang banyak dibutuhkan untuk penulisan konten website atau media lain. 

Penulis konten ini juga merupakan seseorang yang punya keahlian untuk dapat menulis artikel yang informatif serta menarik sesuai dengan topik yang sudah ditentukan oleh pengguna jasa. 

Penulis konten ini banyak sekali dibutuhkan untuk penulisan konten di media digital termasuk seperti artikel blog, posting di media sosial, penulisan script untuk video, whitepaper, dan kebutuhan artikel lain yang biasanya digunakan untuk pertumbuhan digital dari suatu merk atau brand. 

Seorang content writer biasanya memiliki bayaran yang bervariasi, namun cenderung lebih kecil dari fotografer dan videografer. Jika Anda memang memiliki kemampuan, maka Anda dapat mematok harga yang lebih tinggi tergantung dari kualitas tulisan.

Sebagai seorang pelaku bisnis tentu Anda ingin bisnis yang dimiliki bisa memiliki jaringan pelanggan yang lebih luas. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan jasa dari Lakuuu. 

Lakuuu memiliki berbagai layanan terbaik untuk meroketkan bisnis Anda, diantaranya yaitu layanan digital marketing atau social media yang bisa digunakan untuk promosi bisnis jasa yang sedang Anda jalankan saat ini. Selain itu ada juga layanan untuk pembuatan toko online website dan landing page agar bisnismu semakin berkembang!

Penggunaan layanan dari Lakuuu ini dapat membantu untuk memperkenalkan ide bisnis jasa yang Anda miliki dan meroketkan omset Anda dengan cara menjangkau pasar yang lebih luas.