Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Apa itu Error 504? Mari Cari Tahu Arti Error 504 di sini!

by Lakuuu 17 March 2022

arti-error-504

Arti error 504 jarang diketahui oleh banyak orang karena tidak banyak yang paham mengenai sistem dalam komputer ataupun laptop. Kondisi ini biasanya terjadi pada web atau situs yang mengalami gangguan karena hosting. Peringatannya muncul setelah beberapa saat web yang Sobat Lakuuu buka tidak kunjung merespons.


Error 504 bisa juga disebabkan oleh sejumlah kondisi lain misalnya gangguan pada penyedia layanan internet, tidak cukup PHP workers, HTTPS timeout, kesalahan jaringan server internet atau gangguan koneksi internet.  Jadi kondisi ini muncul saat permintaan tidak mampu terkoneksi dengan server pusat.


Arti error 504 tidak berbeda dengan pesan error lainnya, seperti 504 gateway timeout, HTTP 504, Gateway Timeout (504) dan 504 Error. Istilah ini bisa berbeda antara satu penyedia wordPress hosting dengan lainnya, bergantung pada proxy server, web server atau wordpress server yang digunakan oleh Sobat Lakuuu.


Jika Sobat Lakuuu menerima pesan error 504 tidak perlu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasinya. Berbagai cara ini bisa Sobat Lakuuu terapkan dengan mudah. Simak terus penjelasan lengkapnya di sini.


Arti Error 504 dan Cara Mengatasinya



Arti Error 504 ialah suatu kondisi di mana web mengalami timeout, istilah ini merupakan kode status pada HTTP yang berarti salah satu server tidak menerima permintaan Sobat Lakuuu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tidak perlu khawatir jika kondisi ini terjadi karena kondisi ini bukan kesalahan pengguna. Berikut beragam cara untuk mengatasinya, di antaranya:


1.    Bersihkan Cache dan Reload Ulang



Membersihkan cache merupakan salah satu cara yang bisa Sobat Lakuuu coba untuk mengatasi masalah error 504, selepas itu coba lakukan akses ulang ke website. Pastikan error 504 bukan disebabkan oleh browser karena terkadang masalah ini tidak terjadi pada web atau situs melainkan pada browser itu sendiri.


2.    Mematikan VPN



Arti error 504 jarang diketahui sebagai peringatan untuk menghentikan penggunaan VPN, jika Sobat Lakuuu menggunakan layanan ini coba nonaktifkan terlebih dahulu karena masalah ini bisa terjadi akibat server pada Virtual Private Network tidak mampu terhubung ke server web. Namun apabila masalah bukan disebabkan oleh VPN berarti yang menjadi masalah ialah server pada web nya. Sobat Lakuuu bisa juga menanyakan kondisi ini kepada pihak penyedia VPN.


3.    Bersihkan Database



Cara mengatasi error 504 bisa Sobat Lakuuu lakukan dengan membersihkan seluruh database pada wordpress. Masalah pada data base ini bisa menjadi salah satu faktor munculnya pesan error 504 sehingga dibutuhkan pembersihan database. Namun sebelum membersihkannya, pastikan sudah melakukan backup terlebih dahulu agar data penting tidak ikut terhapus.


4.    Buka Website di Browser yang Berbeda



Arti error 504 bisa juga sebagai petunjuk bagi Sobat Lakuuu untuk membuka website di browser berbeda. Jika tidak kunjung membaik, Sobat Lakuuu bisa mencoba membuka website di mode incognito, cara ini banyak dilakukan ketika website tidak kunjung merespons. Jangan menunggu waktu lama, segera coba cara ini untuk memperbaiki kondisi tersebut.


5.    Hubungi Customer Support



Apabila seluruh cara telah dicoba namun masih tidak bisa, Sobat Lakuuu bisa langsung menghubungi Customer Support web hosting. Jelaskan keluhan yang dialami dan beberapa cara yang telah Sobat Lakuuu lakukan untuk mempermudah pihak Customer Support memahami masalah tersebut. Berikan semua informasi dengan jujur agar kendala bisa segera teratasi.


6.    Mengganti DNS ke Server



Seperti yang telah Sobat Lakuuu ketahui mengenai arti error 504, kondisi ini umum terjadi karena masalah koneksi internet, maka untuk mengatasinya ganti DNS ke server. Cara ini dilakukan untuk mengarahkan Sobat Lakuuu ke website tujuan. Sobat Lakuuu bisa mengecek masalah yang terjadi pada DNS dengan cara masuk ke menu Control Panel dan Network and Sharing Center  bagi pengguna window sedangkan bagi pengguna sistem linux bisa menggantinya melalui Network lalu Edit Connection.


7.     Membuka Website di Perangkat Berbeda



Cara selanjutnya coba buka website di komputer, jaringan koneksi atau HP berbeda, apabila beberapa cara lain sudah Sobat Lakuuu coba. Cara ini bisa menjadi langkah terbaik dengan demikian Sobat Lakuuu akan mengetahui apakah kondisi ini terjadi karena kesalahan jaringan, server, hosting website atau beberapa kondisi lain yang paling memungkinkan.


Cara mengatasi error 504 perlu Sobat Lakuuu coba satu persatu jika salah satu cara lain tidak menghasilkan perubahan lebih baik. Proses mengatasi masalah ini tidak harus berurutan, sehingga Sobat Lakuuu bisa langsung memilih salah satu cara mana saja yang dikira faktor pemicunya.


Error 504 merupakan masalah yang umum terjadi ketika berselancar di internet sehingga Sobat Lakuuu tidak perlu terlalu khawatir saat mengatasinya. Tetap tenang dan fokus pada permasalahan yang terjadi karena arti error 504 sebagai kesalahan pada web yang mungkin terjadi akibat gangguan jaringan.