Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Arti Pre Order dan Alasan Mengapa Ini Bisa Menjadi Faktor Menguntungkan Bagi Penjual

by Lakuuu Editorial 24 December 2022

arti-pre-order

Sistem pre order cukup digandrungi oleh penjual terutama pelaku usaha online. Pre order artinya untuk pembeli adalah Anda memesan barang yang pada dasarnya belum ada di stock barang. 

Sedangkan untuk penjual, memberlakukan sistem pre order artinya Anda menawarkan barang yang masih belum ready kepada customer, customer akan mendapatkan barang ketika produk sudah ada di stock barang. Secara singkat, pre order merupakan sistem penjualan dengan cara pesan dahulu sebelum barangnya ready.

Seperti yang Anda ketahui jika bisnis online memiliki potensi pasar yang luas dikarenakan kemudahan di dalam proses pemesanan produk ataupun jasa secara online.

Bahkan tanpa memerlukan modal sekalipun, Anda tetap mampu menjalankan bisnis online memakai sistem pre-order. Untuk mengetahui apakah sistem ini menguntungkan bagi penjual ataukah tidak maka simak informasinya berikut ini.

Mengetahui Arti Pre Order

Pre-order artinya pemesanan dengan sistem di muka ataupun sistem pembelian barang yang mana barang tersebut belum tersedia.

Sistem pemesanan produk yang satu ini tergolong cukup meringankan bagi penjual karena tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan stok barang dan umumnya pembeli perlu melakukan pembayaran di muka baik itu pembayaran seluruh harga produk ataupun sebagian.

Jadi dengan kata lain pre-order sebenarnya tidak menguntungkan untuk pihak penjual saja akan tetapi juga pembeli karena dapat menyelesaikan pembayaran ketika produk diterima serta dipastikan tidak kehabisan stok produk yang diinginkan.

artinya pre order atau po

Cara Kerja Sistem PO (Pre-Order)

Cara kerjanya tergolong sederhana yaitu penjual perlu untuk membuat kesepakatan dengan pembeli mengenai pembayaran pada awal produk dilakukan pemesanan sesuai nominal yang telah disepakati dan selanjutnya melakukan konfirmasi terkait rentang waktu untuk penerimaan produk.

Waktu ketersediaan untuk produk pre order sangat bervariasi. Tentunya untuk menarik minat para pembeli, para penjual perlu membuat deskripsi produk dengan semenarik mungkin serta menjangkau audiens secara tepat.

Kelebihan Sistem Pre-Order

Pre order artinya menjual barang tanpa perlu menyetok barang terlebih dahulu tentunya akan menguntungkan penjual. Tidak hanya itu saja, banyak kelebihan lain yang mendasari kenapa sistem pre order ini banyak diminati.

  • Produk 100% laku terjual

Resiko kerugian untuk penjual online adalah stok barang atau stock opnam yang ada. Stock opname mungkin terjadi ketika produk tidak laku terjual.

Tentu saja dengan pre order ini tentu saja barang akan 100% terjual. Tentunya penjual bisa menyiapkan produk sesuai dengan jumlah yang telah dipesan pembeli. Sehingga tidak akan ada stok barang tersisa ataupun tidak lagu.

  • Permintaan produk terprediksi

Tentu saja dengan menerapkan sistem ini Anda bisa memprediksi jumlah permintaan untuk produk yang dijual. Sehingga Anda bisa menyetok barang secara pasti sehingga resiko barang tidak terjual dapat terhindari.

  • Mengurangi resiko rugi

Salah satu hal yang menjadi sebuah kegagalan usaha yaitu tidak tercapainya target untuk penjualan usahanya. Ketika Anda menyediakan barang dalam jumlah besar namun penjualan sedikit tentu ini akan mengakibatkan kerugian.

Untuk mengatasi hal tersebut tentu saja sistem pre-order dapat dijadikan suatu solusi dalam mengurangi resiko rugi untuk penjual, mengingat Anda sebagai penjual hanya perlu menyediakan barang sesuai dengan jumlah yang dipesan saja.

arti pre order

  • Tidak ada penumpukan stok

Pelaku usaha tentunya harus pintar di dalam mengelola stok barang yang dimiliki. Jika tidak dilakukan secara benar akan terjadi yang namanya penumpukan stok barang dan ini akan mengganggu kelancaran usaha secara keseluruhan.

Ketika Anda merasa belum memiliki kemampuan di dalam mengelola stok barang ready terutama dalam jumlah besar dan belum yakin mengenai cara menjualnya maka sistem pre order merupakan pilihan yang tepat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pre order artinya penjual tidak perlu menyetok barang jadi sudah pasti jika menyediakan barang akan langsung terjual dan tidak terjadi penumpukan barang.

Jadi artinya Anda tidak perlu menghabiskan banyak modal hanya untuk membeli barang ready yang pada akhirnya harus menumpuk dikarenakan tidak memperoleh pembeli.

  • Hampir seluruh industri dapat menggunakan sistem ini

Tidak terdapat batasan mengenai penerapan sistem ini di dalam bisnis online, sehingga hampir seluruh industri akan dapat memakai sistem tersebut.

Kebanyakan dari penjual online yang memakai sistem ini dipergunakan untuk menjual barang yang berasal dari luar negeri seperti merchandise, album, dan lainnya. Sistem pre order ini juga umum diterapkan pada usaha makanan dan minuman dan juga produk custom ataupun produk yang telah dibuat secara khusus.

Jadi pre order artinya Anda tidak perlu repot-repot menyediakan stok produk di dalam jumlah banyak sehingga kerugian akibat produk yang tidak laku bisa diminimalisir.

Bagi usaha yang mempunyai sistem ini tentu saja proses transaksi menjadi lebih mudah serta praktis ketika menerapkan sistem pembayaran yang mudah dilakukan.

Sebagai pelaku usaha pastikan menyediakan banyak pilihan metode pembayaran sehingga pelanggan akan lebih leluasa dan Anda tidak akan berpotensi kehilangan pelanggan karena metode pembayarannya terbatas.

Ingin Mendapatkan Lebih Banyak Pre Order?

Kami di Lakuuu Id, menyediakan sebuah layanan bernama Kreanifity. Layanan ini adalah layanan All in One digital marketing. Layanan kami ini bisa membantu Anda untuk memiliki website atau toko online profesional dan juga Anda bisa mendapatkan layanan beriklan di berbagai platform periklanan online.

Layanan kami sangat terjangkau namun tetap berkualitas. Anda bisa telusuri lebih banyak tentang Kreanifity disini. Anda juga bisa chat kami di WhatsApp untuk ngobrol tentang rencana ekspansi bisnis online Anda. Kami senang membantu Anda juga untuk mengetahui strategi-strategi digital marketing ampuh untuk memajukan bisnis Anda ke level selanjutnya.