Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Tips Mengaktifkan Instagram Shopping Anti Gagal

by Lakuuu - 7 June 2021

cara-mengaktifkan-instagram-shopping
Sobat Lakuuu yang memiliki bisnis online dan memasarkan produknya lewat Instagram, pasti tau tentang fitur Instagram Shopping, dimana user bisa melihat dan membeli produk yang ada di etalase Instagram Shopping. Fitur ini sangat bermanfaat nih bagi Sobat Lakuuu yang ingin mengembangkan bisnisnya di Instagram.

Sobat Lakuuu juga bisa mengunggah foto di Instagram dan tag produk Sobat Lakuuu supaya pembeli bisa langsung melihat detail produk kalian loh! Fitur Instagram Shopping membuka peluang bagi pebisnis online untuk memperluas jangkauan pelanggan mereka melalui Instagram. Nah, sayang banget kan kalau Sobat Lakuuu yang punya bisnis nggak memanfaatkan fitur gratis dari Instagram yang satu ini? 

Mungkin ada beberapa Sobat Lakuuu yang sudah daftar Instagram Shopping, tapi gagal dan selalu ditolak. Kira-kira kenapa ya Sobat Lakuuuu? Untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping, Sobat Lakuuu harus melewati proses pengajuan dan approval dari pihak Facebook dan Instagram secara langsung. Tidak semua bisnis dinyatakan kredibel oleh pihak Facebook dan Instagram untuk dapat mengakses fitur Instagram Shopping. Maka itu, mari simak beberapa tips agar pengajuan aktivasi Instagram Shopping Sobat Lakuuu berhasil!


Tips 1: Pastikan bisnis Sobat Lakuuu menjual produk fisik

Salah satu syarat agar pengajuan aktivasi Instagram Shopping diterima, bisnis Sobat Lakuuu harus menjual produk fisik, bukan jasa maupun layanan. Dan pastinya, produk yang dijual sesuai dengan foto produk yang ditampilkan pada Instagram Shopping Sobat Lakuuu. Perhatikan juga jenis-jenis produk yang dilarang, jika kamu menjual salah satu dari produk tersebut maka kamu tidak dapat mengaktifkan fitur Instagram Shopping.

Tips 2: Akun Instagram terdaftar sebagai akun bisnis

Pastikan akun yang Sobat Lakuuu daftarkan ke Instagram Shopping adalah akun yang sudah terdaftar sebagai akun bisnis dan bukan akun pribadi, apalagi akunnya diprivate ya Sobat Lakuuu. Direkomendasikan untuk memilih kategori Shopping & Retail agar menunjukkan bahwa bisnis Sobat Lakuuu menjual produk fisik. Hindari kategori Shopping Service, Brand, atau Others.

Tips 3: Pastikan bisnis Sobat Lakuuu tidak melanggar peraturan yang berlaku

Perlu diperhatikan juga, bahwa Instagram bisnis dan produk yang Sobat Lakuuu jual tidak melanggar perjanjian pedagang dan kebijakan perdagangan dari Instagram. Jadi, sebelum melakukan pengajuan, ada baiknya Sobat Lakuuu membaca dan memahami perjanjian perdagangan dan kebijakan perdagangan dari Instagram agar Instagram bisnis Sobat Lakuuu sudah sesuai dan memenuhi peraturan yang berlaku agar dapat diaktifkan ke fitur Instagram Shopping. 



Tips 4: Akun bisnis Sobat Lakuuu harus terlihat kredibel

Tidak sembarang bisnis bisa berjualan di platform Instagram atau Facebook, maka itu ada proses screening yang dilakukan oleh pihak Instagram untuk memastikan bahwa bisnis kamu itu legit. Nah, tugas Sobat Lakuuu sebagai pemilik bisnis yaitu menciptakan eksistensi yang otentik dan mapan, serta selalu kelola akun bisnis untuk menunjukkan kredibilitas bisnis Sobat Lakuuu.

Tips 5: Pastikan informasi produk yang tertera akurat

Informasi produk yang Sobat Lakuuu cantumkan di Instagram Shopping maupun website, seperti harga, deskripsi, dan ketersediaan, harus sesuai dengan kondisi aslinya dan tidak boleh menyesatkan. Informasi mengenai kebijakan pengembalian dana dan retur juga harus mudah diakses di Instagram ataupun website bisnis Sobat Lakuuu. 


Tips 6: Bisnis Sobat Lakuuu sudah memiliki website commerce

Nah, yang terakhir dan yang paling penting, bisnis Sobat Lakuuu harus memiliki website yang mendukung kegiatan transaksi. Akun bisnis Sobat Lakuuu harus berisi penawaran produk yang tersedia untuk pembelian langsung dari website bisnis Sobat Lakuuu. Dan untuk mengarahkan pembeli dari Instagram Shopping ke website, Sobat Lakuuu perlu memberikan domain tunggal yang digunakan untuk menjual. Domain yang didaftarkan juga harus sesuai dengan nama akun Instagram bisnis Sobat Lakuuu dan terkonfirmasi bahwa domain tersebut benar-benar milik Sobat Lakuuu agar lulus tahap Verifikasi Domain. 

Nah, kira-kira itu beberapa tips untuk Sobat Lakuuu yang ingin mengaktifkan fitur Instagram Shopping. Lakuuu Indonesia juga memberikan konsultasi Digital Marketing termasuk Instagram Shopping untuk Sobat Lakuuu yang berlangganan paket premium atau paket tahunan. Selamat mencoba Sobat Lakuuuu!
Bagikan artikel

Artikel Terkait

tren-bisnis-online-2021
Insight
Tren Bisnis Online di Tahun 2021
Dalam dunia bisnis, terdapat tren yang tak dapat dipungkiri membawa...
model-bisnis-online-terbaik
Insight
Menentukan Model Bisnis Online Terbaik di antara Social Commerce, Marketplace, dan Website Commerce
Berkembangnya kecanggihan teknologi di era yang semakin maju, aktivitas jual-beli di pasar tradisional sedikit ditinggalkan...
persiapan-memulai-usaha
Insight
Persiapan Memulai Usaha Apapun dengan Meminimalisir Risiko
Persiapan memulai usaha sangat penting untuk dilakukan, lho. Baik itu usaha kuliner, wisata, jasa, atau jual beli barang apapun. Peluang dalam sebuah usaha sangat luas...
memilih-nama-dan-logo-brand-bisnis
Tips & Trik
Tips Memilih Nama dan Logo Brand Bisnis Kamu
Ketika kita hendak membangun suatu bisnis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo dari bisnis...