Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

7 Contoh Iklan Penawaran Barang

by Lakuuu Editorial 20 December 2022

contoh-iklan-penawaran-barang

Iklan merupakan salah satu bagian yang mengambil andil penjualan suatu produk. Pembuatan iklan yang menarik akan berbanding lurus dengan ketertarikan masyarakat sehingga meningkatkan daya beli terhadap suatu produk. Tak heran banyak muncul contoh iklan penawaran yang dibuat sedemikian rupa untuk menarik hati konsumen.

Pembuatan iklan sendiri sering kali harus menggunakan bumbu-bumbu inovasi tiada henti. Mereka yang mampu memenangkan permainan pasar tentu mereka yang memiliki ide-ide segar dan menuangkannya di dalam iklan. Namun apa sebenarnya contoh iklan penawaran itu?

Apa Itu Iklan Penawaran?

Iklan penawaran merupakan salah satu jenis promosi alam memperkenalkan suatu produk atau jasa. Tentunya harapan setiap brand melalui iklan penawaran ini adalah agar masyarakat dapat mengetahui serta menonton iklan tersebut. Setelah menonton masyarakat akan aware dengan keberadaan suatu barang hingga akhirnya tertarik untuk mencobanya.

Iklan sendiri adalah sesuatu yang bersifat persuasif atau mengajak target audience untuk terdorong melakukan hal spesifik. Dalam hal ini tentu membeli barang atau menggunakan suatu jasa.

Perkembangan zaman yang semakin modern telah melahirkan berbagai contoh iklan penawaran barang yang kreatif dan super segar. Banyak juga brand-brand yang makin memaksimalkan penggunaan iklan untuk dapat memenangkan persaingan pasar dengan competitor. Namun sebenarnya apa peran penting iklan penawaran dalam suatu brand?

Alasan Pentingnya Keberadaan Iklan Penawaran

Seperti diketahui iklan memiliki 3 fungsi utama dalam mengenalkan suatu produk atau jasa kepada pelanggan. kehadiran iklan akan sangat berpengaruh besar pada suatu brand. Berikut peran penting kehadiran iklan pada suatu brand:

Mengenalkan Produk

Fungsi pertama iklan adalah sebagai jalan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Tanpa iklan orang-orang tidak akan tahu kehadiran suatu produk atau jasa. Dengan iklan maka akan menjadi langkah pertama suatu brand dalam membangun product lifecycle.

Pembuatan iklan yang benar dan tepat sasaran akan membuat iklan semakin dikenal. Begitu pula sebaliknya pembuatan iklan tanpa memperhatikan berbagai aspek hanya berujung pada enggannya pembeli saat melihat produk tersebut.

Menciptakan Demand

Fungsi iklan selanjutnya adalah menciptakan demand terhadap suatu produk atau jasa. Demand dalam hal ini diartikan sebagai suatu permintaan oleh masyarakat. Permintaan menjadi hal yang begitu penting bagi suatu brand.

Tanpa adanya demand dari masyarakat maka produk tidak akan bisa dijual dengan baik. Melalui iklan penawaran inilah akan menjadi cara terbaik untuk mewujudkan demand karena akan memberi contoh mengenai produk, manfaat yang dirasakan, serta dapat menunjukkan bahwa produk tersebut memang dibutuhkan. Hal tersebut akan membuat orang tertarik untuk membeli dan menggunakan produk.

Bersaing Dengan Competitor

Fungsi iklan selanjutnya adalah dapat menjadi media untuk bersaing dengan competitor. Pasalnya tanpa iklan penawaran ini suatu produk akan sulit mengalami perkembangan. Dengan beriklan maka akan membuat produk Anda semakin dikenali oleh masyarakat dibanding dengan competitor Anda.

Contoh Iklan Penawaran yang Kreatif

iklan penawaran barang

Ada beberapa contoh iklan penawaran kreatif yang bisa digunakan sebagai referensi, berikut contohnya:

FedEx

FedEx merupakan salah satu jasa pengiriman yang memiliki branding pengiriman yang begitu cepat. Oleh karena itu mereka memiliki slogan always first yang menjadi paling terdepan dalam pengantaran barang.

Iklan yang digunakan oleh produk ini adalah berupa truk yang menggambarkan bahwa mereka selalu melayani masyarakat dengan cepat. Truk tersebut juga memberikan gambaran bahwa paket konsumen akan segera sampai ke alamat tujuan.

MCDonald’s

Tentu sudah tak asing lagi bukan dengan gerai makanan cepat saji ini? Betul Mc Donalds merupakan gerai makanan yang hampir tersebar di berbagai negara di dunia. Logo M menjadi ciri utama brand ini dengan penggunaan warna yang mencolok dan khas yang menjadi branding utama.

Heinz

Heinz menjadi salah satu produk saus tomat yang terkenal. Dalam iklannya produk ini menggunakan statement “No one grows ketchup like Heinz”. Maksudnya iklan ini akan menyampaikan bawa saus Heinz tidak ada duanya.

Coca Cola

Coca-Cola juga menjadi salah satu minuman yang begitu laris dari dulu hingga sekarang. Brand ini kerap memunculkan campaign yang menarik. Salah satunya adalah “Share a Coke”. Minuman ini tentu telah menarik perhatian orang dari berbagai macam belahan dunia untuk mengkonsumsi Coca-Cola.

Ford

Ford merupakan salah satu merek mobil terbaik. Mobil ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang ke luar kota. Tagline yang digunakan adalah “The City is in your hands” yang akan menggambarkan kemudahan Anda dalam berkeliling dunia.

Nike

Nike sebagai salah satu produsen sepatu terbaik dunia memiliki tagline yang sangat simple yakni “Just do it”. Tagline tersebut membuat Nike mudah dikenal dan orang-orang dapat menemukan makna yang dalam dari sepatu tersebut.

KFC

Seperti halnya MacDonalds, KFC juga merupakan brand yang cukup popular di dunia. Produsen ayam ini kerap menggunakan tagline “Jagonya Ayam” untuk menunjukkan bahwa ayam yang mereka miliki adalah terbaik di kelasnya.

Berbicara contoh iklan penawaran tentu sebagai owner Anda harus memutar otak bagaimana iklan yang dibuat cukup menarik hai pelanggan. mengingat biaya iklan yang tak seberapa ini maka Anda harus benar-benar memastikan jika iklan yang dibuat efektif menarik pelanggan.

Buat Iklan Penawaran Barang Anda Sekarang!

Jangan tunda lagi, Anda sudah mendapatkan inspirasinya. Tapi jika memang Anda masih bingung bagaimana caranya, kami siap membantu Anda lewat layanan kami yang bernama Kreanifity.

Selain itu, Anda juga bisa berkomunikasi dengan kami untuk mendapatkan layanan konsultasi gratis tentang pembuatan website profesional, pembuatan toko online, pembuatan iklan penawaran barang yang efektif, atau pun cara berpromosi di sosial media. Silakan chat kami di WhatsApp sekarang.