Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Investasi Properti Modal Terbatas? Kenali Crowdfunding Berikut

by Lakuuu - 1 May 2022

crowdfunding

Mau investasi properti modal terbatas? Meskipun memiliki modal terbatas, Sobat Lakuuu tetap bisa melakukan investasi. Menggunakan metode crowdfunding bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Investasi menggunakan sistem crowdfunding memungkinkan Sobat Lakuuu untuk menanamkan modal bersama dengan orang lain. Hal ini tentu akan membuat modal yang dikeluarkan lebih minim dibandingkan harus ditanggung sendiri.

Jadi, bisa dikatakan properti milik bersama, karena modal yang didapatkan untuk menjalankan investasi juga bersama. Untuk lebih jelasnya mengenai investasi properti crowdfunding, simak uraian berikut.


Kenali Crowdfunding untuk Kamu yang Ingin Investasi Properti Modal Terbatas

Masih banyak orang berpikir bahwa melakukan investasi properti itu membutuhkan modal besar. Memang benar investasi ini membutuhkan modal besar. Namun, Sobat Lakuuu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada sistem crowdfunding.

Sobat Lakuuu tidak harus mengeluarkan banyak uang ketika menjalankan investasi properti modal terbatas. Melalui sistem crowdfunding modal didapatkan dari patungan bersama beberapa orang. Jadi, properti bisa dibeli melalui website penyedia layanan ini bersama investor lainnya.

Modal yang Sobat Lakuuu harus keluarkan hanya sebesar 1 persen dari harga properti tersebut. Sedangkan sisa kebutuhan modalnya berasal dari investor lainnya. Pembayaran dengan cara seperti ini tentu saja sangat cocok bagi pemilik modal terbatas yang ingin berinvestasi.

Kepemilikan dari properti ini berarti terdiri dari beberapa orang. Kondisi inilah yang membuat properti biasanya diterapkan sistem sewa, lalu keuntungannya dibagi hasil berdasarkan kesepakatan para pemilik.

Sobat Lakuuu tidak perlu khawatir mengenai proses perizinan hingga manajemen properti. Karena terkait hal ini sudah diurus oleh pihak yang bertugas sebagai fasilitator crowdfunding. Sistem ini memang memiliki keuntungan, tapi juga tidak lepas dari kekurangan.


Kelebihan dan Kekurangan Crowdfunding untuk Investasi Properti Modal Terbatas

Bagi Sobat Lakuuu yang menghindari transaksi riba, maka crowdfunding bisa menjadi investasi tepat. Mengapa? Karena hasil keuntungan diperoleh dari hasil sewa atau transaksi jual beli, bukan dari bunga.

Investasi properti modal terbatas crowdfunding memang memiliki banyak keuntungan, tapi tidak terlepas dari yang namanya kekurangan. Beberapa kelebihan dari crowfunding yang bisa diperoleh oleh penggunanya antara lain.
 
1. Aman dan Legal
Kelebihan pertama teknik crowdfunding adalah aman dan legal. Jadi, Sobat Lakuuu tidak perlu khawatir terhadap penipuan. Masa sekarang ini, di Indonesia telah banyak situs crowdfunding di bawah pengawasan lembaga Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.
 
Sehingga segala bentuk transaksi yang berlangsung, baik itu pengeluaran maupun pemasukan aman. Tapi, Sobat Lakuuu harus tetap berhati-hati. Pastikan bahwa penyedia yang Sobat Lakuuu pilih memang terpercaya dan di bawah naungan OJK.
 
Sudah ada daftar penyedia sistem crowdfunding yang terdaftar OJK. Lebih baik hindari menggunakan penyedia yang belum terdaftar secara resmi. Jangan langsung tergiur dengan penawaran keuntungan sangat tinggi, namun tidak wajar.

2. Prosesnya Singkat dan Mudah
Kelebihan kedua yaitu prosesnya singkat dan mudah. Secara umum, penggalangan atau pengumpulan dana untuk modal investasi properti melalui sistem crowdfunding dilakukan secara online atau daring.
 
Jadi, Sobat Lakuuu tidak harus mendatangi tempat penyedia fasilitas tersebut. Hal ini tentu sangat menghemat tenaga dan biaya pengeluaran. Selama memiliki akses internet, proses transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Selain kelebihan, crowdfunding juga memiliki kekurangan. Sobat Lakuuu perlu mempertimbangkan kekurangan ini sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia crowdfunding. Apa saja kekurangannya? Berikut penjelasannya.

3. Keuntungan Tidak Pasti
Kekurangan pertama adalah keuntungan menggunakan sistem crowdfunding ini tidak pasti. Hanya ada dua pilihan yang akan Sobat Lakuuu hadapi yaitu untung atau rugi, all or nothing.
 
Sobat Lakuuu akan memperoleh keuntungan apabila aset investasi tersebut berjalan dengan lancar. Besarnya keuntungan menyesuaikan dengan hasil sewa atau jual beli, sehingga tidak dapat dipastikan jumlahnya.
 
Sedangkan apabila terjadi suatu masalah, Sobat Lakuuu harus siap menerima resiko kehilangan dana investasi. Seperti yang kita ketahui, investasi jenis apapun itu tentu memiliki tingkat resikonya masing-masing, begitu juga dengan sistem ini.

4. Tidak Likuid
Kekurangan kedua adalah crowdfunding properti memerlukan waktu jangka panjang dan cukup lama hingga akhirnya Sobat Lakuuu bisa menikmati hasil keuntungan. Hal ini karena jenis investasi ini bersifat tidak likuid.
 
Tingkat likuiditasnya tidak seperti emas. Meskipun sistem investasinya crowdfunding, proses pencairannya tetap tidak mudah. Biasanya pencairan keuntungan sudah memiliki jadwal khusus atau bisa juga menunggu hingga propertinya laku.
 
Selama asset tersebut belum berhasil disewakan atau dijual, maka Sobat Lakuuu tetap belum bisa menikmati keuntungan. Jadi, melihat lokasi properti tersebut dibangun juga bisa menjadi pertimbangan penting.
 
Bisa saja karena lokasinya kurang strategis menjadi sulit untuk dijual. Inilah yang membuat Sobat Lakuuu perlu mempertimbangkan juga area properti. Tujuannya, supaya nantinya modal yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia.
 
Dari kelebihan dan kekurangan tersebut, Sobat Lakuuu bisa menimbang kembali untuk menjalankan sistem crowdfunding atau tidak. Ingat, bahwa investasi properti modal terbatas ini juga memiliki risiko, sehingga Sobat Lakuuu harus siap dengan konsekuensi yang ada.


Bagikan artikel

Artikel Terkait

prosedur-anjak-piutang
Insight
Prosedur Anjak Piutang agar Pengajuan Disetujui
Sebelum mengajukan pembiayaan untuk berbagai kepentingan usaha, sebaiknya Anda mengetahui prosedur dan persyaratan...
efek-pay-later
Insight
Menjadi Alat Utama Pembayaran, Ini 5 Efek PayLater yang Tidak Kamu Sadari
Sobat Lakuuu pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran PayLater yang marak digunakan ini kan? Sistem pembayaran ...
seberapa-penting-menabung
Insight
Seberapa Penting Menabung? Simak Berbagai Manfaatnya Sejak Dini!
Seberapa penting menabung? Pasti sudah sangat mengerti jika istilah menabung mempunyai makna ...
investasi
Insight
Apa Sih Sebenernya Investasi Itu? Simak Penjelasannya Berikut Ini!
Secara umum, pengertian investasi adalah suatu penanaman dana atau aset oleh perusahaan maupun ...