Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

5 Digital Marketing Plan Yang Powerful

by Lakuuu Editorial Updated at 8 November 2022

digital-marketing-plan

Perusahaan akan bisa berkembang dengan lebih cepat apabila bisa menggunakan digital marketing plan yang tepat dan juga powerfull. Dunia digital sudah sangat berkembang, dan memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa mendapatkan pasar bagi perusahaan. Jangkauan yang sangat luas dari dunia digital memberikan kesempatan untuk perusahaan supaya bisa berkembang dengan pesat. 

Dalam dunia digital itu ada beberapa marketing plan yang bisa dipergunakan untuk bisa membantu perusahaan semakin berkembang. Kalian bisa memilih salah satu marketing plan yang kalian suka, atau kalian bisa juga menggunakan semuanya agar bisa mendapatkan hasil maksimal. 

Berikut kami akan informasikan beberapa marketing plan yang biasa dipergunakan di dunia digital yang mungkin cukup menjanjikan.

Menerapkan SEO 

Marketing plan yang pertama yang bisa dibilang sangat powerfull untuk bisa mengembangkan perusahaan itu adalah menerapkan SEO. SEO itu adalah sebuah konsep untuk membuat konten di dalam situs itu bisa lebih mudah untuk dicari dengan menggunakan mesin pencari. Hasil dari digital marketing plan ini adalah situs perusahaan kalian nantinya akan bisa muncul pertama di hasil pencarian menggunakan mesin pencari tersebut. 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam penerapan SEO tersebut yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Berikut ini beberapa langkah untuk bisa menerapkan SEO pada konten yang kalian buat di dalam situs resmi perusahaan. 

  1. Langkah yang pertama adalah menggunakan keyword yang tentunya tepat untuk konten yang kalian buat. Penempatan keyword dan jumlah keyword menjadi salah satu poin penting dalam pembuatan konten untuk situs kalian.
  2. Langkah yang kedua adalah penempatan link khusus di dalam konten yang mungkin akan berhubungan dengan produk yang kalian jual. Ini akan sangat membantu marketing dan juga bisa membantu dalam penerapan SEO juga. 
  3. Langkah yang ketiga adalah menggunakan back link, ini akan membantu link situs kalian itu untuk lebih mudah ditemukan mesin pencari. 
  4. Langkah yang terakhir adalah menggunakan tools bantuan yang tersedia di Google untuk melakukan analisa terhadap konten. Digital marketing plan ini memang berfokus pada kemudahan untuk akses ke situs kalian melalui mesin pencari. 

Membuat Konten Yang Menarik

Marketing plan yang kedua adalah membuat konten yang menarik di dalam situs perusahaan, bukan melulu soal produk kalian. Konten yang berhubungan dengan produk itu terkadang justru bisa memberikan kesempatan yang lebih besar untuk orang melakukan pembelian. Konten tersebut sebenarnya bertujuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh customer dengan informasi yang berguna. 

Jadi kalian bisa membuat konten informatif yang nantinya akan mendukung produk kalian untuk bisa semakin terlihat berguna. Hal ini akan membantu orang untuk menyadari pentingnya produk kalian dan kemudian akan ada kesempatan untuk mendapatkan penjualan. Misalnya kalian menjual produk alat traveling, maka kalian bisa membuat informasi tips aman traveling yang salah satunya memakai produk kalian. 

Menurut beberapa survei memang saat ini kebanyakan orang lebih mudah untuk membeli produk ketika ada informasi yang membuka pikiran mereka. Jadi dibandingkan dengan iklan bertubi-tubi, lebih baik memberikan informasi yang berguna yang masih berhubungan dengan produk. Ini menjadi digital marketing plan yang sangat powerfull untuk membangun bisnis digital kalian dengan baik. 

digital marketing plan

Memanfaatkan Iklan PPC

Marketing plan yang berikutnya adalah memanfaatkan iklan PPC atau Pay Per Click untuk bisa mendapatkan lebih banyak engagement. Google menyediakan iklan PPC yang bisa kalian pergunakan untuk bisa menampilkan link atau situs perusahaan kalian. Sistem ini cukup hemat, karena kalian hanya membayar ketika ada orang yang klik iklan yang ditampilkan tersebut. 

Iklan ini akan terpampang pada hasil pencarian yang mungkin berhubungan dengan link atau jenis bisnis digital kalian. Jadi kemungkinan untuk orang melihat situs kalian itu akan jadi jauh lebih besar, dan hal ini menjadi langkah marketing yang sangat efektif. Bila dipadukan dengan konten yang menarik, maka akan membuat link yang kalian miliki itu bisa lebih banyak dikunjungi orang lho. 

Jadi sebenarnya iklan PPC ini masih menjadi salah satu digital marketing plan yang jitu dan juga powerfull untuk digunakan lho. 

Menggunakan Email Marketing

Marketing plan selanjutnya adalah email marketing yang bisa dipergunakan untuk bisa menjaga pelanggan yang ada dan juga mendapat pelanggan yang baru. Email marketing ini memang menjadi teknik untuk membangun kesadaran merek, menjaga nama brand tetap diingat, dan mendorong untuk membeli lagi. Ada beberapa jenis konten yang bisa dibagikan melalui email marketing ini, berikut beberapa di antaranya. 

  1. Informasi mengenai promo atau juga diskon, ini adalah konten yang bisa dibagikan melalui email dalam email marketing. Promo dan diskon ini mungkin akan bisa menarik orang untuk melakukan pembelian dengan cepat.
  2. Informasi soal tips dan trik dan juga mungkin mengenai update dari usaha atau bisnis kalian itu seperti apa.

Memanfaatkan Sosial Media

Marketing plan yang terakhir adalah memanfaatkan sosial media, kalian bisa membuat konten yang menarik dan berhubungan. Ini menjadi marketing gratis untuk banyak orang, karena banyak sekali orang yang mencari informasi produk melalui sosial media.

Kalian bisa juga memanfaatkan Lakuuu.id yang menyediakan layanan pembuatan website dan juga layanan digital marketing lho. Layanan yang disediakan itu memang sangat lengkap namun ditawarkan dengan harga yang terbilang cukup kompetitif. Gunakan Lakuuu agar bisnismu semakin lancar!