Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Faktor-Faktor Yang Tidak Mendukung Kesuksesan Bisnis Dan Solusinya

by Lakuuu Editorial 13 December 2022

faktor-faktor-yang-tidak-mendukung-kesuksesan-bisnis

Tanpa disadari, seorang pengusaha bisa saja melakukan hal-hal yang bisa membuat bisnisnya gagal. 

 

Oleh karena itu dalam artikel ini kami ingin menuangkan faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis yang seharusnya tidak dilakukan oleh siapapun yang sedang mengembangkan bisnis mereka.

 

Mari kita lihat faktor-faktor tersebut sekarang.

 

Memulai Bisnis Berdasarkan Hal Yang Disukai

 

Memang banyak nasihat bisnis menyebutkan bahwa jika kita memulai bisnis berdasarkan sesuatu yang kita sukai, misalnya hobi kita, itu akan membuat hasrat kita untuk mengembangkan bisnis selalu hidup dan kuat.

 

Tapi pada faktanya, meskipun punya hasrat yang kuat untuk menjadikan hobi kita sebagai bisnis, seseorang juga harus memikirkan apakah hobinya ini benar-benar ada pasarnya atau peminatnya.

 

Bisnis yang baik selalu dimulai dari pertanyaan ini:

 

Apakah usaha yang akan saya buka ini ada pasarnya? Ada yang membutuhkan produk saya atau jasa saya?

 

Jika jawabannya adalah Ya, maka besar kemungkinan upaya Anda untuk membangun bisnis yang sukses akan menjadi kenyataan.

 

Buka Toko atau Tempat Usaha Di Lokasi Yang Salah

 

Ya, jika Anda salah lokasi, maka bisa-bisa Anda tidak akan mencapai target yang diinginkan. Contohnya, Anda seorang ahli beladiri Karate, dan Anda berminat membuka bisnis tempat latihan Karate dengan tujuan membantu orang-orang untuk bisa membela diri saat terancam oleh aksi kejahatan., tapi Anda membuka tempat tersebut di area dimana kebanyakan orang yang tinggal disana adalah orang-orang yang rumahnya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan, penjaga keamanan dan juga cctv.  Maka kemungkinan besar tempat latihan Karate Anda akan selalu sepi karena orang-orang tersebut tidak akan berminat karena mereka sudah merasa aman.

 

Sebaliknya, jika Anda membuka tempat latihan Karate tersebut di area dimana banyak orang harus berjalan kaki saat pulang atau pergi, dan ada banyak kejahatan disekitar situ, dan diarea dengan pemukiman padat, kemungkinan besar tempat latihan Karate Anda akan lebih ramai.


faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis


Tidak Membuat Perjanjian Tertulis

 

Dalam bisnis, jangan hanya asal percaya, Anda harus selalu memiliki perjanjian tertulis dengan siapapun yang bekerjasama dengan Anda.

 

Perjanjian tertulis akan melindungi Anda dari kerugian dan jika itu ditanda tangani diatas meterai, itu sah secara hukum dan melindungi Anda secara hukum juga. Jika tanpa ada perjanjian tertulis, ini juga akan memudahkan orang lain yang berbisnis dengan Anda untuk menipu Anda karena Anda tanpa perlindungan apapun.

 

Berfokus Pada Modal, Bukan Biaya Marketing

 

Memang untuk membangun suatu usaha diperlukan sebuah modal. Jelaslah, tanpa modal maka tidak ide bisnis Anda hanya akan menjadi sebatas angan saja. 

 

Itu sebabnya banyak orang berupaya dengan keras untuk mengumpulkan atau mendapatkan modal untuk usaha mereka, kemudian setelah modal terkumpul, mereka mulai membangun bisnis impian mereka.

 

Mungkin ada yang menggunakan modalnya untuk membeli atau menyewa bangunan yang akan dijadikan kantor atau toko mereka, ada juga yang menggunakan modal untuk pengadaan produk, dan juga ada yang berfokus pada pengadaan sumber daya.

 

Semua hal itu bagus, tapi jika Anda mengumpulkan dana hanya untuk membuat bisnis Anda berdiri, tapi Anda lupa untuk juga menyediakan biaya untuk memarketingkan bisnis Anda, maka sebenarnya bisnis Anda telah ditentukan untuk gagal.

 

Sebuah bisnis tanpa adanya marketing sama halnya dengan sebuah mobil tanpa ban. Tidak akan beranjak kemana-mana. Jika tanpa biaya marketing, bisnis Anda tidak akan dikenal oleh siapapun, hasilnya, bisnis Anda diam ditempat dan tidak bisa berkembang sama sekali.

 

Ini salah satu faktor yang menyebabkan sebuah bisnis gagal dalam prosesnya. Ini merupakan sebuah kesalahan yang fatal. 

 

Pada faktanya, biaya marketing harus selalu lebih besar daripada biaya untuk mendirikan bisnis itu sendiri. Biaya untuk mendirikan bisnis boleh dibilang adalah biaya satu kali saja, sedangkan biaya marketing adalah biaya berulang yang harus selalu bisa dipenuhi oleh pelaku usaha.

 

Kunci sukses bisnis adalah pada marketingnya, sedangkan jika tanpa ada biaya marketing, maka tidak akan ada promosi yang terjadi, dan Anda pasti sudah tahu bagaimana hasil akhirnya nanti.


faktor-faktor yang tidak mendukung kesuksesan bisnis adalah

 

Menyediakan Modal Kecil Untuk Marketing dibanding Untuk Mendirikan Bisnis

 

Berbeda dengan hal diatas yang sama sekali tidak menyediakan biaya untuk marketing, kali ini ada orang yang mau mulai usaha dengan menyisihkan budget kecil jika dibandingkan biaya pendirian usahanya itu sendiri, dan dengan harapan budget kecil tersebut akan cukup untuk memenuhi kebutuhan marketing mereka.

 

Ini sesuatu yang salah. Meski pada dasarnya Anda punya biaya marketing, tapi kalau biayanya lebih kecil dari biaya pendirian bisnis, maka Anda akan segera menyadari bahwa budget Anda tidak akan mencukupi untuk bisa melakukan proses marketing yang terarah dan benar.

 

Bisnis Anda Hanya Ada Didunia Offline

 

Ini dia faktor lain yang bisa membuat bisnis Anda gagal. Mari kita kembali ke contoh tempat latihan Karate diatas. Anggaplah seseorang membuka tempat latihan Karate ditempat atau area dimana tidak banyak orang membutuhkannya. Jika informasi tempat latihannya hanya ada di tempat latihannya, maka tidak akan ada banyak orang yang tahu tentang tempat latihan tersebut.

 

Beda halnya jika pemilik tempat latihan itu punya website dan kemudian mengiklankan website mereka yang berisi informasi tentang tempat latihan Karate-nya. Orang-orang diluar area tersebut akan terinformasi, dan jika memang mereka membutuhkannya, mereka akan tahu bahwa ada tempat untuk belajar Karate diarea tersebut.

 

Saat ini, setiap bisnis offline hendaknya juga punya wajah didunia online.

 

Ingin Dibantu Untuk Punya Wajah Didunia Online?

 

Melalui layanan digital marketing kami, Anda bisa terbantu untuk mendapatkan penjualan atau klien lewat proses marketing online.

 

Hubungi kami dengan chat di WhatsApp untuk menanyakan hal-hal seputar layanan ini dan manfaatnya untuk Anda.