Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

10 Sosial Media Terbaik Untuk Promosi Produk Anda

by Lakuuu Editorial 6 December 2022

sosial-media-terbaik

Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan produk adalah dengan memanfaatkan sosial media.

 

Tidak soal sosial media apa yang Anda gunakan, pasti akan selalu ada hasilnya. Namun sebagai pemiliki produk, Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik dari promosi di sosial media.

 

Itu berarti Anda perlu melakukan promosi dengan impact yang tinggi dan terasa namun juga hemat waktu dan efisien dalam prosesnya.

 

Oleh karena itu, kami ingin merangkumkam sosial media mana saja yang terbaik yang bisa segera Anda gunakan untuk promosi produk-produk Anda.

 

Berikut ini 12 sosial media terbaik yang paling efektif untuk digunakan dalam memperkenalkan produk-produk Anda.

 

1. Facebook

 

Dari tahun ketahun, Facebook selalu menjadi sosial media urutan pertama yang jangan sampai tidak Anda manfaatkan. Sebagai pebisnis, Anda bisa membuat Facebook Page berisi konten yang berhubungan dengan produk Anda, sambil mempromosikan produk Anda juga. Untuk melakukannya, ada banyak cara. Misalnya Anda bisa menggunakan foto atau video dan bahkan Anda juga mengupload katalog produk Anda di Facebook.

 

2. Youtube

 

Website video sharing ini memiliki sekitar 2 miliar pengunjung setiap bulannya. Oleh karena itu, jika Anda bisa membuat video yang berkaitan dengan produk Anda, maka gunakanlah Youtube. Jika Anda ingin beriklan di Youtube, Anda bisa dengan mudah melakukannya juga. Semakin sering orang menonton video iklan Anda, maka branding produk Anda pun akan semakin menjadi.

 

3. WhatsApp

 

Saat ini, WhatsApp juga menyediakan fitur Community, selain Anda dapat membuat WhatsApp Grup. Jadi jika Anda berupaya menarik orang untuk bergabung dengan Anda di Community atau Grup di WhatsApp, maka langkah selanjutnya hanya tinggal kirim update-update seputar produk Anda dan juga penawaran produk Anda. Hasilnya akan sangat efektif.

 

4. Instagram

 

Kita tahu Instagram sangat sering digunakan untuk berpromosi produk. Selain melalui Halaman Bisnis Anda di Instagram, Anda juga bisa membuat iklan yang bisa tayang dengan menyasar demografi tertentu dari pengguna Instagram. 

 

5. Tiktok

 

Jangan lewatkan Tiktok untuk berpromosi. Awal-awal, Anda bisa gunakan Iklan Tiktok untuk memperkenalkan atau menjual produk Anda. Belakangan ketika TikTok Anda sudah memiliki lebih dari 1000 followers, Anda bisa memasang link di bio halaman Anda, dan link ini bisa Anda arahkan ke website atau toko online Anda sehingga para follower atau orang lainnya yang singgah ke TikTok Anda bisa diarahkan untuk membeli produk Anda. Cara yang ampuh dalam menggunakan TikTok adalah menjalankan keduanya, yaitu Iklan TikTok dan juga update halaman TikTok Anda dengan video secara terus menerus.

 

sosial media terbaik


6. Telegram

 

Memiliki fungsi yang sama seperti WhatsApp, Telegram dapat menjadi sarana ampuh berpromosi produk. Caranya sama, Anda perlu membuat Channel Telegram, lalu mengarahkan orang untuk join dan setelah mereka join, Anda bisa mulai secara rutin memberi mereka update atau penawaran produk di Channel tersebut. Karena orang-orang ini sudah berminat dengan produk Anda, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan konversi yang bagus dari menggunakan Telegram sebagai sarana promosi.

 

7. LinkedIn

 

LinkedIn adalah sosial media bagi para profesional. Biasanya baik perusahaan maupun individu menggunakan LinkedIn untuk merekrut orang atau untuk mencari lowongan pekerjaan. LinkedIn dipenuhi individu yang memang ingin dan suka berbisnis. Oleh karena itu, bisnis Anda pun perlu ada di LinkedIn. Anda bisa membuat halaman pribadi tentang Anda maupun halaman khusus untuk perusahaan Anda. Lalu cobalah untuk konek awal-awal keteman-teman Anda yang sudah ada di LinkedIn dan belakangan kepada siapapun yang Anda rasa punya potensi akan membawa hasil baik bagi bisnis Anda.

 

8. Twitter

 

Boleh dibilang, kalangan yang bergabung di Twitter adalah kalangan yang lebih dewasa dibanding para pengguna Facebook atau TikTok misalnya. Oleh karena itu, jika produk Anda menyasar orang-orang semacam itu, maka bisnis Anda perlu memiliki akun Twitter yang aktif. Setiap update tentang perusahaan atau produk Anda bisa diposting di akun Twitter Anda. Seraya Anda mendapatkan lebih banyak follower, bisnis Anda akan semakin dikenal.

 

9. Pinterest

 

Pinterest merupakan sosial media berbagi gambar yang sangat ampuh. Namun memang orang Indonesia jarang menggunakannya karena platform ini lebih sering digunakan untuk pasar luar Indonesia. Tapi kalau memang produk Anda tipenya mudah difoto dan bisa menghasilkan banyak foto, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan Pinterest. Setiap foto yang Anda upload ke Pinterest akan terbaca oleh Google juga. Jadi ketika orang menggunakan Google dan mencari hal-hal yang berhubungan dengan produk Anda, Google bisa menampilkan foto tersebut, dan tentu saja jika gambar itu dikunjungi, orang akan mengetahui bahwa Anda menjual produk yang sedang mereka cari itu.

 

10. Quora

 

Quora adalah website tanya jawab. Ada Quora untuk bahasa Indonesia juga. Jadi jika Anda sudah mendaftar di Quora, cobalah jawab pertanyaan-pertanyaan yang ada disana. Tidak perlu selalu pertanyaan yang berhubungan dengan produk Anda. Pertanyaan apa saja bisa Anda jawab, karena para pengguna akan melihat nama Anda dan akan klik sehingga pada akhirnya mereka akan melihat profile Anda. Di profile ini Anda akan mencantumkan semua tentang bisnis Anda. Dengan demikian, bisnis Anda akan semakin dikenal.

 

Promosi Praktis Di Sosial Media dari Lakuuu ID

 

Mengelola sosial media dan berpromosi disana tidak selalu mudah, mungkin karena keterbatasan waktu dan juga pengetahuan tentang digital marketing di sosial media. Jika Anda mau, Anda bisa memanfaatkan layanan promosi ke sosial media dari Lakuuu ID

 

Berminat? Silakan chat di WhatsApp dengan tim marketing kami.