Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

10 Tempat Beli Domain Yang Bagus

by Lakuuu Editorial 7 December 2022

tempat-beli-domain-yang-bagus

Untuk memulai bisnis online, Anda harus punya nama domain terlebih dahulu. Ini mutlak diperlukan karena untuk punya sebuah website yang kredibel, harus ada domain yang mewakili website tersebut.

 

Misalnya kami di Lakuuu, nama perusahaan kami adalah Lakuuu dan kami membuka layanan digital marketing untuk masyarakat dan pebisnis Indonesia, maka kami memilih nama domain Lakuuu.Id.

 

Memang jika nama perusahaan Anda menjadi nama domain Anda, ini merupakan sesuatu yang ideal, tapi bisa saja ternyata nama domain yang Anda inginkan sudah tidak tersedia lagi.

 

Jika hal itu terjadi, maka Anda bisa mencari nama domain alternatif yang bisa mewakili bisnis Anda. Sebagai contoh, nama domain Bebek Kaleyo sudah tidak tersedia, maka pemilik bisnis membeli domain yang juga berhubungan, yaitu Kaleyo.com.

 

Namun untuk membeli domain, Anda tidak bisa sembarangan membeli ditempat-tempat yang tidak bisa dipercaya.

 

Maksudnya tidak bisa dipercaya adalah dikarenakan banyak sekali website-website yang melayani pembelian domain, tapi ternyata mereka bukan sungguh-sungguh penyedia domain tersebut, melainkan hanya reseller saja. 

 

Sekarang bayangkan jika Anda membeli dari website reseller dan belakangan website tersebut tutup, apa yang akan terjadi dengan domain Anda? Pasti akan terjadi masalah.

 

Tapi bukan berarti membeli di Reseller itu salah. Yang salah adalah membeli dari reseller yang tidak serius, yang bisa membahayakan bisnis Anda dikemudian hari.

 

Ada banyak juga website reseller domain yang bisa dipercaya. 

 

Berikut ini daftar 10 Tempat Membeli Domain Yang Bagus

 

  1. Namecheap
  2. Godaddy
  3. Google Domains
  4. Lakuuu
  5. NiagaHoster
  6. Domainesia
  7. IdcloudHost
  8. Rumahweb
  9. IDWebHost
  10. DewaWeb

 

Nomor 1-3 diatas adalah website tempat Anda bisa membeli domain yang bisa dipercaya karena mereka adalah benar-benar penjualnya sendiri, bukan reseller.

 

Kemungkinan mereka akan tutup sangatlah kecil karena bisnis mereka terus berjalan dan selalu punya income mengingat klien mereka sudah sangat banyak.

 

Namun dari ketiga penyedia domain diatas, kami merekomendasikan Namecheap sebagai tempat pembelian domain yang paling bisa dipercaya.

 

Selain harganya selalu ada diskon, Namecheap juga sangat menghargai privasi pembeli domain. Mereka menyediakan layanan WhoIsGuard atau layanan untuk melindungi privasi pembeli domain secara gratis.

 

Sedangkan di Google Domains, tentu saja aman juga, tapi harga di Google Domains lebih mahal daripada Namecheap dan Godaddy.

 

Pembelian Domain Dari Lakuuu

 

Kami di Lakuuu adalah penyedia layanan ecommerce builder, website perusahaan dan juga all in one digital marketing.

 

Oleh karena itu, nama domain merupakan bagian integral dalam layanan kami mengingat untuk membuat toko online dan website, diperlukan nama domain.

 

Maka Lakuuu ID juga menjadi penyedia pembelian domain bagi Anda yang bisa Anda percaya. 

 

tempat beli domain yang bagus

Penyedia Domain dari Indonesia

 

Nomor 5-10 pada daftar diatas adalah penyedia layanan pembelian domain dari Indonesia. Semua mereka adalah reseller nama domain, dan mereka ini para reseller yang bisa dipercaya.

 

Bisnis utama layanan mereka adalah menyediakan berbagai jenis hosting. Jadi, masuk akal jika mereka juga menyediakan layanan bagi para pengguna hosting untuk bisa mendapatkan nama domain.

 

Jika Anda membeli domain dari salah satu dari mereka, maka bisa dipastikan bahwa nama domain Anda akan aman.

 

Tapi perlu diingat, untuk urusan privasi, Anda harus membayar layanan perlindungan data privasi kepada mereka. Biaya tiap-tiap layanan hosting diatas untuk perlindungan privasi berbeda-beda, mulai dari Rp 10.000/tahun sampai Rp 100.000/tahun.


Kenali Juga Resikonya

 

Beda halnya dengan membeli domain di Namecheap, membeli domain ditempat lain akan punya resiko yang tidak terduga. Ini berkaitan dengan perlindungan bisnis Anda.

 

Misalkan Anda punya sebuah website yang sudah berjalan dengan baik. Suatu hari ada kompetitor Anda yang menyurati tempat Anda membeli domain bahwa website Anda telah melanggar hak cipta tertentu dari kompetitor Anda ini dan mereka ingin nama domain Anda segera dinonaktifkan.

 

Jika hal ini terjadi, dan Anda membeli domain tersebut di Namecheap, maka Namecheap akan mengkonfirmasi hal ini terlebih dahulu kepada Anda dan membantu Anda untuk memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa Anda tidak melanggar apa-apa.

 

Dipihak lain, jika Anda membeli domain bukan di Namecheap, bisa jadi domain Anda akan langsung di nonaktifkan.

 

Bayangkan jika Anda sedang menggunakan layanan iklan dan tanpa Anda ketahui, website Anda mati. Maka Anda akan terbuang biaya untuk iklan tanpa mendapatkan konversi apa-apa sampai Anda menyadari bahwa ternyata domain Anda sudah tidak aktif.

 

Ini resiko yang perlu Anda ketahui.

 

Memang membeli domain itu sangat mudah, namun tidak banyak orang yang tahu bahwa selalu ada resiko kehilangan domain jika Anda membeli bukan pada tempat yang tepat.

 

Pilih Tempat Membeli Domain Yang Tepat

 

Seperti sudah diulas diatas, Anda sudah punya bayangan sekarang dimana sebaiknya Anda membeli domain.

 

Tapi jika ternyata Anda ingin membeli domain dengan akhiran co.id, maka Anda hanya bisa membelinya dari website-website penyedia domain dari Indonesia. Kami di Lakuuu ID siap membantu Anda mendapatkan domain co.id dan bahkan bukan itu saja.

 

Jika Anda ingin membuat toko online bersama Lakuuu, kami akan sediakan domainnya dan Anda bisa mulai membuat toko online Anda sendiri dengan mudah.

 

Jika Anda lebih berminat pada pembuatan website perusahaan dan promosi digital marketingnya, Anda bisa gunakan layanan dari kami juga. Silakan lihat disini layanan kami dan Anda bisa chat dengan kami lewat WhatsApp dengan klik disini.