Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Tips Strategi Marketing Arief Muhammad, Selalu Viral!

by Lakuuu 14 April 2022

tips-strategi-marketing-arief-muhammad-selalu-viral
Meskipun saat ini belum mengenal dampak influencer namun strategi marketing Arief Muhammad banyak diikuti oleh para pebisnis muda. Sebenarnya apa alasan dari fenomena ini, sehingga diikuti banyak orang?

Sosok influencer ini baru-baru ramai dibicarakan karena sedang happening di media sosial soal tren ikoy-ikoyan. Meskipun masih menjadi pro-kontra di kalangan pengguna media sosial, namun tren ini memiliki banyak peminat.

Tidak hanya itu, sosok creativepreneur serta content creator ini sempat menghebohkan netizen karena ulahnya. Bukan karena sensasi atau tindakan negatif, melainkan inovasi unik serta berbeda dari pihak lain.

Hal paling penting untuk mempertahankan bisnis adalah melakukan personal branding, dengan usaha ekstra dan memakan waktu. Meskipun tampak mudah, namun nyatanya susah sekali dilakukan, perlu pengorbanan.

Strategi Marketing Arief Muhammad, Personal Branding


Membentuk sebuah identitas dalam pemasaran atau marketing adalah suatu hal penting, dan tidak boleh terlewatkan. Baik melakukan identifikasi secara internal atau eksternal, keduanya sama-sama penting.

Apabila proses pembentukan identitas (identifikasi) dengan menggabungkan aspek internal dan eksternal berjalan lancar, maka akan tercipta persona. Bagaimana sebuah merek dan ciri khas akan dibawa ke hadapan konsumen.

Tahapan berupa identifikasi rupanya berlaku untuk perorangan, sosok, atau tokoh, terutama seorang influencer. Arief menjalankan tahapan fundamental ini dalam serangkaian marketing ke hadapan para konsumen.

Jika dilihat dari unggahan di media sosial, Arief merupakan anak muda sukses, suka bercanda, santai, namun tetap asyik. Persona seperti ini sebenarnya sudah ditampilkan sejak lama, yaitu ketika bermain Twitter.

Saat itu, dimulai dari sebuah akun @poconggg, Arief mulai menuliskan cuitan demi cuitan jenaka bagi para pengikutnya. Sifat jenaka dan bercanda ini diteruskan hingga penulisan buku berjudul “Poconggg juga Pocong”.

Kala itu, sosok influencer ini belum sesukses dan sepopuler sekarang, masih dikenal sebagai sosok yang suka berkicau di Twitter. Persona @poconggg masih bertahan hingga saat ini, di kalangan followers lama.

Ketika menentukan persona untuk ditampilkan ke hadapan masyarakat luas, terutama pengguna media sosial, tidak ada ukuran benar dan salah. Selama hal tersebut selaras dengan minat pemirsa, tidak menjadi masalah.

Berkat persona atau image santai dan asyik ini, unggahan di media sosial dengan foto barang mewah tidak akan dianggap pamer. Karena konteks dari awal hanya untuk have fun saja.

Dari persona semacam ini, Sobat Lakuuu dapat mengambil kesimpulan serta menentukan seperti apa sebuah bisnis akan ditampilkan. Apakah akan membantu atau justru menghancurkan eksistensinya ketika mulai dirintis?

Strategi Marketing Arief Muhammad Paling Jitu


Saat ini, digital marketing adalah salah satu strategi paling efektif untuk memperoleh konsumen baru dan jangkauan lebih luas. Salah satunya adalah dengan membuat beberapa konten, lalu apalagi tips selain itu?

1.  Memanfaatkan Kreativitas di Era 4.0

Menciptakan konten viral bukanlah tujuan utama dalam bermedia sosial, karena viral hanya sebuah bonus. Untuk memberikan keuntungan jangka panjang, buatlah konten berkualitas yang berkaitan dengan produk usaha.

Perubahan pasti selalu ada, dan berjalan semakin cepat, sehingga diperlukan kreativitas tanpa batas untuk mengatasi keadaan semacam ini. Jika ingin lebih dikenal, tidak ada salahnya memberikan kualitas terbaik untuk pemasaran.

2.  Berinteraksi dengan Followers

Di media sosial sekarang, audiens lebih banyak menggunakan interaksi santai dan fun, sehingga brand juga perlu menyesuaikan. Menjadi interaktif bukanlah sebuah kesalahan, melainkan strategi marketing Arief Muhammad agar terus diterima.

Jika konsumen saja santai, maka sebuah usaha tersebut juga harus mengikuti agar tercipta sebuah komunikasi relevan antara kedua pihak. Memahami karakter para pelanggan adalah sebuah kewajiban para pengusaha.

3.  Membangun Kepercayaan Pemirsa

Oppai Yakitori, salah satu bisnis awal Arief Muhammad, yaitu kuliner khas Jepang dengan mengusung tema street food. Oppai Yakitori membawa banyak kenangan unik bagi para penikmatnya.

Bisnis tersebut sempat gagal, namun dari sini Arief terus belajar dari pengalaman untuk membangun usaha tanpa mengenal lelah. Seorang pengusaha harus mempunyai growth mindset supaya konsumen terus percaya.

4.  Menjadi Unik dan Konsisten

Dua aspek ini sangat wajib ada dalam usaha Sobat Lakuuu, terutama jika ingin bertumbuh lebih pesat. Namun untuk bisa melakukan hal ini, diperlukan usaha ekstra keras secara konsisten.

Strategi Marketing Arief Muhammad, Fungsinya Apa?


Fungsi strategi marketing adalah supaya para pengusaha dapat melihat peluang dengan berbagai sudut pandang. Peluang bisa diciptakan sendiri atau dengan melihat permintaan pasar pada sebuah periode tertentu.

Strategi merupakan alat mewujudkan mimpi dan tujuan masing-masing pengusaha, karena tentunya setiap perusahaan mempunyai perbedaan. Sehingga strateginya juga berbeda, meskipun sama-sama memburu keuntungan di masa depan.

Banyak hal perlu dipertimbangkan dalam menyusun siasat untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah pangsa pasar serta karakter konsumen. Sebagai pengusaha bijaksana, alangkah baiknya mengetahui informasi tersebut.

Mengikuti sesuatu yang viral dan populer memang bukanlah sebuah kesalahan, namun sebaiknya iringi dengan kualitas seimbang. Strategi marketing Arief Muhammad dapat dijadikan sebagai inspirasi atau acuan.