Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Cara Membangun Loyalitas Pelanggan, Strategi Mengembangkan Bisnis

by Lakuuu Team 27 July 2021

membangun-loyalitas-pelanggan
Cara membangun loyalitas pelanggan merupakan salah satu hal penting yang perlu pebisnis ketahui. Mempunyai pelanggan setia adalah suatu prestasi tersendiri dalam suatu bidang usaha. Banyak pengusaha yang berpendapat bahwa dengan mempertahankan loyalitas pelanggan butuh effort yang lebih daripada menarik pelanggan baru.

Perlu Sobat Lakuuu ketahui, sesuai dengan Marketing Metrics apabila sebelumnya para pelanggan melakukan pembelian dari lapak Sobat Lakuuu, sejumlah 60 hingga 70%, maka kemungkinan pelanggan tersebut mau melakukan pembelian lagi. Adanya fakta menarik tersebut tentu dapat menjadi insight menarik bagi Sobat Lakuu yang ingin meningkatkan loyalitas pelanggan.  

Ketahui Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

Pelanggan adalah aset paling berharga bagi perusahaan atau bisnis. Tanpa kehadiran pelanggan, maka suatu bisnis pun akan sulit untuk berkembang ataupun bertahan. Oleh karena itu, manajemen bisnis atau perusahaan mempunyai tantangan tersendiri untuk mempertahankan pelanggannya.

Besarnya loyalitas pelanggan tidak akan terlepas dari besarnya kepuasan yang diperoleh dari produk atau layanan dari brand yang ditawarkan. Maka dari itu, kepuasan pelanggan adalah hal utama yang perlu diperhatikan.

Dengan adanya kepuasan dari pelanggan, menjadi suatu tingkat dimana kebutuhan, keinginan, serta harapan dari para pelanggan dapat terpenuhi. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut atau loyalitas.

Berikut ini sejumlah cara untuk membangun loyalitas pelanggan yang dapat Sobat Lakuuu terapkan, antara lain:

Pemberian Reward Bagi Pelanggan Setia

Bagi para pelanggan setia, dapat Sobat Lakuuu beri kejutan sebagai wujud apresiasi loyalitas. Perhatikan apa saja yang menjadi pilihan serta kegemaran dari para pelanggan Sobat Lakuuu. Hadiah tidak mesti hal yang mewah. Sobat Lakuuu dapat memberi mereka voucher promo, poin belanja, akses dalam layanan eksklusif, konten special, dan lain sebagainya.

Kian sering Sobat Lakuuu memberi layanan terbaik serta reward, maka citra brand Sobat Lakuuu akan semakin baik serta semakin tinggi pula. Kemungkinan pelanggan untuk melakukan spread the good words ke orang-orang sekitar mengenai bisnis yang Sobat Lakuuu jalankan pun semakin tinggi.

Mempunyai Kelebihan Daripada Para Pesaing

Produk yang mempunyai kelebihan daripada pesaing cenderung akan menarik perhatian pembeli. Dengan demikian, pembeli pun tidak akan beralih ke pesaing serta tetap setiap membeli produk Sobat Lakuuu. Kelebihan tersebut dapat berupa fitur lengkap, harga bersaing, rasa atau kemasan menarik, ukuran lebih besar, dan lain sebagainya.

Pelayanan Terbaik

Cara membangun loyalitas pelanggan lainnya adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini dapat Sobat Lakuuu buktikan dengan lebih cepat tanggap serta ramah dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen. Tingkat kecepatan dan keakuratan dalam melayani kebutuhan konsumen merupakan prioritas dalam memberi pelayanan terbaik kepada konsumen.

Hal tersebut seringkali menjadi hal yang cukup menentukan seberapa peduli serta empati perusahaan terhadap keadaan dan kebutuhan konsumen. Sedangkan pada media sosial, hal yang juga masuk dalam kriteria kesuksesan performa pelayanan yakni melalui jumlah response rate yang ada dalam setiap bulannya.

Untuk tingkatkan performa tersebut, sebaiknya terus menjawab pertanyaan pelanggannya sesegera mungkin. Khususnya pada saat prime time konsumen Sobat Lakuuu membuka media sosial. Layani setiap komplain yang datang dengan profesional dan cepat. Selain itu, beri apresiasi atas semua informasi, tanggapan, serta pertanyaan yang Sobat Lakuuu peroleh.

Cara membangun loyalitas pelanggan lainnya adalah menghadirkan inovasi yang berkelanjutan serta produk berkualitas, promosi menarik, dan lain sebagainya. Dengan adanya loyalitas pelanggan sangat membantu Sobat Lakuuu dalam mengembangkan bisnis yang berjalan.