Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Langkah Jitu untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

by Lakuuu Team 28 July 2021

mempertahankan-loyalitas-pelanggan
Kepuasan pelanggan merupakan hal yang paling penting untuk menunjang kemajuan bisnis. Karena langkah mempertahankan loyalitas pelanggan adalah kunci sukses mendapatkan keuntungan dari bisnis. 

Apabila Sobat Lakuuu dapat mempertahankan kepuasan konsumen, maka kemungkinan besar mereka akan terus-menerus datang dari waktu ke waktu. Namun sebaliknya jika merasa tidak puas akan jasa atau suatu produk, maka konsumen akan kapok untuk datang kembali. 

Langkah Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Saat menjalankan bisnis, tentu akan terdapat persaingan yang begitu ketat. Sehingga, Sobat Lakuuu akan membutuhkan trik khusus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal tersebut sangatlah penting, mengingat konsumen yang setia adalah tolok ukur seberapa baik pertumbuhan sebuah usaha.

Perputaran roda bisnis akan stabil meskipun diterpa oleh berbagai kondisi. Hal tersebut tidak lepas dari adanya pelanggan yang tetap loyal. Banyak tantangan untuk menjaga agar konsumen tetap setia. Simak beberapa tips berikut sebagai langkah mempertahankan loyalitas pelanggan untuk tetap memakai produk atau jasa Sobat Lakuuu.

Berikan Perhatian Khusus

Sobat Lakuuu harus memberikan penawaran terbaik untuk pelanggan. Perhatikan kebutuhan apa saja yang diinginkan. Lalu berikan perhatian khusus, contohnya tanyakan keadaan pelanggan sesudah atau sebelum melakukan transaksi. 

Ikatan yang kuat akan menjadikan keberhasilan dalam menjaga loyalitas pelanggan. Maka dari itu, lakukan komunikasi secara intens. 

Tunjukkan sikap komunikatif kepada para pelanggan secara berkala. Hubungi para pelanggan terkait dengan barang dan jasa yang mereka beli dan gali seberapa puas dengan produk-produk yang ada. 

Pelanggan akan merasa lebih dihargai bila ada komunikasi yang terjaga. Lalu, mereka akan merasa mempunyai andil dalam pengembangan produk atau jasa Sobat Lakuuu.

Ciptakan Hubungan Saling Menguntungkan

Sebagai seorang produsen, tentu saja tidak boleh mementingkan keuntungan sendiri. Karena kini pelanggan sudah semakin cerdas dalam membeli produk atau jasa. 

Sebaiknya jalin hubungan baik sebagai langkah mempertahankan loyalitas pelanggan. Caranya adalah dengan memberikan keuntungan satu sama lainnya. 

Beri Hadiah dan Program Menarik

Loyalitas para konsumen dapat Sobat Lakuuu tingkatkan dengan membagikan hadiah secara rutin. Buat strategi khusus supaya hadiah yang diberikan tidak akan memberatkan roda bisnis.

Misalnya saja berikan voucher diskon untuk para konsumen yang setia. Saat meluncurkan produk baru Sobat Lakuuu dapat membagikan voucher tersebut. Dengan demikian, para konsumen akan sangat antusias dalam menyambut produk baru. 

Bahkan bisa jadi mereka akan merekomendasikannya pada calon konsumen lain. Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak positif untuk sebuah bisnis. 

Tawarkan program menarik seperti kartu keanggotaan atau yang lain, seperti pada pusat perbelanjaan pada umumnya. Kepada pelanggan setia, tawarkan program kartu keanggotaan atau member. Lalu berikan penawaran seperti bonus atau diskon tertentu. 

Kartu keanggotaan terbukti dapat menjadi sebuah tanda eksistensi. Selain itu, dapat Sobat Lakuuu jadikan langkah mempertahankan loyalitas pelanggan.

Salah satu program lain yang saling menguntungkan satu sama lain adalah membuka peluang reseller terhadap pelanggan setia. Cara tersebut dapat memberikan keuntungan dan mendapatkan pelanggan baru.

Jujur

Kejujuran merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga loyalitas dari konsumen. Sobat Lakuuu harus transparan saat memberikan info mengenai sebuah produk. 

Jangan memberikan janji-janji bila tidak bisa menepatinya. Sobat Lakuuu harus realistis dan menjaga konsumen tidak kabur sebagai pelanggan setia. 

Meskipun persaingan bisnis kian ketat, Sobat Lakuuu harus semakin cerdas dalam menempatkan konsumen sebagai peluang yang berharga. Untuk itu, lakukan langkah mempertahankan loyalitas pelanggan seperti pada tips di atas.