Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

5 Aplikasi Wajib Pengguna Android, Jangan Kuno

by Lakuuu 13 February 2022

5-aplikasi-wajib-pengguna-android-jangan-kuno
Bagi yang baru beli handphone baru, segera instal beberapa aplikasi wajib pengguna Android. Sistem operasi Android sendiri memang telah menyediakan beberapa aplikasi bawaan yang tidak perlu diinstal secara manual seperti Google Maps, Gmail, Play Store, File Manager dan lain sebagainya.

Namun sebagai generasi milenial tentu kurang lengkap rasanya jika hanya mengandalkan dari aplikasi bawaan ponsel. Seperti pada penggemar game online, maka wajib menginstal aplikasi gaming kesukaan.

Biar nggak ketinggalan zaman, ada beberapa apk yang wajib Sobat Lakuuu install. Apa saja? Yuk, langsung saja simak.

Rekomendasi Aplikasi Wajib Pengguna Android yang Harus Diinstal


Jika membuka Google Play Store sebagai toko aplikasinya ponsel Android tentu ada banyak sekali program yang bisa Sobat Lakuuu manfaatkan, bahkan sebagian besar dapat diinstal secara gratis.

Sebagai generasi zaman now, kurang lengkap rasanya jika Sobat Lakuuu tidak punya beberapa aplikasi ini. Apa saja? Berikut diantaranya 5 aplikasi wajib pengguna Android:

1. WhatsApp Messenger

Salah satu fungsi penting penggunaan ponsel yakni sebagai alat komunikasi. Dengan hadirnya ponsel pintar seperti Android tidak hanya bisa digunakan untuk SMS atau telepon saja, tapi sekarang sudah marak apk chatting.

WhatsApp Messenger menjadi chatting apps paling wajib untuk di-install. Hampir sebagian besar orang di dunia saat ini memanfaatkan WhatsApp sebagai media chatting terbaik karena punya banyak keunggulan.

WhatsApp tidak hanya untuk berkirim pesan saja, tapi pengguna juga dapat mengirim video, gambar, emoji, animasi bahkan dokumen dan lokasi. WhatsApp sangat mendukung kegiatan sehari-hari, terutama dalam hal pekerjaan.

Beberapa keunggulan dari aplikasi ini diantaranya bisa diinstal secara gratis, ukurannya ringan, didukung dengan enkripsi end-to-end, penggunaannya mudah dan masih banyak lainnya. Saat ini WhatsApp bahkan telah mendapatkan beberapa pembaharuan seperti koleksi tema yang semakin lengkap.


2. CCleaner for Android

Aplikasi wajib pengguna Android lainnya adalah CCleaner, fungsinya sama seperti versi PC yaitu untuk membersihkan perangkat dari file sampah yang tidak berguna. Fitur-fitur yang ditawarkan antara lain:

1. Cleaner
Merupakan fitur utama yang berfungsi untuk menghapus cache, history browsing browser, log panggilan dan SMS serta dapat menonaktifkan proses yang sedang berjalan.

2.  App Manager
Fungsinya hampir mirip seperti Manager aplikasi di Android yaitu menampilkan aplikasi terinstal, sistem dan aplikasi disable. Namun App Manager CCleaner ini dapat digunakan untuk menghentikan aplikasi sistem yang tidak bisa di uninstall. 

3.  System Info
Fitur yang dapat menampilkan informasi seperti versi sistem operasi, nomor IMEI, status root dan lainnya. Pada menu ini pengguna juga dapat mengetahui status Network seperti WiFi.


3. WPS Office

Aplikasi wajib pengguna Android lainnya yang harus Sobat Lakuuu install adalah WPS office. Apk ini sangat berguna bagi mahasiswa maupun pekerja kantoran yang mengharuskan untuk membuka dokumen sewaktu-waktu.

WPS Office sama seperti Microsoft Office di komputer. Di dalamnya terdapat lembar kerja Word dan Spreadsheet. Aplikasi ini bahkan dapat digunakan untuk membuka file format PDF sehingga tidak perlu membawa laptop ke mana-mana bukan?

Tidak hanya untuk membaca file saja, tapi juga bisa mengedit lalu menyimpannya di perangkat. Dibandingkan apk office lainnya untuk Android, WPS Office ini memang punya fitur terlengkap dan gratis digunakan.

4. Shareit

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mempunyai fitur utama untuk berbagi atau mentransfer file antar smartphone dengan mudah. Jika hanya mengandalkan fitur bawaan dari Android maka kita tidak dapat mengirimkan file berupa aplikasi, tapi hal itu bisa diatasi dengan menginstal Shareit.

Shareit saat ini juga telah diperbarui dengan berbagai fitur terlengkap termasuk berbagi file hanya dengan memindai QR code. Shareit juga diklaim punya keamanan tingkat tinggi sehingga cocok digunakan untuk mengirim berbagai format file yang penting.

Proses mengirim data melalui Shareit bisa dibilang sangat cepat, bahkan jauh lebih cepat dibandingkan bluetooth yang biasanya memakan waktu lama. Penggunaan aplikasi ini juga tidak membutuhkan kuota internet sehingga recommended untuk mengirimkan banyak file berkali-kali tanpa khawatir makan kuota.

5. Spotify

Kurang lengkap rasanya jika di smartphone tidak ada aplikasi pemutar musik. Spotify menjadi salah satu aplikasi wajib pengguna Android milenial yang di dalamnya menyimpan segudang lagu-lagu dari berbagai genre.

Dibandingkan apk musik lainnya, Spotify yang menawarkan fitur paling lengkap. Spotify ini dapat diinstal secara gratis, tapi untuk menikmati fitur-fitur premium-nya tentu pengguna harus berlangganan dengan biaya terjangkau.

Spotify juga menampilkan lirik lagu untuk setiap musik yang diputar oleh pengguna. Cocok di install bagi yang memang suka memutar musik, apalagi koleksinya sangat lengkap baik lagu lokal maupun internasional.

Selain beberapa yang sudah kami sebutkan diatas, Sobat Lakuuu juga dapat menginstal aplikasi tidak kalah menarik lainnya seperti anti-virus, media sosial, editing apps, game dan lain sebagainya. Jangan ketinggalan zaman, segera instal beberapa aplikasi wajib pengguna Android tersebut.