Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon

Cara Membuat Biografi Instagram Bisnis yang Benar

by Lakuuu 11 October 2021

biografi-instagram-bisnis
Untuk meningkatkan engagement sosial media, pembuatan biografi Instagram bisnis harus dilakukan dengan benar. Dengan cara ini, akun media sosial akan tampak lebih profesional sehingga meningkatkan minat beli konsumen.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang kerap digunakan sebagai media promosi bisnis. Untuk membuat tampilan instagram bisnis lebih menarik dan sempurna, tidak ada salahnya menambahkan biografi bisnis pada bagian profil.

Biografi bisnis merupakan gambaran singkat yang akan memberikan informasi kepada pengikut tentang siapa dan apa terkait keahlian, kredibilitas, pengalaman hingga latar belakang bisnis. Untuk itulah, pembuatan biografi bisnis di Instagram tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu biografi Instagram dan bagaimana cara membuat biografi yang benar, jangan lewatkan informasi lengkapnya berikut ini :

Pengertian Biografi Instagram Bisnis

Secara umum, biografi instagram lebih dikenal dengan sebutan bio. Ini merupakan deskripsi yang menggambarkan tentang profesional atau pribadi seseorang yang diletakkan dalam profil akun Instagram.

Dalam biografi Instagram mencakup beberapa informasi penting seperti pendidikan, pekerjaan, prestasi, hubungan dan masih banyak lagi. Secara umum biografi Instagram harus menggambarkan pengalaman seseorang atau sesuatu seperti business account bio.

Pada biografi instagram, Sobat Lakuuu bisa menyertakan deskripsi singkat, informasi kontak, emoji dan lainnya yang mewakili akun instagram bisnis tersebut. Namun perlu diketahui bahwa biografi instagram hanya bisa menyimpan maksimal 150 karakter.

Elemen Penting yang Harus Ada dalam Biografi Instagram Bisnis

Biografi instagram harus bisa mewakilkan profil dan informasi dari si pemilik akun. Berikut ini elemen penting yang harus Sobat Lakuuu masukkan ke dalam biografi instagram :

1. Nama Pengguna

Elemen paling penting yang harus ada dalam biografi instagram adalah nama pengguna. Nama pengguna ini akan menjadi identitas akun instagram. Sobat Lakuuu bisa menggunakan nama asli atau merek brand yang dipasarkan.

2. Foto Profil

Foto profil merupakan identitas visual brand. Sobat Lakuuu bisa menggunakan logo, lokasi fisik, foto produk atau foto sang pemilik. Buat foto profil dengan resolusi tinggi agar lebih menarik. Dengan foto profil yang bagus, pengguna instagram akan lebih tertarik untuk mengikuti akun tersebut.

3. Deskripsi Biografi Instagram

Pada bagian ini, Sobat Lakuuu bisa mendeskripsikan secara singkat tentang produk atau jasa dari bisnis yang dijalankan. Pastikan buat deskripsi semenarik mungkin agar mempengaruhi konsumen untuk menggunakan brand tersebut.

4. Situs Website dan Info Kontak

Elemen yang tak kalah penting dan harus ada di biografi instagram bisnis adalah informasi mengenai situs website dan info kontak. Sobat Lakuuu bisa menuliskan link website dan info kontak dimana nantinya akan dihubungi oleh konsumen jika tertarik dengan produk yang ditawarkan.

5. Kategori

Untuk memudahkan pengguna dalam memberikan identitas pada bisnis, instagram telah menambahkan fitur kategori. Dengan fitur ini Sobat Lakuuu bisa memilih apakah akun tersebut termasuk dalam bisnis restoran, perusahaan media dan hiburan.

Tips Membuat Biografi Instagram Bisnis yang Benar

Meskipun terlihat sepele, nyatanya biografi pada instagram bisnis memiliki pengaruh besar dalam menarik dan mendapatkan kepercayaan oleh pelanggan. Oleh sebab itulah, pembuatan biografi pada Instagram bisnis tidak boleh sembarangan.

Agar terlihat profesional dan menarik bagi pengikut, berikut tips membuat biografi pada instagram bisnis yang bisa Sobat Lakuuu coba :

1. Tentukan Tujuan Bisnis

Sebelum membuat biografi pada instagram, pastikan Sobat Lakuuu telah menentukan tujuan dari bisnis yang akan dipasarkan. Hal ini sangat penting diperhatikan agar biografi instagram benar-benar bisa mewakili brand tersebut.

2. Buat Personalitas Brand yang Mencolok

Agar lebih menarik konsumen, buat personalitas brand yang mencolok di biografi instagram. Sobat Lakuuu bisa menambahkan emoji yang sesuai dengan brand agar lebih mudah dipahami oleh pengikut.

3. Sertakan Hashtag dan Link Profil

Pada biografi instagram bisnis, jangan lupa sertakan hashtag dan link profil yang relevan. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengarahkan pelanggan pada konten yang telah telah dibuat pengguna dengan tagar tersebut sehingga akan menambah nilai promosi brand.

4. Harus Mudah di Baca

Pembuatan biografi instagram sebaiknya dilakukan sesingkat dan sesimple mungkin. Hal ini untuk memudahkan pengguna membaca dan memahami pesan yang Sobat Lakuuu sampaikan pada biografi tersebut. Dengan begitu informasi yang disampaikan akan lebih tepat sasaran.

5. Buat Call to Action yang Menarik

Tips terakhir untuk membuat biografi pada instagram bisnis agar lebih menarik adalah sertakan ajakan untuk bertindak atau call to action. Sobat Lakuuu bisa membuat CTA semenarik dengan memanfaatkan emoji. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk meningkatkan pengikut instagram.

Sosial media saat ini telah menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif. Untuk mengoptimalkan promosi, pastikan Sobat Lakuuu tahu bagaimana cara membuat biografi instagram bisnis yang baik dan menarik untuk meningkatkan profesionalitas akun serta menambah kepercayaan pelanggan.