Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Cara Bisnis Go Internasional dan Hal yang Harus Dipersiapkan

by Lakuuu 29 April 2022

cara-bisnis-go-internasional
Di era modern ini ada banyak cara bisnis go internasional yang bisa Sobat Lakuuu coba. Ini bukan pendapat semata karena sudah banyak pebisnis yang membuktikannya. Dari pemasaran ke luar negeri tersebut mereka bisa meraup keuntungan berkali-kali lipat dibandingkan pemasaran dalam negeri.

Hal ini dikarenakan daya beli dari masyarakat luar negeri memang jauh lebih tinggi. Terlebih lagi Jika Sobat melakukan pemasaran ke negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Australia, Jepang atau negara besar lainnya.

Untuk merealisasikan keinginan tersebut sudah pasti ada proses yang harus dilalui. Di dalam proses tersebut tentu saja ada langkah-langkah yang harus Sobat lakukan secara konsisten. Lantas bagaimana langkah-langkah tersebut?

Cara Bisnis Go Internasional untuk Pemula

Bagi Sobat Lakuuu yang masih pemula dan ingin bisnisnya go internasional, sudah tentu Sobat harus berjuang ekstra keras untuk mewujudkan mimpi tersebut. Memang tidak akan mudah karena persaingan diluar sana jauh lebih ketat.

Namun hal ini tidak harus membuat Sobat patah semangat. Sobat juga memiliki potensi yang sama untuk mewujudkan keinginan tersebut seperti orang lainnya. Sejauh ini ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar prosesnya bisa dilalui dengan lebih mudah.

1. Perbaiki Promosi dan Komunikasi
Dalam bisnis apapun promosi adalah aspek yang paling menentukan kesuksesan. Ketika Sobat ingin bisnis menembus pasar internasional, tentunya cara promosi yang dilakukan juga berbeda. Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan dari mulai cara promosinya, teknologi serta bahasa yang digunakan.

Selain itu Sobat Lakuuu juga harus memperbaiki kualitas komunikasi dengan konsumen. Ketika hendak bertarung di pasar global, ada banyak rintangan yang harus dihadapi. Cara terbaik untuk menghadapinya adalah menjalin komunikasi yang baik dengan para calon konsumen Sobat.

2. Tingkatkan Kualitas Pengiriman Barang
Cara bisnis go internasional lain yang harus Sobat lakukan adalah meningkatkan kualitas dari setiap pengiriman barang kepada konsumen. Mengirimkan barang ke luar negeri tentunya tidak sama seperti Sobat Lakuuu mengirimkan barang di dalam negeri.

Perbaiki packing dari setiap barang yang dikirim. Jangan lupa untuk menyerahkan unsur-unsur safety terhadap produk agar tetap aman sampai tujuan. Seringkali jalanin disepelekan sehingga kualitas barang tidak maksimal ketika sampai di tangan konsumen.

3. Jaga Kualitas Produk dengan Baik
Selain poin-poin diatas cara bisnis go internasional lainnya adalah menjaga kualitas produk sebaik mungkin. Ketika Sobat Lakuuu hendak bersaing di pasar internasional, Kualitas menjadi salah satu penentu utama laris atau tidaknya produk Sobat.

Penting untuk dipahami kalau standar kualitas di setiap negara berbeda-beda. Namun kualitas produk di negara memang sedikit lebih rendah dibandingkan kualitas produk di negara maju. Untuk bersaing di pasar internasional, Sobat harus menyesuaikan kualitas dengan standar di negara tujuan.

4. Memanfaatkan Teknologi
Agar hasil promosi lebih maksimal, Sobat juga harus memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran sudah dilakukan oleh banyak perusahaan sukses di era modern ini. Kini giliran Sobat mencobanya.

Ada banyak sarana teknologi yang bisa menunjang proses pemasaran produk Sobat. Di antaranya adalah menciptakan website, menggunakan media sosial dan berbagai jenis metode lainnya. Pentingnya teknologi berperan besar dalam menunjang Sobat menembus pasar internasional.

5. Menaati Aturan dan Regulasi
Cara bisnis go internasional lainnya adalah memastikan kalau perusahaan Sobat mengikuti aturan dan regulasi yang sudah ditetapkan oleh pasar internasional. Jadi selain mempertimbangkan hal-hal teknis, perusahaan juga wajib untuk mempertimbangkan sisi administratif.

Perusahaan dengan pemahaman administrasi yang matang memiliki potensi lebih besar untuk bersaing di pasar internasional. Jika Sobat ingin memiliki peluang yang sama tentunya Sisi administratif ini juga harus diperbaiki sesegera mungkin.

Keuntungan Memiliki Bisnis Go Internasional yang Jarang Orang Ketahui

Tidak bisa disangkal ada banyak sekali keuntungan yang akan Sobat Lakuuu dapatkan ketika cara bisnis go internasional ini sudah diterapkan dengan baik. Keuntungan pertama yang akan Sobat dapatkan adalah keuntungan dari sisi finansial.

Ketika Sobat melakukan pemasaran dan menjual produk ke luar negeri harga jualnya akan jauh lebih tinggi. Meskipun dikenai pajak, Sobat tetap bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasar lokal.

Selain itu, pemasaran yang sukses di luar negeri akan mempermudah Sobat untuk memaksimalkan branding perusahaan. Ketika perusahaan Sobat sukses di luar negeri, tentu saja tidak sulit untuk melakukan branding di dalam negeri.

Hal-Hal yang Harus Sobat Pahami Sejak Awal

Untuk memaksimalkan cara bisnis go internasional ini, tentu ada hal-hal yang harus Sobat pahami sejak awal. Hal-hal ini akan menjaga kelancaran usaha Sobat dari awal memulai karir internasional. Berikut ini hal-hal tersebut:
  • Legalitas perusahaan yang Sobat kelola
  • Regulasi Ekspor Impor
  • Sarana dan prasarana yang dibutuhkan
  • SDM yang berkualitas
  • QC yang mengikuti standar internasional

Jika poin-poin di atas Sobat Lakuuu penuhi seluruhnya, kami jamin usaha apapun yang dijalankan akan mampu menembus pasar internasional dengan mudah. Ini merupakan salah satu aspek utama dari cara bisnis go internasional yang sudah kami jelaskan di atas.