Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Cara Meningkatkan Brand Awareness untuk Bisnis

by Lakuuu 24 February 2022

cara-meningkatkan-brand-awareness-untuk-bisnis

Terdapat berbagai macam cara untuk mempertahankan bisnis salah satunya dengan menggunakan cara meningkatkan brand awareness. Ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat kesadaran pelanggan terhadap produk yang dijual.

Terdapat dua faktor penentu pelanggan akan membeli sebuah barang atau menggunakan jasa tertentu. Pertama adalah kepercayaan terhadap produknya dan kedua adalah mereknya sudah sangat familiar di telinganya.

Untuk dapat meningkatkan bisnis, brand awareness menjadi sangat penting untuk Sobat Lakuuu dapatkan. Terutama meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang dijual.

Apa itu Brand Awareness dan Manfaatn


Brand awareness adalah istilah yang dipakai untuk membangun strategi pemasaran untuk mendeskripsikan tingkat kesadaran konsumen terhadap merek produk tertentu. Tingkat kesadaran konsumen terhadap sebuah brand lama atau baru bisa dilakukan dengan cara promosi.

Dalam membangunnya, perusahaan juga biasanya memanfaatkan media sosial seperti Instagram, facebook, dan lainnya. Brand awareness memiliki dampak besar terhadap kelangsungan bisnis Sobat Lakuuu.

Setiap perusahaan memiliki cara meningkatkan awareness sendiri sebagai strategi pemasarannya. Agar produknya tidak mengalami penurunan awareness dari masyarakat.

Hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi konsumen akan membeli produknya atau tidak. Selain itu, manfaat lainnya juga bisa membuat konsumen melakukan repeat order, sehingga perusahaan setiap tahunnya melakukan investasi dan menggelontor dana tersendiri untuk cara meningkatkan brand awareness.


Terdapat tiga kategori dari brand awareness yaitu aided recall, unaided recall dan terakhir top of mind awareness. Aided recall adalah kemampuan calon pembeli untuk kenal dengan barang yang dijual saat melihatnya.

Unaided recall adalah konsumen mampu mengingat nama merek dari kategori produk tertentu. Pada tahap ini konsumen ketika mendengar kategori produk tertentu akan langsung teringat pada satu merek.

Top of mind awareness adalah merek atau produk yang akan langsung diingat pertama kali saat seseorang memikirkan tentang industri atau kategori barang tertentu.

Cara Meningkatkan Brand Awareness


Setelah mengetahui pentingnya brand awareness, saat nya untuk menemukan cara agar hal tersebut dapat ditingkatkan. Karena telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang menyebutkan ada dua faktor yang dapat mempengaruhi pelanggan agar membeli sebuah barang.

Pertama brand tersebut sudah familiar di telinganya, kedua kepercayaan pelanggan terhadap merek dagang tersebut. Berikut ini adalah cara meningkatkan brand awareness yang bisa dilakukan oleh Sobat Lakuuu.

1.      Freemium

Freemium merupakan gabungan dari free dan premium, merupakan cara promosi dengan memberikan kesempatan untuk pelanggan mencoba layanan gratis. Jika pelanggan tersebut ingin mengupgrade untuk bisa menikmati fitur tambahan maka baru akan dikenai biaya tambahan.

Cocok digunakan untuk mempromosikan sebuah software atau aplikasi seluler. Contoh software yang menggunakan model promosi ini adalah Trello, OneDrive, Spotify dan masih banyak lagi.

2.
      Partnering

Cara meningkatkan brand awareness lainnya adalah bekerja sama dengan bran lainnya. Berfungsi untuk mengenalkan merek Sobat Lakuuu ke pasar yang berbeda dimiliki oleh brand yang diajak kerja sama.

Bisa disebut juga sebagai ajar “pertukaran pelanggan”, ini juga merupakan salah satu strategi paling efektif agar pelanggan tidak merasa jenuh.

3.      Referral Program

Selanjutnya, Referral program yang cara kerjanya sama dengan promosi mulut ke mulut. Karena promosinya dilakukan dengan cara mengenalkannya ke teman, saudara atau juga kerabat terdekat.

Namun perbedaannya, cara ini akan memberikan keuntungan atau reward tertentu jika berhasil mengajak orang tersebut untuk ikut menggunakan produk yang dipromosikan.

4.      Review Pelanggan

Berdasarkan survey yang telah dilakukan menunjukan bahwa presentase orang yang berkeputusan untuk membeli barang berdasarkan review online mencapai 93%. Sehingga review pelanggan atau testimoni pelanggan ini dapat dikatakan ampuh sebagai cara meningkatkan brand awareness.

5.
      Influencer Marketing

Memanfaatkan media sosial dapat menjadi salah satu cara lainnya, tetapi bagaimana jika akun Sobat Lakuuu masih sedikit followers nya. Selain menyajikan konten menarik, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer marketing juga disebut endorsement.

Indikator dalam Cara Meningkatkan Brand Awarness


Terdapat tiga indikator untuk meningkatkan brand awareness dan dapat menentukan berhasil atau tidaknya promotional campaign. Indikator ini dapat membantu Sobat Lakuuu untuk mengevaluasi keberhasilan pemasaran. Berikut ini indikator yang dapat memberikan gambaran tentang membangun brand awareness.


1.
      Trafik Website

Berfungsi untuk melihat seberapa banyak pengguna yang mengunjungi dan tertarik dengan merek bisnis. Tidak hanya itu, pada trafik website juga dapat dilihat, pasar yang dapat dituju seperti kalangan ibu rumah tangga, anak remaja atau bisa juga wanita dewasa.

2.
      Engagement Media Sosial

Dapat dilihat dari jumlah pengikut atau followers pada media sosial, jumlah like dan komentar. Untuk menggaet lebih banyak followers bisa membuat konten menarik dan unik serta berpotensi mendatangkan banyak pengikut.

3.      Anggapan orang lain tentang brand

Tanggapan atau ulasan dari orang lain tersebut akan berpengaruh pada citra yang dibuat untuk merek Sobat Lakuuu. Jika ulasan tersebut baik, maka otomatis orang lain juga akan melihat merek dagangnya baik, begitu juga sebaliknya.

Membangun merek dagang agar dikenal oleh banyak orang memang sangat sulit, oleh karena itu Sobat Lakuuu harus melakukannya secara konsisten dan persisten. Cara meningkatkan brand awareness memang susah-susah gampang tetapi jika dibarengi ketekunan dan konsistensi.