Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Loh Berbisnis, Ini 7 Ide Bisnis Rumahan!

by Lakuuu 19 November 2021

ide-bisnis-rumahan
Saat ini ide bisnis rumahan memang sedang gencar dicari oleh banyak orang, terutama bagi Sobat Lakuuu yang sudah ibu rumah tangga. Kesempatan bekerja untuk ibu rumah tangga memang lebih sedikit dibandingkan kalangan muda atau lelaki.

Hal ini tidak dapat dipungkiri dan memang sangat ironis. Belum lagi dengan kesibukan ibu rumah tangga yang harus mengurus rumah dan keperluan keluarganya. Namun Sobat Lakuuu tidak perlu khawatir.

Sebab, Sobat Lakuuu bisa memulai berbisnis dan menghasilkan uang sendiri. Bahkan, keuntungan yang didapat bisa jadi lebih besar dari hanya sekedar bekerja pada orang lain. Selain itu, waktunya juga lebih fleksibel.

Sobat Lakuuu dapat menjalankan bisnis sambil mengurus keluarga. Untuk lebih jelasnya, simak ide bisnis yang sangat cocok dilakukan di rumah oleh ibu rumah tangga.

7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Menjadi ibu rumah tangga memang bukan hal yang mudah. Setiap hari sibuk mengurus rumah dan anggota keluarga. Tidak jarang merasa penat dan ingin melakukan kegiatan lain.

Bahkan, tidak sedikit yang ingin memiliki penghasilan sendiri untuk membantu perekonomian keluarga. Sayangnya, kesempatan untuk bekerja tidak memungkinkan. Solusinya adalah dengan berbisnis. Tidak perlu bisnis langsung dalam berskala besar.

Cukup mulai berbisnis rumahan dengan modal kecil, Sobat Lakuuu sudah bisa menyalurkan hobi dan berpeluang mendapat keuntungan besar. Bagi Sobat Lakuuu yang sudah penasaran, mari simak rekomendasi bisnis rumahan dengan modal kecil di bawah ini.

1.  Berbisnis Makanan

Bagi Sobat Lakuuu yang memiliki hobi memasak, maka ide bisnis rumahan ini bisa digunakan. Jika dibandingkan dengan bisnis lain, bisnis makanan bisa dibilang tidak pernah sepi peminat dari waktu ke waktu.

Hal ini dikarenakan makanan menjadi kebutuhan pokok manusia yang selalu dibutuhkan. Di antara banyaknya bisnis makanan, berikut ini adalah beberapa bisnis makanan yang paling menguntungkan dan bisa dicoba:

  • Catering masakan sehari-hari.
  • Bisnis camilan yang bisa dipesan untuk acara-acara tertentu.
  • Bisnis kue untuk hari raya dan ulang tahun.
  • Bisnis makanan yang sedang viral di sosial media.

Khusus untuk makanan viral, Sobat Lakuuu harus selalu up to date agar dapat mengikuti trend makanan viral tersebut. Sehingga, orderannya tetap banyak.

2.  Menjadi Reseller atau Dropshipper

Jika Sobat Lakuuu ingin berjualan tapi belum memiliki modal yang cukup, maka bisa menjadi reseller atau dropshipper. Kedua cara berbisnis ini adalah menjual kembali produk dari pihak lain.

Bedanya adalah sebagai reseller Sobat Lakuuu harus membeli produk tersebut kepada pihak tertentu, tapi dengan harga yang lebih murah dari pasaran. Sedangkan sebagai dropshipper, Sobat Lakuuu hanya mencari pelanggan.

Jadi, Sobat Lakuuu mempromosikan barang dari klien kepada pelanggan. Jika ada yang membeli, maka tinggal menghubungi klien dan semua proses pengemasan hingga pengiriman ditangani oleh klien.

Harganya bisa diatur sesuai keinginan Sobat Lakuuu agar memperoleh keuntungan. Ide bisnis rumahan ini tentunya sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Terutama bagi yang tidak ingin ribet mengurus ini dan itu.

3.  Berjualan Produk Fashion

Apabila menjadi reseller dan dropshipper keuntungannya tidak begitu banyak, maka Sobat Lakuuu bisa mencoba berbisnis sendiri. Salah satu bisnis yang saat ini tengah booming adalah berjualan produk fashion.

Trend OOTD kece untuk di berbagai sosial media, menjadikan produk fashion banyak dicari. Terutama fashion yang sedang trend di kalangan masyarakat. Misalnya adalah korean fashion atau fashion unik lainnya.

4.  Membuka Toko di Rumah

Membuka toko kecil-kecilan di rumah juga bisa menjadi peluang bisnis yang besar. Apa lagi, di sekitar rumah Sobat Lakuuu jarang ada toko. Produk yang banyak dicari biasanya adalah keperluan sehari-hari.

Sobat Lakuuu bisa menjual sembako dan peralatan rumah lainnya. Ide bisnis rumahan ini bisa dijalankan sambil mengurus rumah dan juga keluarga. Keuntungannya juga cukup besar dan tentunya bisa membantu perekonomian keluarga.

5.  Membuat Kerajinan Tangan

Bagi Sobat Lakuuu yang memiliki keahlian membuat kerajinan tangan, hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis menguntungkan. Selain bisa menyalurkan hobi, tentunya dapat memperoleh keuntungan dari penjualannya.

Di masa sekarang, Sobat Lakuuu bisa mempromosikannya melalui berbagai sosial media. Cara ini dapat menjangkau konsumen yang lebih luas, jika dibandingkan dengan mempromosikannya dari mulut ke mulut.

6.  Membuka Laundry Kiloan

Laundry kiloan juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang tidak sempat mencuci karena kesibukannya. Sobat Lakuuu bisa memberikan pelayanan antar jemput cucian atau promo khusus agar pelanggan lebih tertarik.

7.  Berjualan Pulsa dan Token Listrik

Meski saat ini pulsa dan token listrik sudah dapat dibeli melalui beragam aplikasi, tapi pada kondisi tertentu lebih baik membeli langsung. Terutama kalangan ibu rumah tangga atau orang berusia lanjut lainnya.

Sehingga, mereka masih mencari penjual pulsa dan token listrik. Kesempatan ini bisa menjadi peluang. Sobat Lakuuu bisa membuka kios di depan rumah atau bahkan bisa mengirimkannya jika pelanggan memesan.

Tidak ada halangan bagi ibu rumah tangga untuk berbisnis. Sebab, banyak sekali ide bisnis rumahan yang bisa di manfaatkan sebagai peluang menguntungkan.