Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

5 Cara Memanfaatkan Produk Reject Menjadi Cuan!

by Lakuuu 21 December 2021

memanfaatkan-produk-reject
Bagi Sobat Lakuuu yang memiliki bisnis, terutama dalam bidang produksi, pasti sering bingung memanfaatkan produk reject tentunya. Produk ini tidak dapat dipasarkan seperti layaknya produk normal yang memenuhi standar kualitas.

Produk reject adalah produk yang rusak atau tidak memenuhi kualitas barang. Biasanya dalam bidang produksi ada parameter kualitas tertentu yang harus dipenuhi suatu barang.

Jika ada satu atau lebih dari parameter kualitas tersebut tidak terpenuhi, maka produk akan ditolak dan tidak dapat dipasarkan. Masalahnya adalah setiap proses produksi hampir selalu ada produk reject.

Jika tidak dimanfaatkan dengan benar, produk tersebut hanya akan dihitung sebagai kerugian. Apa lagi jika produk rejectnya banyak, maka Sobat Lakuuu akan mengalami kerugian lebih banyak juga.

Oleh sebab itu, mulai saat ini Sobat Lakuuu harus mulai memanfaatkannya menjadi cuan dan menghasilkan keuntungan. Setidaknya untuk menutupi biaya produksi. Simak cara lengkapnya di bawah ini.

5 Cara Memanfaatkan Produk Reject

Menentukan suatu produk masuk dalam kategori reject atau tidak harus melalui proses quality control. Jika Sobat Lakuuu memberlakukan standar kualitas yang tinggi, maka meski kerusakan kecil juga akan ditolak.

Produk reject tergolong menjadi dua kategori, yaitu dengan kerusakan parah dan tidak begitu parah. Kerusakan parah artinya adalah memiliki kerusakan fatal yang sangat nampak pada produk tersebut.

Atau biasa disebut juga sebagai produk cacat. Biasanya produk seperti ini sulit untuk dimanfaatkan kembali. Jika ingin, berarti harus diubah ke bentuk lain lagi yang lebih menjual dan banyak diminati.

Sedangkan produk dengan kerusakan yang tidak begitu parah merupakan produk dengan faktor kesalahan kecil. Artinya adalah produk tersebut hanya mengalami lecet atau tidak fatal hingga mengubah bentuk aslinya.

Sobat Lakuuu masih bisa memanfaatkan produk tersebut tanpa mengubah bentuk aslinya. Berikut ini adalah beberapa cara memanfaatkan produk reject jadi cuan yang sangat mudah:

1.  Menjualnya Kepada Orang Terdekat

Cara pertama adalah dengan menjualnya kepada orang-orang terdekat. Bisa ke keluarga, pekerja yang Sobat Lakuuu miliki, atau tetangga-tetangga. Jadi bisa memilih sendiri produk mana yang masih layak.

Jika merasa puas dengan barang yang Sobat Lakuuu tawarkan, maka tidak menutup kemungkinan akan memberi tahu kepada orang lain. Sehingga, akan lebih banyak lagi orang yang tertarik dengan produk tersebut.

Sebab pada prinsipnya, keluarga adalah media promosi terbaik. Dengan demikian, produk reject akan berkurang dari stok gudang. Sobat Lakuuu bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah dari harga produk normal.

2.  Menjualnya Melalui e-Commerce

Cara memanfaatkan produk reject berikutnya adalah dengan menjualnya di e-commerce. Jika stok produk kategori reject masih bayak di gudang meski sudah dijual kepada saudara, maka perlu pemasaran lain.

Melalui e-commerce, Sobat Lakuuu bisa memasarkan segala jenis produk. Bahkan, produk reject sekalipun. Sehingga, Sobat Lakuuu menuliskan pada bagian keterangannya mengenai deskripsi produk tersebut.

Misalnya adalah tingkat kerusakannya berapa persen, bagian apa saja yang rusak, dan lain sebagainya. Sehingga konsumen memiliki gambaran yang jelas mengenai barang reject tersebut.

Jangan sampai over klain atau menutupi kerusakan dari konsumen. Sebab, akan kecewa dan berisiko memberikan ulasan buruk terhadap toko online Sobat Lakuuu. Berikan saja deskripsi apa adanya.

Tapi, dengan bahasa yang menarik agar konsumen merasa tertarik. Saat ini sudah banyak sekali yang menjual produk reject di e-commerce. Jumlah peminatnya juga cukup banyak.

3.  Menjualnya Melalui Media Sosial

Cara memanfaatkan produk reject menjadi cuan berikutnya adalah dengan menjualnya melalui media sosial. Sobat Lakuuu bisa memanfaatkan layanan advertisement dari berbagai platform media sosial.

Sehingga, proses pemasaran lebih mudah dan menjangkau lebih banyak orang. Jangan lupa juga selalu memberikan deskripsi apa adanya mengenai produk yang dijual. Sehingga, konsumen bisa mengetahui bahwa itu produk reject.

Selain memanfaatkan advertisement, Sobat Lakuuu juga bisa memanfaatkan layanan endorsement. Layanan ini memanfaatkan selebgram atau influencer untuk mempromosikan produk Sobat Lakuuu.

Sehingga, pengikut dari selebgram atau influencer tersebut bisa mengetahui produk dari Sobat Lakuuu. Tidak jarang mereka juga akan tertarik untuk membelinya.

4.  Adakan Obral Besar-Besaran

Mengadakan obral besar-besaran juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk memanfaatkan produk reject menjadi cuan. Sobat Lakuuu harus memasang harga rendah, sehingga banyak orang tertarik.

Selain itu, pastikan harganya disesuaikan dengan tingkat kerusakan barang. Sehingga konsumen bisa memilih kualitas seperti apa yang mereka inginkan dan menyesuaikan dengan budget.

Saat ini dipasaran sudah banyak sekali pebisnis yang menjual produk rejectnya. Tapi, justru mendapatkan untung yang lebih besar.

5.  Mengubahnya Menjadi Lebih Cantik

Cara satu ini dapat digunakan saat produk mengalami kerusakan yang fatal. Sobat Lakuuu harus mengubahnya menjadi produk baru yang lebih cantik dan memiliki nilai jual. Sehingga banyak yang tertarik.

Tidak hanya itu saja, pastikan produk baru yang dibuat juga banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga, Sobat Lakuuu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengubahnya.

Produk reject memang menjadi masalah dalam setiap proses produksi. Tapi, dengan memanfaatkan produk reject tersebut secara tepat, maka bisa menghasilkan banyak cuan.