Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Inspirasi

5 Pelabuhan Internasional di Indonesia

by Lakuuu Team - 14 October 2021

pelabuhan-internasional
Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Hal ini disebabkan karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan yang membentang luas dari Sabang hingga Merauke.

Maka tak heran, Indonesia memiliki banyak pelabuhan di setiap  provinsinya, sebagai tempat perdagangan atau transaksi nasional dan internasional, baik berskala kecil maupun besar.

Bagi Sobat Lakuuu yang penasaran, berikut 5 pelabuhan internasional yang ada di Tanah Air, mulai yang digunakan sebagai tempat persinggahan, hingga sebagai tempat transaksi dunia.

5 Daftar Nama Pelabuhan Internasional di Indonesia


1. Pelabuhan Tanjung Priok

Apakah Sobat Lakuuu tahu? Pelabuhan Tanjuk Priok yang berlokasi di Jakarta ini, masuk ke dalam salah satu pelabuhan terbesar se-Asia Tenggara, sekaligus menjadi pelabuhan dengan aktivitas terpadat di Indonesia.

Terdapat beragam kegiatan di pelabuhan ini, seperti menurunkan penumpang, bongkar muatan peti kemas, hingga transaksi internasional yang semua itu dilakukan hampir sepanjang hari.

Pelabuhan Tanjung Priok memiliki sejumlah regulasi yang harus ditaati, seperti adanya sistem layanan untuk pembiayaan jasa pelabuhan, atau kerap disebut dengan Port Service Financing yang dilakukan dengan cara kredit.

2. Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan yang berada di kawasan Surabaya, Jawa Timur ini juga tidak kalah padatnya dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Menjadikan pelabuhan ini sebagai pelabuhan terpadat kedua di Indonesia.

Tidak hanya perdagangan dan bongkar muat skala nasional dan internasional, pelabuhan ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang cukup nyaman, salah satunya kehadiran hotel kapsul bagi para penumpang yang hendak bermalam di kawasan pelabuhan.

Selain adanya hotel kapsul yang nyaman dan ekonomis, terdapat juga North Quay yang akan memanjakan mata para pengunjung dengan pemandangan laut dari rooftop, serta berbagai pilihan menu hidangan lezat yang siap mengenyangkan perut.

3. Pelabuhan Harbour Bay

Lokasinya yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura, menjadikan pelabuhan ini sebagai tempat dengan intensitas perdagangan, serta bongkar muat yang cukup sibuk, khususnya barang-barang yang berasal dari Singapura.

Tidak hanya aktivitas perdagangannya, Pelabuhan Harbour Bay juga dikenal memiliki pemandangan malam yang sangat menakjubkan, membuat para pengunjung baik lokal maupun mancanegara dibuat kagum.

Untuk menemani panorama malam yang cantik, Pelabuhan Harbour Bay juga terdapat deretan restoran berkualitas tinggi.

Tidak cukup sampai di situ, Pelabuhan Harbour Bay juga mendirikan sebuah pusat perbelanjaan, serta berbagai tempat penginapan yang ekonomis dan nyaman.

4. Pelabuhan Batam-Center

Tak jauh dari Pelabuhan Harbour Bay, Sobat Lakuuu akan menemukan pelabuhan lain yang didominasi dengan kapal-kapal barang yang bernama Pelabuhan Batam-Center.

Tidak seperti Pelabuhan Harbour Bay yang didominasi dengan kapal-kapal feri yang memuatkan para pengunjung, Pelabuhan Batam Center mengangkut berbagai macam barang ekspor dan impor berkualitas tinggi.

Jika Sobat Lakuuu berkunjung ke pelabuhan ini, bukannya tidak mungkin Sobat Lakuuu bisa membeli barang-barang dari produk luar negeri dengan harga yang miring.

5. Pelabuhan Soekarno-Hatta

Mari kita menuju Makassar, tepatnya ke Pelabuhan Soekarno-Hatta yang memiliki aktivitas yang tidak kalah ramainya dengan pelabuhan internasional lainnya.

Jika Sobat Lakuuu berkunjung ke pelabuhan ini, maka Sobat Lakuuu akan melihat banyaknya kegiatan bongkar muat peti barang, hingga transaksi lainnya terjadi siang malam.

6. Pelabuhan Sunda Kelapa

Siapa yang tidak tahu dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan yang juga dijuluki sebagai pasar ikan ini, memang menjual berbagai macam hasil tangkapan laut yang sangat diminati oleh banyak pedagang sebagai tempat untuk jual beli.

Baik masyarakat lokal hingga para pedagang ada di sini untuk membeli hasil tangkapan laut yang masih segar-segar dengan harga yang tentunya terjangkau.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

game-gratis
Inspirasi
7 Game Gratis Yang Bisa Kamu Mainkan Bareng Temen #dirumahaja
Dengan memanfaatkan perkembangan digital yang semakin hari semakin beragam. Permainan yang bisa kita akses melalui ...
hidup-sederhana-dan-bahagia
Inspirasi
Inilah 5 Cara Agar Dapat Hidup Sederhana dan Bahagia
Untuk hidup bahagia memang tak selalu dapat diukur dengan kekayaan yang melimpah. Namun, tak ada salahnya jika ...
tetap-produktif-saat-weekend
Inspirasi
Agar Tetap Produktif Saat Weekend Simak Tipsnya Berikut Ini!
Agar tetap produktif saat weekend merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya biasanya di hari weekend ini kebanyakan ...
kebiasaan-orang-sukses
Inspirasi
Kenali Kebiasaan yang Dilakukan Oleh Orang-Orang Sukses
Sobat Lakuuu, kebiasaan orang sukses sangat penting untuk diketahui. Hal ini untuk memotivasi agar menjadi ...