Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Jangan Sampai Menyesal, 5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan dalam Memilih Partner Bisnis

by Lakuuu 19 February 2022

memilih-partner-bisnis
Tahukah Sobat Lakuuu bahwa memilih rekan usaha tidak boleh sembarangan, ada tips memilih partner bisnis harus diikuti agar tidak salah dalam menjatuhkan pilihan. Sebab rekanan akan menjadi penentu apakah bisnis bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Sudah banyak contoh usaha gagal karena si pelaku usaha salah dalam memilih rekan berbisnis. Sobat Lakuuu tentunya tidak ingin mengalami pengalaman pahit seperti ini juga. Oleh sebab itu, kehati-hatian adalah modal utama.

Rekan bisnis bisa menjadi bantuan besar untuk memulai dan mengembangkan usaha, tapi juga sebaliknya. Bukan dikarenakan rekanan tersebut tidak becus bekerja, bisa jadi karena tidak menghasilkan kolaborasi yang tepat.

Jadi, Sobat Lakuuu perlu selektif dalam memilih rekanan agar bisa sukses dalam berbisnis. Kali ini, kami ingin berbagi informasi mengenai bagaimana cara memilih rekanan usaha yang baik agar membuahkan kesuksesan dalam berbisnis.

Mengapa Perlu Memilih Partner Bisnis?


Tips memilih partner bisnis untuk diketahui semua orang yang akan mulai berbisnis, karena tidak semua punya pengalaman dan insting menemukan rekanan terbaik. Bahkan bisa jadi sebelum menemukan partner terbaik, terlebih dahulu harus mengalami kegagalan.

Partner bisnis merupakan bagian penting dalam melakukan usaha, sebab keberadaannya menjadi bantuan dalam menjalankan kegiatan usaha. Hal ini dikarenakan tidak ada pengusaha yang bisa melakukan segalanya sendiri.

Dua orang dengan visi misi sama akan lebih baik daripada satu orang saja. Dengan demikian bisa saling membantu, berkolaborasi, berbagi ide, juga berbagi kewajiban serta keuntungan dan kerugian bersama.

Untuk Sobat Lakuuu yang saat ini merasa usahanya belum berjalan maksimal atau baru mulai menjalankannya, maka tips memilih partner bisnis jadi hal penting diketahui. Dengan adanya acuan dalam memilih, maka kemungkinan salah memilih akan makin kecil.

Intinya, punya partner bisnis itu penting, tapi tidak boleh sembarangan pilih dan harus dipilih dengan pertimbangan matang. Apa saja pertimbangannya, akan dibahas pada poin berikutnya.


4 Tips Memilih Partner Bisnis


Menemukan rekan usaha yang tepat bukan perkara mudah. Butuh effort besar untuk menemukan orang dengan visi dan misi sama serta sepemikiran. Selain itu, juga harus bisa dipegang omongannya dan amanah.

Namun, jangan khawatir Sobat Lakuuu pasti bisa menemukan partner tepat sehingga dapat menjalankan usaha dengan stabil. Gunakan beberapa tips berikut agar bisa menemukan rekanan terbaik:

1.  Pastikan Kalian Punya Visi dan Misi Sama

Sebelum membahas mengenai kerjasama, pastikan dahulu bahwa kedua pihak memiliki cara pandang yang sama. Cara pandang sama akan membentuk visi dan misi yang sama pula sehingga akan berpengaruh baik terhadap usaha.

Diskusikan dengan baik visi dan misi dari usaha tersebut, kemudian tuangkan ke dalam perusahaan sehingga tidak mengganggu manajemen usaha, mulai dari aspek keuangan, operasional, maupun pemasaran.

2.
  Cari yang Serius

Tips memilih partner bisnis berikutnya adalah mencari orang dengan keinginan berbisnis serius, bukan sekadar mengisi waktu saja. Jadi, bukan hanya soal pasangan hidup harus serius, tapi juga pasangan usaha.

Sebab partner akan menjadi orang yang berbagi suka duka perjalanan berbisnis dengan Sobat Lakuuu. Jadi, pastikan kawan usaha ini siap mendedikasikan diri untuk bisnis dan memiliki passion dalam hal tersebut.

3.  Pilih yang Punya Skill

Bukan hanya serius, tapi juga harus punya kemampuan, terutama di bidang usaha yang dibangun. Memilih partner dalam berbisnis jangan hanya melihat dari hubungan pertemanan saja, tapi juga keahliannya.

4.  Komitmen Itu Penting

Selain itu, pastikan partner memiliki komitmen terhadap usaha yang dijalankan bersama. Sebab berbisnis bukan sekadar ingin memulai, tapi bagaimana menjalankannya, kemudian jatuh bangun membesarkannya.

Oleh sebab itu, Sobat Lakuuu jangan mau berpartner dengan orang tanpa komitmen apalagi tidak bisa dipegang ucapannya. Sebab bukannya menjadi penolong, justru akan menjadi beban.

Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Partner Bisnis


Sudah tahu apa saja tips memilih partner bisnis, ternyata tidak cukup. Sobat Lakuuu juga perlu tahu bagaimana cara menjaga hubungan baik dengan rekan tersebut. Karena hubungan yang baik akan menjadi fondasi pembangun usaha sukses.

Lalu bagaimana cara menjaga hubungan baik dengan partner? Sebenarnya, tidaklah sulit, hanya dibutuhkan rasa saling percaya juga keterbukaan dalam berbisnis. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

1.  Sobat Lakuuu harus mengasah kemampuan berkomunikasi dengan baik. Bagaimana bersikap, berkata, dan bertingkah laku baik sehingga menimbulkan rasa nyaman saat berinteraksi dengan orang lain.

2.  Jalin pertemanan di luar kantor merupakan hal penting, sehingga bukan hanya menjadi rekanan saat berbisnis, tapi juga bisa menjadi sahabat di luar tempat kerja. Ini merupakan hubungan yang sempurna dan saling menguntungkan.

3.  Bersikaplah jujur dan terbuka.

4.  Berinisiatif menolong, tapi jangan terlalu suka ikut campur. Hanya berikan pertolongan jika partner meminta.

5.  Hindari persaingan dan perebutan kekuasaan. Pastikan pembagian wewenang jelas sehingga masing-masing tahu batasan dan tidak mencampuri hal-hal jika bukan wewenangnya.

6.  Selalu berkomunikasi terutama saat hendak mengambil keputusan besar bagi perusahaan.

Membangun usaha sendiri sangat sulit dilakukan dan seringkali berakhir dengan kegagalan. Oleh sebab itu, Sobat Lakuuu membutuhkan rekan bisnis. Namun, tidak boleh sembarangan pilih, pastikan gunakan tips memilih partner bisnis sehingga bisa memperoleh yang terbaik.