Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pengertian Cloud Storage dan Berbagai Manfaatnya

by Lakuuu - 26 March 2022

pengertian-cloud-storage-dan-berbagai-manfaatnya

Pengertian cloud storage mungkin menjadi salah satu yang Sobat Lakuuu cari. Saat ini memang sudah bukan jamannya lagi mengandalkan flashdisk serta harddisk untuk menyimpan data. Dengan perkembangan internet yang begitu melesat, media penyimpanan memberi berbagai alternative.

Salah satu alternatif yang Sobat Lakuuu bisa coba adalah cloud storage. Media penyimpanan cloud storage berkaitan erat dengan jaringan internet.

Cloud storage sendiri merupakan media penyimpanan yang dioperasikan secara online. Cloud storage memberikan berbagai macam kelebihan yang menguntungkan Sobat Lakuuu.

Pengertian Cloud Storage yang Harus Diketahui


Cloud storage sendiri juga menjadi sebuah terobosan dalam dunia penyimpanan data. Penyimpanan ini adalah media yang menggunakan basis online.

Tentu saja cloud storage memberikan berbagai macam kelebihan jika dibandingkan dengan penyimpanan secara konvensional atau penyimpanan media secara offline seperti harddisk serta flashdisk.

Sehingga, nantinya data yang disimpan di dalam cloud storage akan disimpan di berbagai macam server serta dikelola oleh penyedia layanan atau yang sering disebut dengan hosting.

Penyimpanan file dengan menggunakan cloud storage memang lebih diminati karena berbagai macam alasan. Dari pengertian cloud storage ini, sudah jelas bukan jika penggunaan cloud storage sangat menguntungkan.

Ketika seluruh data tersimpan di dalam server, keamanan yang dimiliki juga akan lebih terjamin bahkan meminimalisir kemungkinan kehilangan data.

Manfaat Cloud Storage Saat Menggunakannya


Setelah mengetahui pengertian cloud storage berikutnya adalah manfaat yang akan Sobat Lakuuuu dapatkan ketika menggunakan cloud storage ini. Berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1.  Bisa menyimpan data

Tentu saja manfaat utama yang dimiliki cloud storage adalah untuk media menyimpan data yang lebih practise. Sehingga Sobat Lakuuu tidak membutuhkan perangkat keras lagi.

Dengan hanya menggunakan koneksi internet, Sobat Lakuuu dapat menyimpan berbagai macam data yang diinginkan kapan saja serta dimana saja.

2.  Berbagi data

Dengan menggunakan cloud storage, aktivitas berbagi data akan menjadi lebih mudah. Hanya bermodal koneksi internet, Sobat Lakuuu bisa berbagi dengan orang lain namun tanpa perlu bertemu langsung.

3.  Ramah lingkungan

Bila Sobat Lakuuu masih mempergunakan flashdisk untuk membagikan data, kemudian perangkat tersebut dibuang ketika sudah rusak, atau tidak dapat digunakan lagi, tentu saja perangkat tersebut akan menjadi limbah.

Namun, berbeda ketika Sobat Lakuuu menggunakan cloud storage. Cloud storage tidak memerlukan perangkat keras tambahan.

4.  Dapat diakses dari mana saja

Seperti pengertian cloud storage, cloud storage ini bisa diakses di mana saja, asalkan Sobat Lakuuu memiliki koneksi internet.

5.  Data yang dimiliki tidak akan mudah hilang

Saat Sobat Lakuuu menyimpan data di flashdisk, bila barang tersebut rusak atau hilang, data akan ikut hilang. Namun ketika Sobat Lakuuu menyimpannya dalam cloud storage, tentu bisa diakses di berbagai macam perangkat dengan catatan memiliki dukungan internet.

6.  Data tidak mudah rusak atau terkena virus

Setiap layanan yang menyediakan cloud storage selalu saja memperbarui antivirus sehingga data yang berada di dalamnya terlindungi dari virus yang ada. Selain itu data yang disimpan juga sudah di back up server lain.

Pilihan Cloud Storage Saat ini


Jika sudah mengenal pengertian cloud storage, tentu tidak lengkap jika tidak mengenal pilihannya. Berikut beberapa pilihan cloud storage yang bisa Sobat Lakuuu pilih:

1.  pCloud

Pilihan cloud storage yang bisa Sobat Lakuuu coba adalah pCloud. pCloud memiliki ukuran penyimpanan yang begitu besar.

Hal ini disebabkan karena pCloud tidak memberi batasan ukuran file untuk di upload. Sobat Lakuuu tidak perlu cemas akan kehilangan data ketika menggunakan pCloud, karena pCloud ini memberi pilihan file versioning.

2.  OneDrive

Bila Sobat Lakuuu merupakan pengguna Windows, pasti sudah tidak asing lagi dengan OneDrive. Ketika menggunakan Windows 10, OneDrive nantinya akan secara otomatis terinstal di device.

Salah satu keunggulan yang dimiliki cloud storage ini ialah terintegrasi dengan device Win yang lainnya, sehingga Sobat Lakuuu dapat membuka file di berbagai macam device. Namun, ukuran storage gratis yang diberikan hanya 5GB.

3.  iDrive

Pilihan lainnya adalah iDrive. cloud storage ini memiliki berbagai macam fitur yang menarik. Salah satu fiturnya yang menarik ialah file yang terhapus maupun dihapus dari komputer Sobat Lakuuu tidak akan hilang otomatis namun tetap berada di server.

Bukan hanya itu, iDrive juga mempunyai layanan iDrive Express sehingga bisa mengirimkan harddisk fisik di suatu tempat ketika Sobat Lakuuu kehilangan seluruh data.

4.  iCloud

iCloud merupakan penyimpanan yang dikhususkan untuk menggunakan iOS dan Mac. iCloud bisa digunakan secara otomatis oleh pengguna. Seluruh device yang terkoneksi dengan akun Sobat Lakuuu juga akan tersambung di iCloud yang sama.

iCloud bisa melakukan back up berbagai data seperti kalender, bookmarks, foto dan berbagai macam data lainnya.

Dengan berbagai pilihan di atas, Sobat Lakuuu bisa memilih mana cloud storage yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Terlebih Sobat Lakuuu sudah mengetahui pengertian cloud storage.



Bagikan artikel

Artikel Terkait

fungsi-website-bisnis-online
Insight
Inilah 5 Fungsi Website Untuk Bisnis Online Sobat Lakuuu!
Website memiliki banyak fungsi dalam sebuah usaha, baik itu offline maupun online. Namun setidaknya ada ...
website-vs-marketplace
Insight
Website vs Marketplace: Jualan Dimana Lebih Untung?
Website vs marketplace pada dasarnya memang memiliki kegunaan yang berbeda, sebab dari definisinya sudah ...
platform-desain-gratis
Insight
7 Platform Desain Gratis untuk Kamu yang Ingin Memulai Bisnis Online
Platform desain memang mampu membantu Sobat Lakuuu untuk mempermudah dalam mengembangkan suatu ...
apa-itu-startup
Insight
Sebenarnya Apa Sih Perusahaan Startup?
Mungkin diantara Sobat Lakuuu pasti ada yang belum mengenal istilah startup. startup sendiri merupakan sebuah kata ...