Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Pengertian Sekuritas, Fungsi Jenis dan Tips Memilihnya

by Lakuuu Team 29 August 2021

pengertian-sekuritas
Pengertian sekuritas secara umum dalam istilah dunia saham merupakan salah satu instrumen jual beli atau tanam modal pada perusahaan. Dalam dunia investasi dan jual beli khususnya saham ada sebuah istilah yang sering diperdengarkan namun kurang dipahami oleh sebagian  awam maupun pemula.

Sehingga sering terjadi kesalahpahaman mengenai pengertian, fungsi sekuritas dan cara memilihnya. Sehingga kesalahan inilah yang bisa mengakibatkan kerugian oleh investor atau pemain jual beli saham. Oleh karena itulah, para pelaku dan pengamat dunia investasi dan jual beli saham wajib hukumnya untuk memahami permasalahan pengertian sekuritas.

Berikut Adalah Pengertian Sekuritas, Fungsi, Jenis dan Cara Memilihnya

Beberapa tahun terakhir, tren bermain investasi dan jual beli saham atau instrumen lain sedang naik daun dan mulai digemari. Hal ini dipicu salah satunya adalah cepatnya perkembangan teknologi yang dapat memudahkan berbagai kegiatan manusia. Salah satunya adalah dalam bidang keuangan, yang menjadi lebih mudah, dan transparan.

Kemudian di pandemi ini, juga menjadi salah satu pemicu untuk memperkerjakan uang dengan cara melakukan berbagai investasi. Karena dengan melakukan investasi, maka Sobat Lakuuu akan mendapatkan berbagai pemasukan dan keuntungan tanpa harus bekerja keras.

Perlu Sobat Lakuuu ketahui, investasi adalah kegiatan tanam modal kepada sebuah perusahaan berizin dengan mendapatkan hak saham dan keuntungannya. Kemudian saham merupakan bukti kepemilikan saham seseorang dalam sebuah perusahaan. 

Nah dalam kegiatan ini, ada instrumen yang mempunyai fungsi yang penting yaitu sekuritas.

Pengertian Sekuritas

Berdasarkan berbagai sumber internasional, sekuritas yakni sebuah bukti atau perwakilan kepemilikan saham di sebuah perusahaan publik. Namun hal ini berbeda konteks dengan sistem keuangan di Indonesia. Sekuritas merupakan sebuah jasa atau perusahaan yang melayani dan menjadi perantara antara pembeli dengan perusahaan dalam proses jual beli saham.

Sehingga, sekuritas lebih tepat dengan istilah perusahan sekuritas yang menjadi perantara dalam membeli maupun roses semisal lainnya. Kemudian dalam melakukan operasi dan perannya, perusahaan sekuritas mesti memiliki izin dari instansi terkait seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Sehingga ketika Anda menginginkan investasi atau membeli saham sebuah perusahaan publik terdaftar di BEI, tentu harus menggunakan jasa perusahaan sekuritas. Hal inilah yang sebenarnya dimaksud dengan pengertian sekuritas dalam sebuah proses investasi dan jual beli saham.

Fungsi Sekuritas

Kemudian perlu Sobat Lakuuu ketahui setelahnya adalah ada beberapa fungsi yang menarik untuk dipahami.

  • Pertama, adalah sebagai pelaku dan pelaksana kegiatan jual beli efek untuk kepentingan klien maupun diri sendiri.
  • Kedua, perusahaan sekuritas berfungsi sebagai pelaksana atau pelaku dari jual beli saham maupun obligasi yang dapat dilaksanakan dengan melalui bursa efek atau di luarnya
  • Ketiga, fungsi selanjutnya adalah perusahaan sekuritas sebagai sebuah penjamin emisi efek yang artinya adalah sebagai penanggung jawab kepada kliennya selama melakukan jual beli, baik itu tawar menawar hingga terjadinya kesepakatan
  • Keempat, Kemudian fungsi yang paling utama adalah sebagai perantara perdagangan efek.

Jenis Jenis Perusahaan Sekuritas

Kemudian selanjutnya adalah jenis jenis perusahaan sekuritas yang perlu Sobat Lakuuu ketahui, berikut adalah penjelasan diantaranya secara singkat.

  • Utang, merupakan sebuah bukti kepemilikan hutang dalam bentuk surat berharga yang sesuai dengan waktu jatuh tempo pembayaran atau beberapa ciri ciri lainnya.
  • Ekuitas, merupakan salah satu bentuk kepemilikan oleh pemilik saham dalam sebuah entitas tertentu. Sebagai contoh adalah dalam sebuah perusahaan pemilik akan mendapatkan saham biasa maupun preferen.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

Kemudian yang terakhir adalah cara memilih jenis perusahaan sekuritas agar mendapatkan pelayanan yang terbaik sehingga mendapatkan hasil yang terbaik pula. Berikut adalah beberapa cara memilih perusahaan sekuritas yang tepat.

  • Legal. Ketentuan pertama yang mesti Anda perhatikan bahwa perusahaan tersebut legal dan telah mendapatkan izin operasi dari otoritas jasa keuangan. Hal ini sangat penting, bahkan Sobat Lakuuu harus teliti, terlebih dalam hal ini. Karena apabila menggunakan perusahaan sekuritas ilegal, maka tidak ada pertanggung jawaban dan resiko untuk rugi sangatlah besar.
  • Sistem Transaksi. Kemudian dalam hal ini Anda perlu mencari tahu beberapa hal terkait permasalahan ini. Selanjutnya pilihlh perusahaan dengan kemudahan sistem transaksi dan transparan.
  • Riset Perusahaan. Sebuah perusahaan dalam menjalankan tugasnya akan melakukan analisa dan riset terkait perusahaan terbuka yang akan sobat tuju. Dari sini amatilah kualitas riset dan hasil yang diberikan. Apabila terbaik ,maka jangan ragu untuk memilihnya
  • Biaya. Biaya jasa juga perlu menjadi perhatian Anda dalam memilih sebuah jasa. Pilihlah sebuah jasa dengan beban biaya yang seminimal mungkin, sehingga sobat akan merasa tidak keberatan dan merasa nyaman.
  • Pelayanan. Aspek penting yang terakhir untuk diperhatikan adalah soal kualitas pelayanan perusahaan sekuritas tersebut. Sehingga dengan pelayanan yang baik dan maksimal, tentu akan menjadikan sebuah hasil yang maksimal pula.

Dalam bermain investasi dan jual beli saham, selain ada berbagai keuntungan yang menjanjikan, namun ada beberapa resiko yang mesti diperhatikan. Salah satu cara memperhatikannya adalah dengan cara memahami aturan dan hal hal yang berkaitan dengan saham. Salah satunya adalah pengertian sekuritas dan hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.