Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

7 Perbedaan NFC dan Bluetooth yang Perlu Kamu Ketahui

by Lakuuu 17 November 2021

perbedaan-nfc-dan-bluetooth
Bagi Sobat Lakuuu yang sering berkutat dengan perangkat komputer atau teknologi lainnya, memahami perbedaan NFC dan Bluetooth adalah hal yang sangat wajib. Kedua perangkat ini merupakan sarana untuk berkirim data tanpa menggunakan kabel data maupun flashdisk.

Kedua metode tersebut memang memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi hal ini sangat bergantung pada kondisi apa kalian menggunakannya. Bluetooth memang sudah sejak lama digunakan oleh orang-orang. Perangkat satu ini sudah ada semenjak tahun 1989 lalu.

Namun NFC juga tidak kalah berperan besar dalam memberikan kemudahan kepada manusia modern. Memahami perbedaan mendasar diantara keduanya akan membantu Sobat Lakuuu untuk memahami lebih jauh bagaimana cara memaksimalkan fungsi dari keduanya. 

Mengenal Pengertian NFC dan Bluetooth

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai perbedaan NFC dan Bluetooth, hal pertama yang wajib dipahami adalah perbedaan dari kedua perangkat itu sendiri. Ada yang sudah tahu pengertian dari kedua istilah tersebut? Ini dia penjelasannya.

1. NFC

NFC adalah kependekan dari Near Field Communication yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi komunikasi jarak dekat. Ini merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan Sobat Lakuuu untuk melakukan transmisi jarak dekat tanpa menggunakan verifikasi apapun. Cukup dekatkan perangkat dan transmisi bisa langsung dilakukan.

2. Bluetooth

Bluetooth adalah transmisi nirkabel yang memungkinkan Sobat Lakuuu untuk melakukan pengiriman berbagai jenis file dalam radius yang lebih luas. Bluetooth sendiri merupakan transmisi nirkabel paling tua yang ditemukan pada tahun 1989.

Bentuk transmisi yang digunakan adalah radio signal. Untuk menggunakan bluetooth, pengguna harus melakukan verifikasi terlebih dahulu.

7 Perbedaan NFC dan Bluetooth

Sejauh ini kami telah merangkum 7 perbedaan utama yang dimiliki oleh NFC dan Bluetooth. Perbedaannya datang dari banyak aspek dari mulai teknis hingga non teknis. Langsung saja, ikuti penjelasannya di bawah ini.

1.  Jarak transmisi

Perbedaan pertama ada pada jarak transmisi di antara keduanya. Jangkauan pengiriman antara Bluetooth dan NFC benar-benar berbeda. Bluetooth mampu menjangkau hingga 10 meter.
Sedangkan untuk NFC, jangkauan pengirimannya hanya 4 cm saja. Jadi perangkat harus benar-benar didekatkan ketika proses transmisi dilakukan.

2.  Efektifitas penggunaan

Penggunaan NFC terbilang jauh lebih mudah dibandingkan dengan Bluetooth. Bagaimana tidak, untuk menggunakan NFC ini Sobat Lakuuu hanya perlu menyalakannya.
Kemudian mendekatkannya dengan perangkat lain. Data akan langsung masuk secara otomatis. Ini berbeda dengan Bluetooth yang membutuhkan verifikasi terlebih dahulu. 

3.  Kecepatan transfer data

Perbedaan lain dari kedua perangkat ini adalah kecepatan transfer data. NFC memiliki kecepatan transfer yang sangat rendah. Kecepatannya hanya berkisar di angka 400 kbps saja.
Hal ini berbeda jauh dengan kecepatan transfer Bluetooth yang bisa mencapai angka 2Mbps. Dengan kecepatannya yang begitu tinggi ini Bluetooth sangat pas digunakan untuk mengirimkan file dalam ukuran besar.

4.  Konsumsi baterai

Karena jangkauan dan kecepatannya jauh lebih kecil, tentu saja NFC tidak mengkonsumsi daya baterai terlalu tinggi. Hal ini berbeda dengan Bluetooth yang memiliki jangkauan dan kecepatan lebih baik.
Konsumsi baterainya tentu jauh lebih tinggi lagi. Karenanya jika Sobat Lakuuu hendak mengirimkan file besar via bluetooth, perhatikan juga kondisi baterai telepon.

5.  Keamanan

Perbedaan NFC dan Bluetooth lainnya terletak pada sistem keamanan yang dimiliki oleh keduanya. Meskipun tidak ada verifikasi apapun, ternyata NFC terbilang jauh lebih aman dibandingkan dengan Bluetooth.
Hal ini dikarenakan jangkauan dari NFC itu sendiri sangat sempit. Jadi tidak sembarangan perangkat bisa terkoneksi terhadapnya.

6.  Konektivitas Multimedia

Karena NFC memiliki jangkauan yang lemah, konektivitasnya memang tidak bisa diandalkan, khususnya untuk multimedia. Berbeda dengan Bluetooth, NFC sangat tidak kompatibel untuk ditautkan terhadap speaker, headset, mouse wireless dan lain-lain.

7.  Tag RFID

Tidak banyak orang tahu kalau NFC merupakan hasil pengembangan dari RFID Technology. karena itulah NFC ini support terhadap tag pasif RFID. Karena itulah NFC bisa digunakan untuk melakukan pengecekan saldo kartu elektronik.

Seperti halnya E-Toll atau berbagai jenis kartu elektronik lainnya. Mungkin masih banyak perbedaan lain yang dimiliki oleh kedua sarana transfer data tersebut.

Namun 7 poin di atas adalah perbedaan utama dari keduanya. Tentu saja penting bagi Sobat Lakuuu untuk memahami perbedaan NFC dan Bluetooth ini lebih lanjut agar bisa memaksimalkan fungsi dari keduanya.

NFC dan Bluetooth, Mana yang Lebih Baik?

Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, ada keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing teknologi di atas. Penggunaannya sangat situasional dan disesuaikan kebutuhan masing-masing.

Karena NFC jauh lebih aman, penggunaan teknologi satu ini sangat pas bagi Sobat Lakuuu yang hendak melakukan transaksi keuangan. Sedangkan Bluetooth lebih pas jika Sobat Lakuuu gunakan untuk mentransfer file dalam ukuran yang jauh lebih besar.

Contohnya file multimedia seperti video, musik, foto, dan lain sebagainya. Bluetooth juga lebih baik untuk konektivitas terhadap perangkat seperti headset, speaker. Intinya penggunaan NFC maupun bluetooth ini memang bisa disesuaikan terhadap kebutuhan.

Ada momen yang mengharuskan Sobat Lakuuu menggunakan NFC, begitu juga sebaliknya. Namun yang paling penting adalah memahami perbedaan NFC dan Bluetooth itu sendiri agar bisa membedakan penggunaannya.