Instagram icon Whatsapp icon Facebook icon Linkedin icon
Insight

Strategi Pull and Push yang dapat Mendobrak Peluang Bisnis

by Lakuuu - 1 April 2022

strategi-pull-and-push-dalam-bisnis

Strategi Pull and Push merupakan sebuah metode yang dapat digunakan bagi suatu perusahaan untuk bisa menarik pelanggan. Pemasaran menjadi hal mutlak dilakukan bagi Sobat Lakuuu yang ingin menjual produknya.

Karena tanpa tahapan tersebut, masyarakat bahkan tidak akan tahu ada produk yang mungkin menjadi kebutuhannya saat itu. Terlebih, ini berguna untuk mengenalkan dan mendekatkan lagi calon konsumen dengan bidang bisnisnya.

Dalam menyebarluaskan informasi tentang produk Sobat Lakuuu diperlukan kreativitas dan pemilihan rencana awal yang tepat. Dilihat dari bagaimana calon konsumen mengakses produk, dan sebaliknya, yaitu perusahaan mendapatkan feedback sesuai.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka dua strategi ini menjadi umum digunakan bagi pebisnis. Selain bisa mengetahui pasti minat calon pelanggan terhadap produk, Sobat Lakuu juga bisa merombak unsur penunjang pemasarannya.


Sekilas Mengenal Strategi Push and Pull


Strategi Pull and Push, kini menjadi dasar sebuah perusahaan dapat terus maju melawan para kompetitor lainnya. Tergantung dari bagaimana pihaknya mengolah rencana menjadi sebuah amunisi kuat agar dapat bertanding unggul.

Terlebih, jika Sobat Lakuuu memiliki bisnis yang umumnya sudah kebanyakan orang lain terapkan. Seperti, pakaian, makanan atau bahkan sebuah layanan jasa. Sebelum itu, perlu diketahui dengan jelas pengertian masing-masingnya.

Pertama adalah strategi pemasaran push yang berarti ‘dorong’. Sesuai maknanya pihak penjual atau penawar jasa akan berusaha membawa produk kepada calon pelanggan.

Metode ini meliputi, bagaimana cara marketing suatu perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Baik menyediakan ruang display produk, bernegosiasi dengan pihak kerja sama, atau menetapkan tampilan titik dan pemikat penjualan.

Lalu setelahnya ada pemasaran pull, yang berarti ‘menarik’. Suatu perusahaan mencoba untuk merancang produk atau layanan yang kemungkinan besar dibutuhkan masyarakat banyak.

Hal itu secara tidak langsung akan menggaet calon konsumen dari segi prospek yang ada. Sehingga, pelanggan Sobat Lakuuu menyadari dengan sendirinya bahwa dalam kehidupan sehari-hari memerlukan produk tersebut.

Perlu diingatkan, strategi pull and push ini mengharuskan kematangan rancangan dan kegunaan produk. Karena satu yang utama adalah mengambil hati pelanggan untuk memberikan loyalitas dan kepercayaannya pada produk.

Dapat disimpulkan juga, dari strategi-strategi pull and push, cara ‘mendorong’ lebih memperhatikan pemasaran jangka pendek. Terlebih, metode pull sendiri sangat baik digunakan jika sudah memiliki reputasi kualitas produk terbaik.


Strategi Pull and Push yang Dapat Mendobrak Peluang Bisnis


Alasan mengapa banyak pebisnis pemula ingin belajar strategi-strategi pull and push, adalah untuk melihat sejauh apa, cara itu dapat menarik pelanggan bila menggunakan akses yang tepat.

Jika dilihat dari riwayat umum suatu perusahaan, pemasaran push lebih menunjukkan kinerja di pasar khusus atau pasar terbuka. Sehingga memudahkan pihak penjual untuk mengenalkan produknya secara langsung.

Metode ini juga mengharuskan Sobat Lakuuu terlihat lebih dominan karena akan menjelaskan secara persuasif pada calon pelanggan bahwa produknya dapat memenuhi kebutuhan saat itu atau jangka panjang.

Perlu diperhatikan bahwa strategi push, lebih baik digunakan pada audiens yang relevan dengan tujuan penjualan produk Sobat Lakuuu. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin gagal dalam menarik minat calon pelanggan.

Untuk lebih jelasnya, strategi push dapat diterapkan pada produk atau layanan jasa pada audiens yang memiliki minat tinggi secara keseluruhan dengan bisnis Sobat Lakuuu.

Strategi pull, berada dalam kondisi sebaliknya, yaitu digunakan untuk membujuk calon pelanggan datang dan mempertimbangkan produk atau layanan jasa yang Sobat Lakuuu tawarkan.

Terlebih, metode ini, menitikberatkan pada hubungan jangka panjang untuk merek atau perusahaan bisnis Sobat Lakuuu kedepannya. Mengincar dari segi loyalitas pelanggan.

Saran yang sering diutamakan untuk para pebisnis pemula dalam memilih penggunaan strategi dari pull and push, adalah ‘mendorong’ produk pertama kali, lalu ‘menariknya setelah mendapatkan pengakuan masyarakat tentang kualitasnya.


Kelebihan Masing-Masing Strategi Pull and Push


Tidak ada salahnya bagi suatu perusahaan memiliki kedua strategi dari pull and push untuk dijadikan dasar mengembangkan omset sesuai dengan kondisi saat itu. Namun, tentu saja memiliki kelebihan masing-masing.

Pertama, adalah kelebihan yang dimiliki oleh pemasaran push. Metode ini mengharuskan perusahaan untuk bisa menemukan sebuah penunjang atau lebih tepatnya distributor yang dapat membantu menyebarluaskan produknya.

Sehingga dapat membangun jalur mempromosikan produk baik dengan pihak tersebut. Lalu, metode ini juga bisa meningkatkan kesadaran calon konsumen terhadap produk yang dijual.

Tidak menutup kemungkinan permintaan produk dapat lebih banyak. Hal ini karena tahapan produsen mendorong produknya sudah bisa membuat perusahaan memprediksi  hasil jumlahnya.

Sobat Lakuuu juga akan merasakan skala ekonomis yang meningkat jika permintaan produk dalam skala besar. Selanjutnya adalah strategi pemasaran pull.

Kelebihan utamanya, Sobat Lakuu dapat menghubungi calon konsumen langsung dan meningkatkan loyalitas. Serta meningkatkan daya tawar menawar pada pengecer yang sudah bekerja sama.

Lebih memperhatikan dan memfokuskan kualitas produk yang dimiliki. Dari segi fungsi, keunggulan dan manfaat ketika digunakan. Selain itu, Sobat Lakuuu dapat menguji kelayakan produk di pasaran demi mendapatkan feedback.

Proses menarik minat pelanggan atau konsumen untuk lebih mengenal produk suatu perusahaan terbilang susah-susah gampang. Tentu saja jika Sobat Lakuuu sudah memahami jelas seluk beluknya akan sedikit lebih mulus.

Untuk itu, diperlukan sebuah langkah awal yang kuat dengan berdasar pada tujuan berdirinya produk atau perusahaan tersebut. Strategi Pull and Push, merupakan rencana terstruktur suatu perusahaan demi menarik pelanggan.
Bagikan artikel

Artikel Terkait

cara-mengaktifkan-instagram-shopping
Insight
Tips Mengaktifkan Instagram Shopping Anti Gagal
Sobat Lakuuu yang memiliki bisnis online dan memasarkan produknya lewat Instagram, pasti tau tentang fitur Instagram Sho...
membangun-brand-identity-dengan-canva
Insight
5 Cara Mudah Membangun Brand Identity Hanya Dengan Bermodalkan Canva
Sobat Lakuuu pastinya sudah tidak asing lagi dengan Canva ya kan? Platform desain gratis yang dirancang khusus untuk ...
penggunaan-website-untuk-tujuan-marketing
Insight
Cara Memaksimalkan Penggunaan Website Untuk Tujuan Marketing
Cara memaksimalkan penggunaan website untuk tujuan marketing merupakan cara yang selalu dicari para pelaku bisnis. Hal ini untuk ...
membangun-loyalitas-pelanggan
Insight
Cara Membangun Loyalitas Pelanggan, Strategi Mengembangkan Bisnis
Cara membangun loyalitas pelanggan merupakan salah satu hal penting yang perlu pebisnis ketahui. Mempunyai pelanggan setia adalah ...